9 Manfaat Tanaman Alfalfa Untuk Kesehatan

Nama tanaman ini, alfalfa, menggunakan bahasa Arab. Alfalfa artinya makanan yang terbaik. Dapat dipastikan yang terbaik itu pasti terkait dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya. Dan memang tanaman ini memiliki berbagai nutrisi penting. Yang berguna untuk meningkatkan  kesehatan. 

Vitamin A-nya berguna untuk mendukung kesehatan mata. Vitamin E bagus buat kulit. Selain vitamin, alfalfa juga dilengkapi oleh sejumlah mineral, protein dan kandungan serat.Jika Anda rutin  mengkonsumsi kecambahnya, sangat berkhasiat membuat tubuh Anda bersih dari zat zat beracun. Alfalfa juga sangat tinggi protein. Alfalfa bisa jadi pilihan bagi orang yang tidak suka daging. 

Itu hanya contoh manfaat alfalfa. 

Kita simak lebih lengkap tentang berbagai keuntungan lain yang bisa diperoleh dari tanaman yang berasal dari kawasan Persia ini.

Beberapa Manfaat Alfalfa Untuk Kesehatan

tanaman-alfalfa

1. Mengobati gangguan pencernaan

Kecambah alfalfa memiliki kandungan serat yang tinggi. Sangat efektif mengobati sembelit,  

Kenyamanan hidup Anda bisa lebih terjaga karena alfalfa ini mampu membuat Anda terhindar dari gangguan pencernaan lain seperti sakit maag, perut kembung serta mual mual.

2. Menjaga kesehatan saluran kemih

Kaya kalium dan magnesium, alfalfa adalah diuretik alami yang bisa mencegah penyakit ginjal. Bisa membantu mengeluarkan natrium dan cairan berlebih dari dalam ginjal. Alfalfa akan membuat Anda aman dari resiko mengidap infeksi saluran kemih jika rutin mengkonsumsi kecambah alfalfa. Bahkan akan mendapatkan khasiat yang lebih tinggi jika Anda mengkonsumsi teh daun alfalfa.

3. Mencegah penyakit jantung

Di dalam tubuh alfalfa juga berfungsi sebagai pengencer darah. Alfalfa memiliki  antioksidan yang dapat berfungsi mencegah arteriosklerosis dan Anda akan jauh dari kemungkinan mengidap penyakit jantung.

Alfalfa pun berkhasiat membuat pembuluh darah Anda  menjadi lebih kuat.

4. Mencegah pendarahan

Alfalfa dapat membantu mencegah anemia. Kandungan bermacam nutrisinya antara lain mengandung klorofil dan zat besi yang berguna untuk membantu produksi darah. Ketersediaan vitamin K juga sangat membantu karena manfaatnya untuk pembekuan darah,  alfalfa ini sangat berguna buat seorang wanita yang mengalami pendarahan rahim.  Sebagai obat tanaman ini bermanfaat mengobati mimisan dan gusi berdarah.

5. Membantu meringankan masalah menopause

Alfalfa sangat terkenal keampuhannya untuk meringankan masalah menopause, orang yang telah kenal tanaman ini pasti mengakui ini.

Berbagai kandungan mineralnya juga memberi khasiat meringankan masalah yang kerap dialami wanita menopause dan pascamenopause. Alasan paling menonjol yang mendukung khasiat itu adalah tingginya  konsentrasi fitoestrogen pada alfalfa.  Fitoestrogen ini sifatnya persis seperti hormon estrogen,yaitu bisa meredakan berbagai keluhan yang terjadi akibat ketidakstabilan hormon pada wanita menopause.

Alfalfa juga akan mencegah kekeringan vagina dan keringat malam.

6. Mengontrol kadar gula darah

Teh yang terbuat dari alfalfa ini adalah obat diuretik, manfaatnya bisa menjaga dan mengontrol kadar gula darah.

7. Menurunkan kolesterol

Manfaat kecambah alfalfa lainnya adalah mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah. 

Mengurangi penumpukan plak lemak yang bersarang pada pembuluh arteri sehingga kerja organ lain tidak terganggu. Alfalfa tinggi saponin, senyawa yang dapat menurunkan penyerapan kolesterol oleh usus.

Itulah yang membuat tumbuhan alfalfa ini bisa menurunkan kadar kolesterol LDL, yang biasa kita sebut sebagai kolesterol jahat itu.

8. Detoksifikasi

Sebagaimana manfaatnya untuk wanita menopause yang tidak tidak diragukan efektifitasnya, salah satu keunggulan lain alfalfa adalah khasiatnya untuk mendetoksifikasi tubuh. 

Menghilangkan segala kotoran beracun dari dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya melalui urin.

Salah satu yang membuat alfalfa bisa begitu adalah kandungannya yang bernama klorofil, yang bisa mendetoksifikasi organ hati.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tumbuhan alfalfa kaya vitamin A, C, E dan D. Masing masing vitamin itu memberi dukungan berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin A menjaga kesehatan mata,  bisa melawan bibit penyakit yang akan mengganggu penglihatan. Vitamin E selain untuk kesehatan kulit juga sebagai antioksidan untuk kuku dan rambut. 

Vitamin D mengontrol kadar kalsium dan zat besi dalam darah serta mampu meningkatkan kesehatan otot.

Terakhir vitamin C  meningkatkatkan sistem kekebalan tubuh dengan perannya yang aktif melawan radikal bebas.

Efek samping alfalfa

Umumnya aman.

Kecuali bagi pengguna yang memiliki masalah kesehatan tertentu. Seperti penderita lupus, yaitu orang  yang autoimunnya bermasalah. Siapapun yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sangat tidak aman mengkonsumsi kecambah alfalfa.

Karena bisa merangsang kontraksi rahim, sebaiknya  ibu hamil tidak mengkonsumsi alfalfa. 

Orang yang sedang menggunakan obat pengencer darah juga jangan mengkonsumsi  alfalfa. Vitamin K pada  alfalfa bisa membuat khasiat obat itu berkurang bahkan sia sia.

Tidak ada petunjuk ilmiah tentang jumlah aman untuk mengkonsumsi alfalfa. Beberapa sumber hanya membuat anjuran penggunaannya, yaitu setiap hari  tidak melebihi batas 10 gram tanaman segar. Setara dengan 5 gram jika kering. Untuk membuat teh 1 sdm dengan segelas air mendidih. Diminum saat perut kosong. Manfaatnya terutama sebagai obat penenang alami.

Berlebihan mengkonsumsi alfalfa bisa mengakibatkan iritasi pada lambung, mulut terasa pahit, diare dan mulas.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel