10 Manfaat Tanaman Petai Cina Untuk Kesehatan

Tanaman asli Amerika Tengah ini sangat mudah tumbuh. Terutama di  kawasan beriklim tropis dan sub tropis. Tetapi di Taiwan tanaman ini dianggap merugikan karena sangat invasif. Juga di Hawai, Fiji, dan di beberapa daerah di AS dan Australia. Sebaliknya di India petai cina dianggap sangat menguntungkan. Di sana masing bagian tanaman ini bermanfaat.

Contohnya untuk kayu bakar dan pakan ternak. Petai cina  termasuk pakan dengan kandungan protein tinggi yang disukai ternak. 

Tanaman ini sudah terbukti memberi manfaat kesehatan, yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina, begitu juga oleh masyarakat Filiphina. Umumnya digunakan untuk menyembuhkan  penyakit kulit dan cacingan. Kulit kayunya juga berkhasiat obat yaitu sebagai pencahar.

Selanjutnya inilah beberapa manfaat petai cina untuk kesehatan

tanaman-petai-cina

1. Melancarkan peredaran darah 

Anda bisa memiliki peredaran darah yang lancar jika  mengkonsumsi daun petai cina ini secara teratur.

Peredaran darah yang lancar membuat Anda tetap bisa berfikir tajam karena setiap organ dalam tubuh bekerja baik. Tidak ketinggalan pula dengan organ jantung yang juga akan berfungsi dengan baik, bekerja relaks tanpa perlu upaya keras karena sirkulasinya  yang telah lancar aman.

Anda siap siap saja untuk memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik setelah rutin mengkonsumsi daun petai cina ini.

2. Mengobati penyakit cacingan

Seorang yang rutin mengkonsumsi daun petai cina ini cenderung akan memiliki tubuh yang bebas dari parasit cacing. Daun petai cina adalah anthelmintik alami yang  secara tradisional telah lama digunakan dan dipercaya karena keampuhan khasiatnya memang sangat kuat.

Ambillah sejumlah biji petai cina yang sudah tua. Goreng saja tanpa menggunakan minyak. Selanjutnya biji petai cina tadi dihaluskan.

Gunakan sebagai bubuk kopi  dan diminum menjelang tidur. Cara lain adalah mengkonsumsi biji muda petai cina yang sudah dimasak, juga bermanfaat mengeluarkan cacing gelang.

3. Mencegah anemia

Badan lesu lemas cepat lelah dan tak bertenaga adalah cerminan dari kondisi tubuh yang sedang menderita anemia.

Petai cina yang tinggi kandungan zat besi ini perlahan akan membuat pulih tubuh Anda  dan mengobati anemia Anda. Sekaligus  membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih prima.

4. Mencegah kanker

Daun petai cina mampu menjaga setiap sel dalam tubuh tetap dalam kondisi sehat. Sel yang kuat dan sehat adalah syarat utama untuk menangkal kanker.

Biji petai cina disangrai dan diolah menjadi bubuk kopi.

Kopi biji petai cina itu adalah minuman yang nengandung sifat anti kanker, dapat menangkal dampak buruk akibat radikal bebas yang membuat kelainan pada sel, yang kelak jadi pemicu kanker.

5. Mengatur siklus menstruasi

Daun petai cina bisa mengatur siklus menstruasi wanita. Daun petai cina yang memiliki sifat analgesik ini juga sangat membantu untuk meredakani rasa nyeri saat haid.

Tanaman ini juga dapat mencegah kram otot pada wanita menstruasi.

6. Mengobati tulang retak

Dua mineral pentung yang ada dalam kandungan petai cina adalah kalsium dan fosfor. Kalsium berkhasiat menguatkan tulang. Tulang yang kuat itu akan tetap terjaga tetap sehat berkat fosfor yang bekerja bersama kalium dan vitamin D yang juga tersedia pada petai cina.

Daun petai cina juga bisa memberi manfaat penting pada orang yang mengalami tulang retak.

Daun petai cina ditumbuk hingga halus, digunakan sebagai tapal pada bagian tulang yang bermasalah. Obat itu akan mempercepat pulihnya tulang Anda.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Secara umum daun petai cina berkhasiat meningkatkan kesehatan kulit. Daunnya mengandung enzim yang dapat merangsang produksi kolagen. Saat  merasa bahwa Anda kini memiliki kulit yang kusam, kering dan berkerut, cobalah menggunakan daun petai cina untuk mengatasinya. 

Kulit Anda akan kembali seperti muda.

Daun petai cina juga bisa mengobati kulit yang mengalami gangguan khusus, seperti pada wajah yang berjerawat.

Daun dan minyak biji petai cina juga bisa menyembuhkan kulit yang sedang diserang penyakit gatal gatal atau eksim.

Ramuan yang terbuat dari biji petai cina berguna untuk meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit karena penyakit psoriasis.

Kunyahlah daun petai cina secukupnya dan tempelkan pada kulit Anda yang baru saja mengalami luka gores.

8. Mengobati malaria

Daun petai cina juga dapat menghambat perkembangan plasmodium palsiparum penyebab malaria di dalam tubuh.

9. Meningkatkan kesehatan rambut

Minyak petai cina memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Minyak itu dapat memberi banyak manfaat untuk rambut termasuk mengatasi ketombe.

10. Menghilangkan bulu yang tumbuhnya tidak dikendaki,

Untuk mendapatkan khasiat ini Anda harus menggunakan getah dari pohon pacar cina. Dipastikan penggunaan getah ini aman pada kulit, Tanpa membuat gatal dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

Petai cina memiliki banyak khasiat jika digunakan dengan cara yang benar terutama tidak berlebihan. 

Pada petai cina terdapat kandungan beracun, namanya mimosine.

Cara aman mengkonsumsinya agar terhindar dari efek mimosa yang beracun ini adalah dengan memasaknya terlebih dahulu baru dikonsumsi.

Wanita hamil dan menyusui harus menghindari petai cina. Apalagi dengan penggunaan internal. Rebusan kulit kayu dan akarnya memang bersifat obat, tetapi juga bisa menyebabkan aborsi.

Demikian uraian tentang manfaat petai cina untuk kesehatan ini semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel