10 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Obat Herbal

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit tenggorokan. Setidaknya sekali. Anda mungkin akan menyangkal karena merasa belum pernah. Padahal boleh jadi Anda mengalaminya saat masih bayi.

Sakit tenggorokan terjadi pada orang dengan segala usia. Dan sering terjadi karena pilek atau flu. Pada sakit yang tidak memiliki bengkak atau peradangan, beberapa bisa sembuh sendiri tanpa diobati . Atau kesulitan menelan atau berbicara bisa kembali normal setelah minum segelas air hangat.

Jika sakit memerlukan perawatan, obat herbal dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Khasiatnya bagus jika penyakit masih tergolong ringan. Dan hasilnya yang terutama adalah mengurangi rasa tidak nyaman.

Ini ada beberapa obat herbal yang bisa digunakan

  sakit-tenggorokan

1. Cuka sari apel

Terkenal dengan keampuhannya membasmi bakteri. 

Untuk sakit tenggorokan cuka sari apel dikombinasikan dengan madu. Masing masing satu sendok makan, keduanya dimasukkan ke dalam segelas air hangat.

Diminum.

2. Jahe

Berkhasiat melawan virus dan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Meredakan bengkak. Membantu mengeluarkan lendir yang berada di tenggorokan Anda.  Ini akan membuat lapang rongga pernafasan. 

Buatlah rebusan jahe dengan dosis yang kuat. Ambil air rebusannya. Setelah suhunya turun menjadi hangat tambahkan madu. Meminum air rebusannya dua kali sehari bisa membuat radang tenggorokan Anda cepat reda.

3. Jahe dengan cengkeh

Jahe dengan cengkeh, sama sama bersifat antiseptik dan anti-radang. Keduanya juga dapat meredakan rasa sakit, lebih penting lagi masing masing memberi efek menyembuhkan. Membuat teh dengan kedua bahan itu akan menjadi obat yang sangat ampuh, dua gram cengkeh dan sekitar dua sentimeter jahe direbus hingga mendidih. 

Setelah dingin ramuan itu diminum. Bisa diminum beberapa kali tiap hari. Sampai Anda merasa telah mendapatkan manfaat dari teh yang juga bisa menyembuhkan sakit gigi ini.

4. Licorice dengan cengkeh

Licorice mengandung flavonoid yang  berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Dikenal sebagai salah satu obat herbal yang cocok mengobati sakit tenggorokan. Sebagai ekspektoran yang berkhasiat mengurangi batuk. Yang diambil akarnya. Maksimal penggunaan 10 gram jika menggunakan bubuknya. Masukkan juga beberapa cengkeh, direbus. Airnya diminum dua kali sehari, namun usahakan diminum hangat hangat.

Cengkeh akan meningkatkan khasiat licorice sebagai obat herbal yang antivirus. Paduan cengkeh dengan licorice ini juga mampu meredakan pembengkakan di tenggorokan.

5. Cengkeh

Kunyahlah cengkeh perlahan lahan. Eugenol, salah satu kandungan cengkeh ini berguna meredakan nyeri yang Anda rasakan. Bakteri si penyebab sakit tenggorokan Anda juga akan ditumpas oleh cengkeh yang antibakteri ini.

Ampas cengkeh yang sudah Anda kunyah itu bisa dibuang. Terserah, Anda telan juga tidak mengapa.

6. Daun mint

Anti inflamasi daun mint beserta efek analgesiknya dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Daun mint ini membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat.

Anda bisa minum air rebusan daun mint yang banyak mengandung mineral dan penuh nutrisi ini.

Selain bisa meredakan sakit tenggorokan, juga berkhasiat mencegah flu dan migrain.

7. Selada air

Memiliki nutrisi yang bermanfaat sebagai antiinflamasi. Khasiatnya meredakan gangguan akibat peradangan, seperti gusi yang bengkak, sariawan dan batuk.

Tetapi selain anti-inflamasi selada air juga bersifat ekspektoran, bisa membersihkan saluran udara. 

Sudah tentu tumbuhan ini memiliki daya penyembuhan lain, khusus yang berkaitan dengan masalah atau gangguan pernafasan.

Untuk membantu meredakan sakit tenggorokan rebuslah daun selada air, banyaknya terserah Anda. Direbus sampai mendidih. Jika sudah, pindahkan ke dalam sebuah gelas. Tutup gelas itu paling tidak sekitar lima menit. Atau sampai panasnya turun.  Menjelang diminum Anda bisa menambahkan madu, kalau mau.

8. Daun markisa

Merebus daun markisa sampai mendidih, kemudian dinginkan, baru disaring. Setelah Anda menambahkan 1 sdm madu obat ini sudah bisa diminum. Setidaknya minum dua kali sehari, bisa Anda tambah menjadi empat kali. 

9. Buah nanas

Daging buah nanas bisa melicinkan tenggorokan sehingga nyeri sakit tenggorokan bisa berkurang.

Hasil yang lebih efektif bisa diperoleh dengan membuat jus dari buah nanas, diberi beberapa tetes propolis. Propolis akan membantu untuk mengurangi peradangan yang terjadi karena sakit tenggorokan.

10. Jambu biji

Memiliki khasiat yang nyata sebagai pereda nyeri. Makan jambu biji adalah salah satu pilihan yang bagus karena membantu mengatasi ketidaknyaman akibat sakit tenggorokan.

Bagaimana cara agar sakit tenggorokan cepat sembuh ?

Banyak obat obatan herbal yang bermanfaat mengurangi peradangan, beberapa cara mengobati sakit tenggorokan dengan obat herbal yang diuraikan tadi dalam artikel ini hanya sebagian kecil.

Sebagai obat tradisional khasiatnya bisa menyembuhkan, bisa tidak.

Dan hasil positifnya tidak akan pernah secepat jika Anda berobat ke dokter.

Jahe terkenal sebagai anti-inflamasi yang paling manjur tetapi  untuk sakit tenggorokan mungkin hanya sekedar meredakan. Dan belum ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan jahe ampuh masalah sakit tenggorokan 

Begitu juga dengan khasiat bahan herbal yang lain

Madu adalah antimikroba yang cuma mengurangi rasa nyeri, tetapi tidak menyembuhkan. 

Belum lagi tentang penyebab utamanya.

Penyakit ini bisa disebabkan virus. Bisa juga karena bakteri.  

Karena asap rokok ataupun kebanyakan minuman alkohol. Penyanyi yang menggunakan suara yang berlebihan juga bisa menderita sakit tenggorokan. Sebaiknya memang kita harus tahu penyebabnya, baru memilih cara pengobatan dengan obat herbal yang sesuai.

Dokter yang paling tepat memastikan penyebabnya.

Dan meresepkan obat yang sesuai. 

Tentu saja dengan hasil penyembuhan yang lebih cepat.

Bukan berarti beberapa obat herbal tradisional kurang bermanfaat. Banyak obat industri yang dijual di apotik bahan utamanya bahkan bersumber dari obat herbal tradisional.

Tetapi jika ingin penyembuhan yang lebih cepat, cara terbaik adalah menggunakan obat dengan resep dokter.

Demikian tentang 8 cara mengobati sakit tenggorokan dengan obat herbal ini.

Semoga bermanfaat dan maaf kalau ada kesalahan.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel