14 Manfaat Bunga Kertas Untuk Kesehatan

Bunga kertas dengan nama ilmiah bougainvillea, jika sedang mekar tumbuhan ini akan menampilkan pemandangan warna warni yang indah. Apalagi jika tanamannya hasil cangkokan, bunganya  bermacam warna, mulai dari putih, merah tua, merah muda,  biru , kuning hingga ungu. Setiap warna itu begitu menyolok, sehingga memberi rasa menyenangkan bagi siapa saja yang memandangnya.Selain karena tampilannya yang begitu semarak, bunga kertas pun memilki banyak manfaat kesehatan bagi manusia. Beberapa nilai obat bunga kertas adalah antibakteri, antijamur, antivirus, antioksidan, antiinflamasi dan tak kalah penting juga kembang kertas pun bersifat hepaprotektif, maksudnya bisa menjaga kesehatan organ hati serta bisa membuat tubuh Anda bersih dari berbagai racun.Teh bunga kertas, selain lezat, orang yang meminumnya jika sedang mengidap batuk maka gangguan itu akan reda. 

Puting susu seorang ibu menyusui yang terasa sakit juga bisa sembuh menggunakan ramuan kembang kertas. Selanjutnya lebih jauh tentang manfaat bunga ini akan diulas berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Bunga Kertas Untuk Kesehatan

bunga-kertas

1. Mengobati batuk

Bunga kertas, terutama pada bagian batangnya memiliki sifat ekspektoran. Manfaat ramuannya yang dapat mengeluarkan lendir dari dalam saluran pernafasan sangat membantu saat digunakan untuk mengobati batuk. 

Manfaatnya juga sekaligus menghilangkan rasa sakit di tenggorokan dan menghilangkan gejala lain yang berkaitan dengan batuk contohnya flu.

2. Meredakan sakit tenggorokan

Manfaat bunga kertas bukan hanya untuk sakit tenggorokan yang terjadi  karena batuk Anda. Pada kasus batuk yang terjadi karena alergi, bunga kertas juga bisa digunakan. Karena tumbuhan ini juga memiliki sifat antiseptik berkat efeknya yang bisa meredakan peradangan yang pada tenggorokan.

3. Mengobati diare

Diare umumnya terjadi karena masuknya berbagai bakteri ke dalam tubuh. Bisa juga akibat makanan kurang higienis yang akhirnya malah jadi racun penyebab diare.

Daun bunga kertas adalah anti diare,ekstrak tumbuhan ini ampuh melawan bakteri Escheria coli, dan beberapa bakteri lain penyebab diare.

4. Mengobati sakit perut

Minum teh bunga kertas juga bisa mengobati sakit perut yang sedang Anda derita akibat terdapatnya kadar keasaman yang berlebihan pada lambung.

5. Mengobati demam

Untuk mengobati demam efek anti piretik yang dimiliki bunga kertas bisa membuat penyembuhan menjadi lebih cepat.

6. Mengobati bisul dan puting susu

Kembang kertas juga bisa digunakan sebagai obat luar, contohnya untuk mengobati bisul dan puting susu ibu menyusui yang sakit. 

Caranya, memborehkan herba kembang kertas yang dihaluskan pada area yang sakit.

7. Mengatasi nyeri akibat peradangan

Berkurangnya daya tahan tubuh bisa terjadi akibat tubuh kekurangan antibiotik. Antibiotik ini berguna melawan virus dan bakteri. Bunga kertas juga anti inflamasi, yang bermanfaat meredakan berbagai pembengkakan. Sekaligus meredakan nyeri  akibat peradangan.

8.Mengobati radang lambung

Daun bunga kertas dengan berbagai kandungan senyawa kimia yang terkandung di dalamnya juga bisa mengobati peradangan di usus sehingga Anda akan memiliki usus dan lambung yang lebih sehat.

9. Menyehatkan paru paru

Teh bunga kertas bbisa juga Anda andalkan untuk meningkatkan sistem pernafasan Anda. Teh ini akan menjaga paru paru Anda agar selalu bekerja optimal.

10. Mengontrol tekanan darah

Teh bunga kertas sebenarnya bisa digunakan sebagai minuman sehari hari, tentu saja dengan dosis penggunaan yang terukur. Efeknya bisa mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah. Sirkulasi darah menjadi normal, jantung pun bisa menjadi lebih sehat.

11. Untuk detoksifikasi tubuh

Rutin menggunakan ramuan dari bunga kertas, terutama bunga kertas ungu, akan membuat kesehatan tubuh lebih terjamin. Khasiat teh bunga kertas sangat efisien merangsang tubuh membuang racun, serta membuang bahan bahan lain yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh.

12. Antiseptik alami

Air rebusan atau infus bunga kertas bisa kita gunakan sebagai pembersih. jika dioleskan pada wajah air infus itu akan membersihkan kulit, dan wajah Anda bisa bebas jerawat.

Kaum wanita juga bisa memanfaatkan sifat antiseptik bunga kertas ini untuk membersihkan organ intim.

13. Mengontrol kolesterol

Di Meksiko teh bunga kertas adalah obat tradisional yang telah digunakan sejak zaman dulu. Dan memang manfaatnya sudah banyak memberi bukti.

Termasuk untuk manfaat yang satu ini, yaitu membuat keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

14. Mengurangin pencemaran lingkungan

Bunga kertas banyak ditanam di pingir jalan. Selain memberikan pemandangan yang indah, penanaman bunga kertas itu juga bermanfaat mengurangi polusi lingkungan.

Cara mengkonsumsi bunga kertas untuk obat

Kembang kertas aman dikonsumsi. 

Di beberapa negara bunganya dimakan segar sebagai salad.

Daunnya juga aman dan tidak beracun.

Hanya getahnya yang sedikit beracun, itupun kalau tertelan.

Cara membuat teh bunga kertas  menggunakan herba keringnya dan semua bagian tanaman bisa digunakan. Namun bahan terbaik adalah batangnya. Diambil secukupnya, dikeringkan dengan cara menggantungnya secara terbalik. 

Dibiarkan beberapa lama, mungkin beberapa hari, sampai getahnya keluar dan batang itu kering oleh  hembusan aliran udara.

Ambil herba kering itu secukupnya, lalu direbus dan teh Anda sudah jadi.

Demikian tentang 14 manfaat bunga kertas untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel