7 Manfaat Minyak Essensial Copaiba Dan Efek Sampingnya

Copaiba adalah nama tanaman pohon yang tingginya bisa mencapai 40 meter. Tumbuhan bernama latin copaifera langsdorffii asal Amerika Selatan dan Afrika Barat ini umumnya tumbuh di wilayah Amazon dengan usia hidup yamg bisa mencapai 400 tahun.

Tapi yang lebih membuat copaiba terkenal adalah minyak essensialnya.yang diekstrak dari copaiba. Berbeda dengan minyak essensial lain yang umumnya diekstrak dari biji, buah atau daunnya, minyak copaiba diproduksi dari batang pohonnya yang diameternya bisa mencapai 4 meter itu.

Dahulu pohonnya langsung ditebang menggunakan kapak. Menumbangkan copaiba memang cara paling mudah untuk memperoleh minyaknya. Tapi cara itu sudah lama ditinggalkan sehingga kepunahannya bisa dicegah. Kini yang dilakukan adalah mengebor batangnya menggunakan auger. Hingga tembus dan nanti minyaknya akan mengalir perlahan keluar dari lubang itu.

Itu adalah cara yang tidak membuat pohon copaiba rusak apalagi tumbang. Yang dipilih adalah pohon yang umurnya di atas 100 tahun. Bukan pohon yang muda karena belum mengandung minyak. 

Minyak copaiba biasanya dibutuhkan untuk digunakan sebagai salah satu bahan dalam industri kosmetik dan farmasi. Minyak essensial bersifat antibiotik dan anti-inflamasi. 

Juga memiliki khasiat penyembuhan. Dalam hal ini copaiba terkenal memiliki kekuatan penyembuhan yang tinggi. Kekuatan itu bukan hanya untuk mengobati satu atau dua jenis penyakit. Cakupan penyembuhannya sangat luas, untuk banyak macam penyakit. Berikut di bawah adalah sebagian diantara penyakit yang bisa disembuhkan dengan minyak copaiba ini.

Beberapa Manfaat Minyak Copaiba Untuk Kesehatan

1. Mengobati penyakit kulit

penyakit-kulit

Minyak copaiba adalah anti-inflamasi dan antiseptik alami. Obat yang sangat baik untuk mengatasi dermatitis, jerawat, dan gatal gatal. Bahkan minyak copaiba juga bisa membantu mengobati penyakit psoriasis.

Bisa juga menghilangkan sakit karena gigitan serangga atau gigitan ular.

Gangguan lain di kulit yang bisa diobati adalah penyakit kulit yang bisa menular yaitu herpes kulit.

Satu lagi manfaat minyak copaiba untuk kulit adalah dapat mengobati leishmaniasis, sejenis penyakit kulit yang juga menular. Selain mengobati, copaiba juga bermanfaat dalam hal perawatan kulit. Garis garis bekas luka, bekas selulit dan strech mark bisa dihilangkan. 

Efek minyak copaiba yang emolien ini bisa melembabkan dan menghaluskan kulit.Copaiba juga bisa merangsang regenerasi kolagen, sehingga kulit pun bisa menjadi lebih elastis.

Dan kelihatan awet muda.

2. Mengurangi selulit

Penggunaannya sebagai obat luar bukan hanya efektif untuk menyembuhkan luka kulit. 

Jika penggunaannya Anda terapkan pada daerah pinggul dan paha serta pada bokong, serta dilakukan sambil dipijat maka manfaat yang Anda dapatkan dengan cara itu adalah selulit di area tersebut akan berkurang.

3. Mengobati rematik dan nyeri otot

Biasanya dengan cara menggunakan minyak copaiba sebagai minyak urut. Minyak ini manjur untuk meningkatkan proses sirkulasi darah. Juga menghilangkan nyeri karena rematik atau nyeri otot. Derita yang dialami pengidap asam urat juga bisa reda setelah menggunakan minyak copaiba ini.

4. Melegakan saluran pernafasan

Di lingkungan asal tanaman ini,  penggunaannya sebagai ekspektoran telah berlangsung turun temurun. Minum madu yang sudah dibubuhi empat tetes minyak copaiba juga sangat berkhasiat menghilangkan dahak yang terkumpul di saluran tenggorokan. Dahak itu memang perlu dikeluarkan agar tidak membuat gangguan pada pernafasan Anda.

Juga minyak copaiba ini bisa mengobati gangguan pernafasan lain yang disebabkan oleh flu, pilek dan batuk. Copaiba akan menuntaskan ketiganya.

5. Mengobati sakit tenggorokan

Menggunakan minyak copaiba sebagai obat kumur sangat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan serta radang amandel.

6. Menyehatkan rambut

Minyak copaiba dapat membuat rambut Anda lebih berkilau, lebih lembut. Anda bisa mendapat manfaat ini saat mandi dan menggunakan shampoo yang mengandung minyak copaiba.

Selain rambut menjadi lebih berkilau dan lembut, shampoo yang memiliki kandungan copaiba juga itu juga bermanfaat mengobati mikosis, membasmi ketombe dan aborrhea.

7. Membantu mengurangi pembengkakan

Sifat diuretik yang ada pada minyak copaiba sangat berguna untuk meningkatkan fungsi ginjal, berkat kemampuannya yang bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Sifat diuretik ini pun bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara menggunakan copaiba

Umumnya menggunakan minyaknya.

Pada masalah kulit , minyak copaiba dioleskan pada kulit bermasalah tiga kali sehari.

Untuk radang sendi, minyaknya dipanaskan sebentar di atas api kecil, baru dioleskan pada otot yang nyeri, dilakukan dua kali sehari.

Efek samping biasanya menimbulkan diare dan, muntah muntah. Kadang menimbulkan ruam pada kulit.

Setiap orang bisa menggunakan minyak copaiba kecuali ibu hamil dan menyusui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel