8 Manfaat Urang Aring Untuk Kesehatan Termasuk Mengatasi Racun Ular

Eclipta alba adalah jenis tanaman air yang berasal dari Asia barat daya. Tumbuh dari tahun ke tahun dan dapat mencapai ketinggian 30 hingga 40 cm.Salah satu ciri khasnya yang paling menonjol adalah batangnya yang berongga dan silindris dengan warna hijau kemerahan yang khas dan beberapa simpul bercahaya.  

Daunnya bergerigi, memiliki banyak bintik coklat kemerahan.  Daun biasanya tumbuh di pangkal selebaran, tetapi mereka juga dapat ditemukan di tempat lain. Ini adalah tanaman yang tumbuh di trotoar, area basah, pinggir jalan, kebun, dan hamparan luas di dalam hutan.

Dikenal juga dengan nama surucuna atau ramuan lanset, urang aring banyak digunakan sejak zaman dulu, yang diolah lebih dahulu dengan  dimaserasi dan diminum sebelum pergi berburu ke dalam hutan lebat yang liar. Jika nanti mereka digigit ular,  mereka tidak akan menderita efek bisa ular itu dan yang lebih terutama racun itu tidak akan merenggut nyawa mereka.

Itu adalah salah satu sejarah panjang tentang penggunaannya dalam pengobatan tradisional. 

Pemakaiannya kemudian berkembang menjadi tonik hati yang bahkan menjadi salah satu herbal yang paling efektif. Urang aring ini juga membantu dalam pengobatan diabetes, dalam hal meningkatkan kesehatan mata, pertumbuhan rambut. peningkatan suasana hati, pereda nyeri, pengurangan tekanan darah, efek diuretik, dan dukungannya pada sistem kekebalan tubuh. Tumbuhan ini juga telah digunakan untuk meredakan gejala karena sifat obatnya.

Urang aring diperbanyak dengan biji atau bibit. Buahnya halus, panjang, dan keras.

Beberapa Manfaat Urang Aring Untuk Kesehatan

urang-aring

1. Membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida

Urang aring bisa menjadi pilihan yangvsangat ideal buat sangat ideal bagi mereka yang ingin menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Khasiatnya dipercaya ampuh, selama pengujian pada hewan, tanaman ini ditemukan mampu menurunkan kadar trigliserida hingga 20% dan kadar kolesterol total sebesar 10% hingga 13,5 persen.

Itu menurut catatan sebuah penelitian yang dilakukan di Korea.

2.Meningkatkan kesehatan hati Anda.

Meskipun penyakit kuning pernah dianggap sebagai penyakit, nyatanya sampai sekarang masih banyak orang di dunia ini yang masih menderita akibat penyakit kuning tersebut.ni, Penyakit kuning  mempengaruhi hati dan fungsinya, mengakibatkan perubahan warna kulit.  

Urang aring telah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk menyeimbangkan hati dan membuatnya berfungsi normal kembali.

3. Membantu mengontrol peradangan usus

Seringkali sulit  menemukan bantuan untuk mempernbaiki kondisi wasir.  Tetapi mengkonsumsi urang aring memberi manfaat penting untuk mengurangi peradangan di area sensitif Anda.

Sehingga kelegaan akan terjadi di area yang teriritasi itu.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Karoten, zat antioksidan yang penting untuk kesehatan mata, bagusnya semua itu bisa ditemukan berlimpah di daun tanaman ini.  Karoten dapat mengais radikal bebas yang menyebabkan degenerasi makula dan pembentukan katarak.

Memasukkan urang aring ke dalam diet herbal Anda dapat membantu Anda menjaga penglihatan tetap jernih dan selalu terjaga dalam kondisi demikian dalam waktu lama, bertahun tahun.

5. Merawat infeksi saluran kemih

Tanaman urang aring juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, sehingga dapat memberi bantuan penting dalam mencegah dan mengobati infeksi.  Teh adalah pengobatan alami yang sangat baik untuk infeksi saluran kemih, dengan cepat mengurangi ketidaknyamanan dan menetralkan bakteri untuk mengembalikan fungsi kandung kemih yang normal.

6. Mengatasi masalah pernafasan

Masih terkait dengan sifat tanaman ini yang antibakteri, diambah lagi dengan kekuatan ekspektorannya, urang aring sangat bermanfaat bagi penderita infeksi saluran pernafasan.

Sebagai antibakteri urang aring akan mengatasi infeksi dan efek ekspektorannya akan mengeluarkan semua dahak yang bersarang di saluran pernafasan.

7. Menetralkan racun ular berbisa

Sebuah penelitian Brasil mengungkapkan bahwa ekstrak urang aring ampuh menghambat efek racun ular derik. Di sana mereka yang tinggal di kawasan rentan serangan ular berbisa disarankan untuk menanam urang aring. 

Untuk menghadapi keadaan darurat mereka  membuat ekstrak urang aring.

Kemungkinan tetap hidup bagi seorang yang digigit ular berbisa menggunakan ramuan ekstrak urang aring sebagai obat jauh lebih tinggi.

Ramuan itu sanggup menghambat efek racun ular derik, bahkan, konon, bisa ular itu tidak menimbulkan pembengkakan pada area gigitan.

8. Membantu kesehatan rambut

Ramuan urang aring berkhasiat mencegah kekeringan kulit kepala, menghidrasi rambut kering dan memberantas ketombe. Sekaligus semua itu akan memperkuat folikel rambut Anda sehingga kebotakan atau kerontokan dini bisa dicegah. 

Dosis penggunaan

Maksimal ramuan diminum dua gelas per hari, lebih baik lagi jika jumlah yang dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Cara menggunakan urang aring

Membuat ramuan dalam bentuk teh. 

Untuk rambut terutama menggunakan ekstrak minyak urang aring. Coba dulu mengoleskan minyak itu sedikit saja pada kulit Anda. Tunggu sekitar setengah jam. Jika tidak ada  gejala efek samping seperti rasa gatal, kulit kemerahan dan bengkak bahkan sensasi terbakar selanjutnya Anda aman menggunakannya.

Cara membuat ramuan teh urang aring

Cincang daun berikut batang segarnya, masukkan ke dalam gelas dan siram dengan air mendidih. Setelah dibiarkan lima menit saring dan teh herbal urang aring siap untuk diminum.

Teh itu bisa Anda minum satu sampai empat kali sehari, sesuai dengan tingkat keparahan masalah Anda.

Biasanya aman tanpa resiko, dengan catatan Anda tidak termasuk sebagai orang yang kontraindikasi seperti berikut.

Kontraindikasi

Ibu hamil dan anak anak

Orang yang mengalami gangguan jantung dan gangguan pencernaan seperti diare dengan pendarahan.

Demikian ulasan tentang 8 manfaat urang aring untuk kesehatan termasuk mengatasi racun ular ini, semoga bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel