11 Manfaat Daun Seribu Untuk Kesehatan Tubuh

Tumbuhan yang berasal dari Eropa ini adalah tanaman yang memiliki tampilan indah. Tapi bukan itu yang membuat tumbuhan ini  terkenal. Tetapi manfaatnya sebagai tanaman obat. Itu bahkan sudah dikenal sejak zaman kuno. Cobalah Anda simak nama ilmiah tumbuhan ini. Yaitu achilea millefolium. 

Achilea ada hubungannya dengan Achilles. Itu nama seorang panglima kharismatik dalam Perang Troya. Perang itu terjadi pada abad 13 SM. Sang panglima bersama pasukannya selalu menggunakan daun seribu ini sebagai obat untuk menyembuhkan luka yang mereka alami setiap menyelesaikan sebuah pertempuran.

Manfaat daun seribu banyak. Dan manfaatnya itu sudah dibuktikan oleh ilmu herbal. Daftar manfaatnya sangat panjang.Berbagai manfaat yang tertuang dalam tulisan ini hanya sebagian saja.

Sifat obat dan fitoterapi yang dimiliki daun seribu yaitu antispasmodik analgesik, antibiotika, antiinflamasi, antispasmodik, antiseptik, antipiretik, antimikroba, ekspektoran. 

Dari berbagai sifat tanaman  ini bisa diambil kesimpulan bahwa daun seribu memang memiliki banyak khasiat. Dan sampai saat ini  dalam dunia herbal, daun seribu ini memang salah satu tanaman obat yang paling banyak digunakan. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari tanaman tersebut.

Beberapa Manfaat Daun Seribu Untuk Kesehatan Tubuh

daun-seribu

1. Membantu meringankan masalah haid

Daun seribu memiliki sejumlah nama atau julukan lain dan salah satu adalah "tanaman ramah wanita."

Itu julukan yang sesuai, khasiatnya sebagai obat memang sangat  menolong buat kaum wanita.  Mengontrol siklus menstruasi adalah salah satunya.

Dapat juga meredakan pendarahan yang berlebihansaat menstruasi. Masih ada satu lagi khasiatnya yang penting. Yaitu menyembuhkan penyumbatan pada rahim.

2. Membantu perbaikan kulit

Daun seribu memiliki sifat astringen, yaitu kemampuan menghambat produksi minyak yang berlebihan pada kulit. 

Kandungan silika dalam daun seribu juga memberi bantuan terutama untuk memperbaiki jaringan yang rusak, yang tidak berfungsi optimal dalam tubuh.

Salep herbal daun seribu bisa menghilangkan jerawat.

Uap yang berasal  rebusan daunnya bisa menghilangkan minyak yang berlebih pada kulit.

3. Menyembuhkan diare

Rebusan daun seribu memang rasanya pahit tapi itu adalah ramuan yang sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Daun seribu membantu meringankan diare, kemampuannya juga dapat mencegah pendarahan pada lapisan usus.

Sifat astringen tanaman ini akan mengurangi rasa nyeri serta anti-inflamasinya akan membantu menyembuhkan organ yang infeksi.

4. Mencegah varises

Ramuan daun seribu juga bisa mengobati varises dan wasir. 

Daun seribu adalah stimulan yang sudah terjamin keampuhannya untuk meningkatkan sirkulasi darah.  Itu sangat berguna mencegah kemacetan peredaran darah pada lokasi terjadinya varises dan wasir.

5. Meredakan kram

Daun seribu terkenal dengan efek antispasmodiknya yang manfaatnya meredakan kram. Juga berkhasiat mengobati kolik pada bayi.

6. Membuang cairan dan racun dari dalam tubuh

Berguna untuk menjaga dan mengontrol tekanan darah. Daun seribu ini adalah obat diuretik yang berkhasiat membuang kelebihan cairan dari dalam tubuh, kelebihan cairan yang jika dibiarkan bakal menjadi racun yang mengakibatkan beberapa masalah seperti terjadinya sistitis, batu ginjal, dan peradangan pada saluran kemih.

7. Mengobati mimisan

Cukup dengan menempatkan daun segarnya di bawah rongga hidung. Mimisan Anda akan berhenti.

8. Mengobati luka luar

Daun segar tumbuhan ini bisa menghentikan pendarahan pada kulit yang luka.  Selanjutnya efek antiseptiknya akan membuat luka Anda cepat sembuh.

Daun segar itu juga ampuh mengobati kulit pecah pecah.

9 Meredakan sakit gigi

Mengunyah daun segarnya bisa meredakan sakit gigi.

10. Mengusir serangga

Mengoleskan air rebusan daun seribu pada kulit akan membuat Anda aman dari gangguan serangga.

11. Mengobati pilek dan flu

Menghirup uap dari rebusan daun seribu akan melegakan pernafasan.

Meminum teh atau rebusan daunnya akan membuat tubuh Anda berkeringat ekstra. Itu adalah kondisi yang baik, yang bisa membuat tubuh Anda sembuh dari gangguan pilek dan flu.

Cara mengkonsumsi daun seribu

Membuat rebusan daunnya. 

Daunnya dicuci bersih, dikeringkan dan dicincang.  Ambil sebanyak  2 gram, rebus dengan segelas air hingga mendidih selama 10 menit.

Setelah dingin diminum seperti minum teh, dua kali sehari. Apabila ramuan ini diterapkan topikal pada kulit sebaiknya hindari kontak langsung dengan sinar matahari. 

Jika tidak Anda akan mengalami alergi dan berbagai gangguan kulit seperti sensasi luka terbakar.

Meski khasiatnya banyak daun seribu juga memiliki efek samping. Efek samping itu baru terasa setelah waktu berjalan sekian lama, mungkin saat Anda sudah tidak lagi menggunakannya. 

Umumnya efek samping itu berupa gangguan pencernaan serta gangguan pada fungsi hati.

Wanita hamil dan menyusui serta anak usia lima tahun ke bawah tidak disarankan menggunakan daun seribu, kecuali ditentukan oleh ahli medis.

Air seni dapat berubah warna setelah Anda minum air rebusannya. Tapi itu bukan sebuah masalah. Karena nanti akan pulih sendiri.

Sekian sedikit ulasan tentang manfaat daun seribu untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel