12 Manfaat Burdock, Cara Penggunaan Dan Efek Sampingnya

Burdock, yang kadang kadang dikenal dengan nama telinga raksasa ini adalah tanaman padat nutrisi asli Eropa. Dapat digunakan untuk tujuan mengobati hal yang berhubungan dengan gangguan kesehatan. Termasuk untuk masalah  pencernaan, jerawat dan pencegahan diabetes. 

Burdock juga digunakan untuk meningkatkan aliran urin, melawan kuman, menurunkan demam dan memurnikan darah. 

Akar burdock itu bersifat detoksifikasi yang terkenal kuat dan bijinya biasa digunakan untuk pengobatan gangguan kulit, selain untuk flu dan pilek.

Berbagai manfaat dan cara penggunaannya adalah seperti berikut di bawah ini

burdock

1. Mendetoksifikasi hati

Burdock rasanya pahit. Itu disebabkan pengaruh bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Tapi selain pahit kandungan itu juga memiliki manfaat penting dan aktifitasnya yang merangsang produksi empedu pada organ hati sangatlah berguna untuk membantu  memproses racun dan kemudian akan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Patut juga untuk diketahui bahwa burdock ini telah lama dikenal. Terutama sebagai tanaman obat yang paling mendetoksifikasi, dibanding tanaman lain.

2. Menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh

Mengkonsumsi burdock secara teratur adalah satu langkah paling berharga demi mencapai tubuh yang sehat. 

Efek burdock yang mampu merangsang hati untuk menyerap hormon tertentu contohnya hormon estrogen. 

Itu berguna untuk menciptakan kadar hormon yang seimbang dalam tubuh. 

Hormon estrogen ini dapat menjadi masalah apabila jumlahnya berlebihan dalam tubuh. Dapat membuat bahaya.Efek burdock yang dapat menyerap estrogen sangat besar manfaatnya, sebab gangguan hormonal tidak akan terjadi lagi di dalam tubuh.

3. Menyehatkan otak

Tembaga adalah unsur yang paling berperan dalam hal menjaga kesehatan otak. Setiap saat, otak orang sangat bergantung pada tembaga ini. Jika pada masa mudanya orang kekurangan tembaga, kemungkinan nanti seiring berlanjutnya usia, fungsi otaknya tidak akan optimal. 

Tentu saja perkembangan syaraf juga akan menjadi kurang optimal.

Anda bisa mencegah semua itu.Burdock ini memiliki kecukupan zat tembaga.

4. Menjaga kesehatan gigi

Kandungan fosfor efektif meningkatkan kesehatan gigi. Bersama kalsium dan vitamin D yang juga ada dalam burdock, ketiganya akan membuat gigi tetap padat dan massive. 

Itu akan membantu mengatasi berbagai kekurangan pada gigi. Mencegah peradangan pada gusi. 

Serta membuat gigi senantiasa kokoh bertahan pada tempatnya.

5. Meningkatkan sistem pencernaan

Makanan mudah dan lancar melewati usus, itu bisa terjadi karena burdock memiliki jumlah serat yang berlimpah. Sembelit bisa dicegah. 

Efek inulin burdock juga sangat membantu karena manfaatnya yang bisa mencegah bisul terjadi serta mencegah peradangan pada usus.

6.Mengurangi peradangan

Antioksidan dalam akar burdock bisa mencegah sel dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. Dan bisa menurunkan indikator inflamasi pada mereka pengidap osteoporosis.

7. Menurunkan diabetes

Menurut penelitian kandungan serat burdock yang tinggi sangat berguna untuk mengontrol kadar glukosa darah dan insulin.  Serat utama burdock yaitu inulin juga sangat penting fungsinya untuk mengurangi kolesterol darah total. 

Mencegah masalah kardiovaskular dan mengurangi gejala diabetes.Serta bisa mengendalikan kadar gula darah.

8. Melawan insomnia

Minum teh burdock secara teratur diketahui dapat membantu mencegah stress dan kecemasan. Adapun dampak positifnya, Anda bisa terbantu melawan insomnia.

9. Menjaga kesehatan kulit

Burdock bersifat antimikroba, antiinflamasi serta terapeutik. Itu yang membuat burdock ini  dapat membantu dalam pengobatan eksim. 

Teh burdock pun bisa Anda oleskan pada kulit dan khasiatnya sangat istimewa untuk jerawat. Burdock mampu meningkatkan kelenjar sebaceous dan antibakteri burdock adalah antiseptik yang sangat baik, keunggulannya sudah sangat teruji untuk pengobatan gigitan serangga atau laba-laba.

Didukung oleh khasiatnya yang dapat membantu mengatasi jenis gangguan kulit yang lain.akhirnya burdock ini akan bisa memberi hasil yang sangat menggembirakan, yaitu penampilan kulit Anda akan membuat Anda jauh lebih muda.

10.Mencegah serangan asma

Tinggi kandungan vitamin B6, burdock bisa menjadi obat alami untuk para pengidap asma. 

Manfaatnya yang pertama, mengurangi terjadinya serangan asma. Tingkat keparahannya menurun jika memang sedang kumat. 

Serta dapat mengurangi frekwensi serangan asma.

11. Mencegah arthritia dan osteoarthritis

Makanan yang kaya unsur mangan seperti burdock ini akan mengurangi terjadinya peradangan sendi atau jaringan. 

Penderita arthritis pun jadi bisa menjalani hidup ini lebih tenang, lebih nyaman berkat burdock, karena kemungkinan mengalami gangguan  peradangan sendi menjadi lebih kecil.

Untuk antisipasi, Anda bisa mengoleskan burdock berupa pasta yang bisa Anda buat dari bagian tanaman ini.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh

Burdock berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Tingginya kandungan vitamin C dan E  yang tersedia dalam burdock sangat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Tubuh Anda akan terbantu sehingga bisa terhindar dari resiko kanker. Tubuh juga lebih kuat mencegah infeksi, lebih cepat bereaksi dalam hal regenerasi sel dan perbaikan jaringan.

Cara membuat teh burdock

Minum teh burdock adalah cara paling klasik untuk mendapatkan manfaat burdock. Teh dibuat  menggunakan akarnya, 3 sdm akar burfock firebus dengan air satu liter. Begitu mendidih matikan api dan tunggu 10 menit, kemudian ramuan sudah bisa diminum.

Bisa juga menggunakan daunnya, sayangnya Anda perlu waktu yang lebih lama. Butuh 1 jam untuk perebusan 10 gram daun burdock. Itu waktu yang dibutuhkan agar semua zat yang bersifat racun dalam daun itu bisa hilang.

Teh burdock bisa diminum tiga kali sehari masing masing satu gelas. 

Orang yang sedang diare jangan minum ramuan ini karena efeknya yang mempercepat pergerakan dan transit usus.

Jika Anda alergi pada burdock,Anda bisa mengalami kejang dan gangguan pernafasan.

Efek samping burdock

Burdock merangsang kontraksi rahim.

Mengkonsumsinya berlebihan bisa membuat buang air kecil Anda meningkat frekwensinya.

Demikian ulasan tentang 12 manfaat burdock, cara penggunaan dan efek sampingnya ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel