13 Manfaat Bunga Mallow Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya

Meski diidentifikasi sebagai gulma invasif sebenarnya mallow telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan. Mallow memang memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Tanaman ini kaya nutrisi, mengandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti kalsium, magnesium, seng serta kalium.  Tumbuhan malva sylvestris atau mallow ini berasal dari Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat Daya. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat mallow untuk kesehatan

bunga-mallow

1. Meningkatkan sistem kekekebalan tubuh

Sifat antioksidan tanaman ini sangat berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mallow terkenal juga dengan khasiatnya yang dapat mencegah infeksi karena bakteri.

2. Meredakan rasa sakit

Sebagai analgesik mallow sangat potensial meredakan rasa nyeri. Tidak cuma sekedar meredakan rasa nyeri, pada saat bersamaan daun mallow ini juga akan memberikan manfaat penyembuhan. Terutama jika digunakan sebagai obat luar untuk kulit, seperti kulit yang terluka termasuk luka memar.

Daun mallow yang dibuat halus dan dioleskan pada wajah adalah obat yang manjur, efek analgesiknya bahkan bisa meredakan nyeri sakit kepala.

3. Membantu mempercepat penyembuhan

Cara penggunaan untuk sakit kepala tadi adalah salah satu contohnya. Kandungan mallow yang kaya vitamin itu berperan besar untuk pembentukan jaringan baru. Pembentukan yang membuat penyakit bisa lebih cepat sembuh.

4. Merangsang pertumbuhan rambut

Mallow juga berkhasiat meningkatkan kesehatan rambut. Manfaatnya  bisa meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Selanjutnya itu akan memberi keuntungan tambahan, yaitu mempercepat tumbuhnya rambut.

5. Membantu menyembuhkan penyakit pernafasan

Mallow berkhasiat membuka sumbatan pada saluran udara. Sekaligus mallow juga akan membantu membersihkan saluran udara tersebut. Manfaatnya bisa membuat tenggorokan jadi lega, terhindar dari sesak dada.

6. Membantu mengatasi gangguan tidur

Anda juga  akan memiliki tidur yang sehat berkat ramuan  tanaman bunga mallow ini. Mallow memiliki efek sedatif ringan. 

Anda bisa mendapatkan khasiatnya itu dengan meminum segelas teh mallow. Efeknya sudah cukup membuat Anda bisa memiliki tidur yang berkualitas.

7. Mengatasi bau mulut

Orang yang sedang menderita sariawan, gusi bengkak serta sakit tenggorokan bisa menyebarkan aroma tidak sedap yang memancar dari mulut. Itu sangat membuat tidak nyaman. 

Obat kumur yang terbuat dari daun mallow bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap itu.

8. Membantu mengobati sembelit.

Teh mallow juga obat pencahar yang kuat. Efek pencaharnya itu bisa membantu lancarnya pengeluaran feses. Mallow ampuh meredakan berbagai gejala tidak nyaman akibat sembelit yang mungkin sedang Anda alami.

9. Mengobati wasir

Ambil satu genggam daun dan bunga mallow, rebus dengan satu liter air sampai mendidih. Biarkan terus mendidih selama 5 menit, lalu matikan api. Setelah dingin ramuan disaring.

Yang harus Anda lakukan adalah merendam daerah anus Anda di dalam ramuan itu. 

Anda pasti menemukan cara terbaik untuk melakukan itu, yang jelas area wasir harus terendam di dalam ramuan selama kurang lebih 20 menit. Perendaman Anda lakukan dua atau tiga kali setiap hari. Cara ini perlu dilakukan setidaknya 2 minggu. 

Semoga benjolan di daerah anus Anda benar benar hilang.

10. Mengobati peradangan

Flavonoid dan karotenoid adalah anti peradangan alami yang efektif menekan berbagai peradangan, termasuk peradangan karena wasir yang telah diulas tadi,

Meredakan peradangan adalah langkah awal yang sangat membantu untuk mempercepat penyembuhan, ketika bagian tertentu di tubuh Anda sedang mengalami pembengkakan

11. Meningkatkan pengeluaran urin

Mallow pun memiliki sifat diuretik. Mallow bisa memberi bantuan besar agar tubuh bisa mengeluarkan lebih banyak urin.  Itu sangat bermanfaat untuk mencegah retensi cairan di dalam tubuh.

12. Mencegah penuaan dini

Antioksidan mallow  bisa memberi hasil yang nyata untuk mencegah tanda tanda penuaan. Mallow blsa melawan kerutan. 

Efek antioksidannya yang akan menjaga kulit dan wajah Anda tetap kelihatan muda. 

13. Mengobati penyakit atau gangguan pada kulit

Luka ringan pada kulit bisa sembuh setelah diobati dengan ramuan mallow. Ramuan itu juga bisa menghilangkan jerawat. Untuk masalah atau gangguan kulit lainnya,  diketahui bahwa mallow juga ampuh mengobati eksim.

Cara mengolah mallow

- Membuat teh mallow

2 sdm daun mallow kering disiram dengan segelas air mendidih. Tutup dan tunggu sekitar 10 menit. Kemudian disaring. Diminum tiga kali sehari.

Ramuan teh mallow ini berkhasiat mengobati beberapa masalah atau penyakit seperti

-infeksi

-sariawan

-sembelit

-sakit tenggorokan

-bau mulut, selain diminum juga sebagai obat kumur

-batuk

Untuk penggunaan luar Anda bisa mengoleskan herba mallow segar yang telah dihaluskan. Dioleskan pada luka di kulit, pada luka karena gigitan serangga, eksim dan bisul.

Wanita hamil serta menyusui harus mendapat izin dokter  sebelum menggunakan mallow.

Perlu perhatian serius bagu pengidap diabetes, karena mengkonsumsi mallow bisa mempengaruhi kadar glukosa darah.

Demikian tentang 13 manfaat bunga mallow untuk kesehatan dan cara penggunaannya ini, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel