10 Manfaat Buah Berenuk Untuk Kesehatan

Berenuk atau crescentia cujete ini adalah tumbuhan yang pertumbuhannya sangat lambat. Tumbuh pada kawasan iklim hangat. Tingginya bisa 4-6 meter, ada juga yang bisa mencapai 15 meter. Dapat ditemukan di seluruh benua Asia dan sebagian  besar  Amerika. Berenuk  biasa  ditanam di  halaman dan tujuannya bukan sebagai pohon naungan, pohon berenuk tumbuhan ini tidak membentuk kanopi. 

Berenuk  ditanam cenderung  sebagai tanaman hias sehubungan tampilan buahnya  yang  menimbulkan rasa ingin tahu. Buahnya memang besar, bentuknya bulat,  ada juga  yang oval. Diameternya  bisa 15-30 sentimeter

Buahnya sendiri telah lama  digunakan untuk bahan peralatan dalam kehidupan sehari hari. Di pedesaan Afrika buah berenuk isinya dikeluarkan dulu baru kemudian dikeringkan.

Cangkang buah berenuk tanpa isi ini akan menjadi keras dan kelak bisa digunakan sebagai alat rumah tangga yang dipakai untuk menciduk air. Cangkang itu pun bisa dibentuk sedemikian sehingga menjadi sendok, mangkuk atau untuk peralatanlainnya. Irisan  kulitnya  digunakan sebagai  pelampung saat memancing.

Daging buah serta bijinya beracun kalau dimakan mentah. Namun setelah melaui pengolahan berenuk bermanfaat untuk kesehatan. 

Daging buahnya berkhasiat untuk berbagai masalah pernafasan, menyembuhkan peradangan pada usus halus dan memiliki manfaat yang istimewa untuk mengobati badan  bengkak sebab tumpukan cairan yang berlimpah dalam tubuh, atau yang lebih umum dikenal dengan nama lain penyakit gembar gembur. Bermanfaat juga sebagai antispasmodik serta anti tetanus.

Berenuk kaya air, serat dan karbohidrat. Tersedia juga vitamin B kompleks dan vitamin C. Beberapa mineral penting pada buah berenuk adalah kalium, kalsium, magnesium, zat besi, zinc dan fosfor.

Berikut ini manfaat buah berenuk untuk kesehatan

buah-berenuk

1.Sebagai sumber energi

Berenuk kaya dengan kandungan protein. Untuk tubuh protein adalah sumber energi. 

Saat sedang menjalani program diet menurunkan berat badan, mengkonsumsi berenuk akan menjaga tubuh Anda senantiasa penuh energi dan tentu saja itu sangat berguna agar aktifitas tidak terganggu.

2. Menyehatkan rambut

Selain sumber energi, kandungan protein di dalam berenuk juga bermanfaat  untuk membuat rambut tetap sehat sehingga bisa  terhindar dari kerusakan atau kerontokan.

3. Mengatasi masalah pada kulit

Ekstrak  yang dihasilkan dari kulit kayu tumbuhan ini memiliki kemampuan  menjaga  kulit  sehingga bisa terhindar dari dampak buruk sinar ultra violet. Manfaat ekstrak ini juga mencakup efeknya yang bisa mencegah kanker kulit.

4. Membantu ibu setelah persalinan

Sesungguhnya pada ibu yang sedang hamil buah ini sangat berbahaya, dapat mengakibatkan keguguran. Tapi pasca  persalinan buah  ini bisa berguna untuk merangsang keluarnya plasenta.

5. Mengatasi anemia

Buah berenuk tinggi  kandungan zat besi.  Itu yang membuat tanaman ini bermanfaat untuk penderita anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

6. Untuk kekebalan tubuh

Berenuk yang memikili kandungan tinggi protein ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa terlindungi dari ancaman infeksi dan bibit penyakit.

7. Mengobati masalah pernafasan

Buah berenuk juga obat alami yang dapat mengatasi berbagsi masalah pernafasan.

8. Mengobati pendarahan 

Daun berenuk yang dihancurkan dioleskan  pada luka berguna untuk menghentikan pendarahan.

9. Menguatkan tulang

Kondisi melemahnya kekuatan tulang yang lumrah terjadi pada kaum manula dan wanita menopause.

Berenuk mengandung berbagai nutrisi dan vitamin dan telah terbukti mampu  mencegah berkurangnya kepadatan tulang.

10. Membantu detoksifikasi

Perlahan tapi pasti, hampir setiap hari kita terpapar logam berat. Mula mula dampak  negatifnya hampir tidak terasa.

Tapi paparan itu hampir selalu  terjadi. Logam berat seperti timbal, uranium, aluminiumder merkuri bisa membuat tubuh keracunan.

Mereka akan mengendap pada tulang dan juga pada sistem syaraf pusat, membuat gangguan di sana. 

Untuk mendapat manfaat berenuk untuk mengatasi masalah ini Anda  bisa  membuat  jus  berenuk , bisa Anda simak di bawah ini.

Cara membuat jus berenuk

-Buahnya dipotong potong menjadi ukuran kecil dan selanjutnya dikupas dan dibersihkan. 

-Kemudian diblender sampai halus seperti bubur. 

-Bubur itu direbus selama  setengah jam, kemudian hasilnya disaring.

Jus berenuk sudah jadi.

Jus berenuk ini bisa diminum setelah dingin.

Minuman detoksifikasi ini bisa masukkan ke dalam botol, disimpan untuk diminum di lain waktu.

Jus berenuk adalah minuman pahit serba guna. Selain sebagai detoksifikasi ramuan ini juga dapat mencegah kram dan anti-tetanus. 

Bisa juga sebagai obat penurun panas. 

Untuk masalah sembelit berenuk adalah pencahar yang bagus. Jus ini pun berkhasiat juga melancarkan pernafasan. Juga mengatasi penyakit lain terkait dengan masalah saluran udara.

Efek samping

Di samping banyak manfaat berenuk juga memiliki efek samping. Berenuk ini bisa meningkatkan kadar keasaman dalam darah.

Jika digunakan dalam waktu  lama berenuk ini  bisa  membuat gangguan pada sistem pencernaan berupa mulas.

Demikian ulasan tentang 10 manfaat buah betenuk untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel