12 Manfaat Talas Si Umbi Murah Penuh Nutrisi Untuk Kesehatan

Talas adalah  umbi yang  dapat dimakan.  Umbi ini aman untuk tubuh tetapi dengan mengkonsumsinya setelah dimasak  terlebih dahulu. Rasa umbi talas ini bisa berubah manis setelah dimasak dan tekturnya pun menjadi seperti kentang.

Memiliki nutrisi penting,umbi talas bisa mendukung kesehatan, kaya kandungan  potasium, mineral yang sangat  berperan  untuk menjamin  berbagai   proses dalam tubuh.Beberapa kandungan vitaminnya yaitu vitamin B kompleks, vitamin C, E. Vitamin A banyak tersedia pada daunnya.  Talas juga memiliki protein kandungan  ini tersedia dalam jumlah  besar. Begitu juga dengan kandungan seratnya.

Tanaman yang bernama latin colocasia esculenta ini tergolong keluarga Araceae. Asal dari Asia Tenggara, menyebar ke berbagai penjuru, yang pada akhirnya di beberapa wilayah bahkan talas menjadi makanan pokok bagi warga setempat.

Merupakan sumber serat dan pati yang sangat baik makanan ini tak hanya untuk memenuhi kebutuhan rasa lapar. Tapi sekaligus juga Anda akan mendapat manfaat  kesehatan.  Beberapa  manfaat itu  antara lain meningkatkan kerja jantung, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan usus dan juga berat badan serta melindungi tubuh dari resiko kanker.

Selanjutnya inilah manfaat talas untuk kesehatan

umbi-talas

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tubuh Anda bisa lebih kuat melawan radikal bebas apabila rutin mengkonsumsi talas. 

Beberapa kandungan  bersifat  antioksidan tersedia dalam umbi ini, seperti vitamin A dan vitamin C. Ketersediaan sel sel darah putih bisa terjamin hingga tubuh bisa lebih kuat mengadapi mikroba patogen dan bibit penyakit dari sumber lain.

Talas si makanan murah ini juga ampuh mencegah tumor dan kanker.

Kulit tetap terjaga kesehatannya begitu juga dengan rambut Anda. Dan kemungkinan penuaan dini bisa dihambat.

2. Mengobati arthritis

Penyakit rhematoid arthritis umumnya disebabkan kekurangan vitamin B6. 

Jika Anda mulai rutin mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi vitamin B6 ini maka nyeri otot yang sering Anda alami akan berkurang.

Anda penderita rhematoid arthritis memang butuh lebih banyak vitamin B6 ini. Banyak penelitian yang menyatakan vitamin ini  sangat berguna mengontrol nyeri otot dan sendi akibat rhematoid arthritis.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Talas juga memiliki  antioksidan  yang bisa menjaga kualitas  penglihatan  dari pengaruh buruk radikal bebas.Dua anti oksidan tersebut adalah beta-karoten dan cryptoxanthin

4. Mencegah kram

Kekuatan otot Anda akan bertambah prima, talas yang kaya potasium ini akan membuat otot lebih kuat dan bisa terhindar dari kram. 

Umbi talas ini menyediakan 13,09% dari kebutuhan harian Anda akan potasium. 

Rendahnya  kadar kalium dalam tubuh Anda  dapat membuat kram.

Berita bagusnya  umbi talas  memenuhi kebutuhan Anda akan kalium.

5. Meningkatkan kerja sistem pencernaan

Talas bisa membuat sistem pencernaan tetap prima. Tanaman ini kata serat,  efeknya  akan membantu  feses bisa dengan mudah ke luar  dari dalam tubuh melalui saluran pencernaan.

Anda pun bisa lebih aman dari resiko mengalami diare atau sakit perut lain berupa perut kembung karena kebanyakan gas.

Tipis juga kemungkinan Anda mengalami sembelit.

6. Mencegah diabetes

Serat yang sudah membuat prima sistem pencernaan Anda itu juga akan berfaedah untuk mengurangi naiknya kadar insulin,kadar glukosa pun bisa ditekan. 

Talas yang bisa mengontrol kadar glukosa darah ini akan membuat hidup Anda aman dari resiko diabetes. 

Umbi talas bisa memperlambat pencernaan serta penyerapan karbohidrat sehingga dapat mencegah nenaikan atau lonjakan gula darah setelah makan.

7. Menguatkan tulang dan gigi

Mineral fosfor lengkap tersedia dalam umbi talas, jadi osteoporosis bisa dicegah. 

Tanaman ini akan menjaga kesehatan tulang Anda. Memelihara gigi dan gusi. Email dan gusi akan memperoleh manfaat berkat kandungan talas yang memiliki kalsium dan vitamin D ini.

8. Menjaga tekanan darah 

Ketegangan pembuluh darah bisa dicegah. Pembuluh darah yang relaks sangat membantu membuat tekanan darah bisa tetap dalam suasana tekontrol.

Itu semua karena pengaruh mineral kalium, salah satu kandungan talas.

9. Mengobati kelelahan

Talas tinggi kandungan zat besi, mineral yang bisa bekerja mengurangi kelelahan.Makan talas bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. 

Sirkulasi darah yang bagus akan membuat tubuh lebih kuat, lebih tahan menghadapi kelelahan.

10. Meningkatkan daya ingat

Tiamin disebut juga vitamin B. Untuk mencapai daya pikir yang baik talas yang juga mengandung tiamin ini sangat menolong dalam hal peningkatan memori.

11. Menyehatkan ibu hamil dan janin

Asam folat terkandung dalam talas. Asam folat sangat diperlukan ibu hamil demi tercapainya kelahiran bayi yang sehat, terhindar dari cacat.

12. Membantu menurunkan berat badan

Kalorinya sedikit, juga rendah kadar lemah jenuh. Talas bisa memuaskan rasa lapar, tanpa disertai kekurangan energi.

Apakah efek samping makan talas ?

Selalulah memasak talas sebelum dikonsumsi. Itu perlu untuk menetralisir efek beberapa senyawa dalam talas yang bisa menimbulkan rasa terbakar yang membuat mulut tidak nyaman.

Sebaiknya gunakan sarung tangan saat sedang mengolah atau memasak talas.

Dimasak dalam waktu yang cukup lama, agar efek samping talas mentah yang bisa membuat batu ginjal dan asam urat ini bisa dihindari.

Selain itu umbi talas yang sudah dimasak rasanya menjadi enak.

Sekian dan terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel