8 Manfaat Bunga Krisan Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Nama krisan berasal dari kata Yunani, chyros, yang berarti 'emas' dan anthos, yang berarti 'bunga.' Bunga ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias karena penampilan dan warnanya yang khas. Terkenal dengan keindahan bunganya dan terkenal juga  dengan keampuhannya saat  digunakan dalam pengobatan alternatif.  Berasal dari Eropa tenggara, tetapi sekarang tumbuh di seluruh dunia, terutama di Australia dan Amerika Utara.  Bunga krisan bisa tumbuh setinggi setengah meter.

Krisan adalah tanaman dari zaman Asia kuno. Nama Krisan berasal dari bahasa Yunani dan memiliki arti 'bunga emas.' 

Krisan telah  lama  dibudidayakan di Tiongkok, lebih dari 2.500 tahun dan merupakan salah satu dari lima tanaman para bangsawan Tiongkok, bersama dengan bambu, prem, dan anggrek.

Pada tahun 400M,umat Buddha membawa bunga ini dari Cina ke Jepang. Kemudian jadi terkenal, bahkan singgasana kaisar dikenal dengan sebutan 'Tahta Krisan'  karena  menyerupai  matahari terbit yang menjadi simbol Jepang.

Bunga krisan yang indah ini memiliki khasiat yang bermanfaat, selain menghasilkan bunga indah yang membangkitkan. Menurut temuan, ekstrak tanaman ini membantu mengatur remodeling  tulang dengan menghambat diferensiasi dan juga fungsi osteoklas.  Mereka juga merangsang fungsi osteoblas. 

Meskipun masih perlu lebih  banyak uji klinis untuk mendukung hipotesis ini, diyakini bahwa teh krisan dapat menjadi agen terapi yang berguna untuk penyakit tulang di masa depan.

Bunga krisan memang memiliki berbagai manfaat kesehatan selain sifat insektisida. Masing-masing manfaatnya itu akan ada tercantum, nanti di bagian bawah tulisan ini. Karena adanya zat pirettrin, ia memiliki sifat insektisida, pengusir nyamuk, kecoak, dan serangga pengganggu lainnya.

Ini memiliki sifat obat, hepatoprotektif (melindungi tubuh dari penyakit hati), meremajakan, dan juga memurnikan(menghilangkan) racun dari tubuh kita.

Selain itu krisan juga memiliki sifat antispasmodik, antiinflamasi, antiartritis dan anti piretik.

Beberapa gangguan penyakit yang dapat diobati menggunakan krisan adalah kulit luka, demam, sakit kepala, pilek serta flu. Bunga krisan juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk radang sendi dan kaki bengkak.

Beberapa Manfaat Bunga Krisan Untuk Kesehatan

bunga-krisan

1. Mengobati peradangan

Ada senyawa tertentu dalam bunga krisan antara lain asam octulosonic, chrysanol dan senyawa lain  yang membuat teh krisan ampuh mengatasi masalah peradangan.

Minum teh bunga krisan bisa mengurangi ruam yang timbul di kulit akibat paparan sinar matahari. Bubuk teh krisan bisa Anda manfaatkan dengan cara pasta bubuknya ditempelkan pada kulit yang terkena masalah.

Bubuk bunga krisan itu juga bisa digunakan untuk mengobati kulit bengkak akibat digigit serangga atau tawon. Pun bisa untuk meredakan reaksi alergi yang terjadi pada kulit.

2. Mengobati sakit kepala dan insomnia

Mengunyah daun krisan bermanfaat meredakan sakit kepala.

Krisan dengan kandungan antibiotiknya bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa pusing dan nyeri akibat sakit kepala.

3. Mengobati pilek.

Krisan memiliki efek pendingin. Efek itu dianggap sangat bermanfaat mengobati pilek dan flu. Penggunaan krisan untuk mengobati pilek dan flu bahkan sudah lama dilakukan secara tradisional dalam budaya Cina.

4. Mengobati masalah pada mata

Berbagai masalah yang bisa menimpa mata, seperti kurangnya ketajaman penglihatan atau penglihatan yang tidak teratur seperti rabun senja, bisa diobati dengan ramuan bunga krisan. 

Termasuk juga untuk mengobati mata lelah.

Minum teh krisan berkhasiat meredakan berbagai masalah tersebut di atas.

5. Menormalkan tekanan darah

Tekanan darah yang tidak normal atau sering berubah ubah  bisa menimbulkan pusing atau sakit kepala. Bahkan untuk tidur pun sulit. 

Ramuan teh bunga krisan memiliki keampuhan untuk menghilangkan pusing dan sakit kepala itu.

6. Mengobati tulang

Ekstrak tanaman krisan dipercaya dapat menolong dalam perawatan tulang. Kandungan krisan mampu mengurangi resiko osteoporosis dan ekstrak itu juga diketahui dapat membantu proses remodelling tulang.

7. Mencegah kejang otot

Ada satu kandungan yang spesifik dalam tanaman krisan ini, nama kandungan itu adalah parthenolide. Tersedia dalam jumlah besar pada krisan. 

Itu adalah obat penenang yang sangat baik  untuk meredakan kejang otot ringan pada orang dewasa. Juga untuk mengobati masalah yang sama pada anak anak.

8. Membantu metabolisma lemak dalam tubuh

Filacin dan kolin adalah dua vitamin B yang di dalam tubuh memiliki efek untuk perbanyakan sel. Asam lemak, jika banyak tersimpan di dalam tubuh  harus dicerna untuk diproses menjadi energi. Krisan dengan kandungan vitamin B di dalamnya akan membantu kelancaran proses itu.

Cara membuat teh krisan

Setiap bagian dari tanaman bisa digunakan sebagai bahan membuat teh, pertama siapkan 3 gram herba krisan kering, masukkan ke dalam gelas, lalu siram dengan air mendidih, tutup dan tunggu lima menit saja, maka teh krisan Anda siap dinikmati.

Teh krisan enak rasanya.

Ringan persis teh chamomile. Teh yang diolah dari bunga kering tanaman krisan ini sudah terkenal sejak dahulu. Itu adalah teh obat tradisional Cina yang kini sudah mulai digunakan di negara negara Asia lain serta negara Barat.

Di dalam tubuh teh krisan akan mengaktifkan proses pembentukan sel  darah putih, selain mengaktifkan produksi dan aliran getah bening.

Efek samping

Teh krisan yang berwarna kuning tua ini akan aman untuk setiap orang dewasa, asal tidak dikonsumsi berlebihan. 

Asal tidak diminum oleh orang yang memiliki kulit sensitif, juga oleh orang yang alergi pada bunga aster atau ragweed. 

Ibu hamil dan menyusui juga tidak boleh minum teh krisan.

Demikian ulasan tentang 8 manfaat bunga krisan untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel