10 Makanan Sayuran Dan Buah Yang Kaya Beta Karoten

Judul di atas mungkin terasa agak berlebihan. Tanpa disebut pun orang sudah tahu bahwa makanan sumber beta karoten itu memang dari sayuran dan dari buah. Jadi yang akan kita ulas di sini hanya tentang sayuran dan buah buahan yang banyak mengandung beta katoten

Beta karoten adalah senyawa yang memberi warna merah jingga pada sayuran atau buah . Setelah Anda mengkonsumsi sayur atau buah yang mengandung beta karoten tersebut metabolisma tubuh akan mengubah beta karoten itu menjadi vitamin A.

Vitamin A akan berfungsi sebagai antioksidan, menjaga dan melindungi kesehatan kulit Anda dari dampak sinar ultra-violet, mencegah rambut kusam, membantu kesehatan mata, melindungi jantung, paru paru dan ginjal.

Mengingat betapa pentingnya peranan dan manfaat beta karoten, di bawah ini akan diuraikan tumbuhan terbaik sebagai sumber beta karoten itu.

Beberapa Sayuran Dan Buah Sumber Beta Karoten

1. Wortel (daucus carota)

Walaupun beta-karoten itu adalah vitamin A, tetapi itu berbeda dengan vitamin A yang biasa kita kenal, karena beta karoten hanya bisa diperoleh dari tumbuhan.

Wortel berkhasiat besar untuk meningkatkan kesehatan mata, itu sudah umum diketahui. Dilansir dari Webmd efek kandungan beta karoten yang memberi warna kuning-oranye pada wortel itulah ternyata yang berperan menjaga kesehatan mata Anda.

Wortel memang dikenal sebagai salah satu sumber tertinggi beta karoten, yaitu 8 miligram dalam setiap 100 gram wortel rebus.

 2. Microgreens

microgreensBeda dengan wortel yang oranye microgreens adalah sayuran berwarna hijau muda. Tanaman ini sudah dipanen sebelum dewasa, tingginya baru sekitar 2,5-7,5 cm, biasanya setelah melewati fase kecambah atau ketika daun pertamanya sudah tumbuh yaitu saat berusia 7- 21 hari. 

Berbeda pula dengan tempat tumbuhnya kecambah ditanam di air dan microgreen ditanam di tanah. Biasanya kecambah ditutup agar tidak kena sinar sebaliknya microgreen harus mendapat sinar matahari yang cukup untuk menunjang perkembangannya.

Umumnya jenis sayur yang diambil microgreennya adalah berbagai jenis kol, selada, bawang termasuk bawang putih dan bawang merah, jenis tanaman bit serta labu labuan.

Kandungan beta-karoten microgreen ini lebih tinggi dari wortel, yaitu 12 miligram dalam setiap 100 gram.

3. Buah persik (prunus persica)

Senyawa karotenoidnya yang membuat warna merah oranye pada persik akan berfungsi untuk merangsang pembentukan produksi antigen sebagai anti tumor. Keuntungan lain setelah makan buah ini selain mendapat kandungan beta karoten juga khasiatnya yang bisa menghambat peradangan karena alergi 

4. Labu ( cucurbita pepo)

Buah yang mengandung beta karoten ni akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda berkat kandungannya yang juga tinggi beta-karoten.

Ada manfaat ekstra yang Anda peroleh dari labu ini selain kandungan beta karoten, yaitu daging buah labu yang sudah Anda masak juga berkhasiat meredakan sakit perut serta dapat membantu melancarkan kerja sistem pencernaan.

5. Melon kuning (cucumis melo var cantalupensis)

Masih sejenis labu melon variasi cantalupensis ini memiliki kulit berwarna abu abu. Selain mengandung beta karoten buah ini rasanya manis dan aromanya juga wangi sehingga Anda tidak akan bosan mengkonsumsinya.

6. Daun anggur

Di negara tertentu daun anggur telah lama dikonsumsi untuk tujuan pengobatan.Kandungan daun anggur tinggi beta-karoten, aktifitasnya dalam tubuh bisa berperan sebagai antioksidan. Kandungannya juga tinggi akan vitamin C, jadi daun anggur ini akan membuat Anda aman dari resiko penyakit jantung bahkan stroke.

7 Ubi jalar (ipomea batatas)

Ubi jalar berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Orang Eropa yang kemudian menduduki benua Amerika kemudian membududayakan tanaman ini.

Anda bisa mengkonsumsi ubi jalar dari jenis apapun, dengan kulit berwarna apapun. 

Setiap varietasnya penuh dengan beta-karoten, rata rata 11.5 gram dalam 100 gram. Ubi jalar juga adalah sumber karbohidrat dan serat jadi sekaligus umbi ini juga bisa menjadi sumber energi buat Anda, masih diperkaya lagi dengan nutrisi lain seperti vitamin B5, B6 dan mineral mangan.

8 Aprikot (prunus armeniaca)

Buah yang penuh nutrisi dan rendah kalori.

Buah aprikot rasanya khas dan sangat lezat, apalagi ketika buahnya dipetik dan langsung dimakan.

Aprikot adalah buah yang sudah dikenal sejak zaman kuno terutama di kawasan Timur Tengah.

Anda bisa memakan buah mentah aprikot yang memilik kandungan beta karoten ini, nurisinya akan menjaga kulit Anda dari efek negatif sinar matahari.

9. Tomat (solanum lycopersicum)

Tomat segar akan memberi manfaat tambahan buat tubuh Anda yaitu selain sumber vitamin C buah ini juga dilengkapi nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tubuh.

Perlu sedikit hati hati sebelum memakannya karena buah ini termasuk dalam sepuluh teratas sayuran yang paling banyak mengandung residu pestisida. Jadi jangan lupa untuk selalu mencuci buah segar tomat sebelum dimakan.

10. Bayam (spinacia oleracea)

Bayam mengandung beta karoten. Tapi warna merah jingga yang dimilikinya tertutup oleh kloropil sayuran ini sehingga tampilannya menjadi hijau

Ada berbagai pendapat tentang mengolah bayam untuk dikonsumsi. Sebagian mengungkapkan bahwa beta karoten pada bayam lebih tinggi saat dikonsumsi mentah.

Di sisi lain ada yang bilang bayam yang sudah dimasak memberi nilai gizi lebih tinggi termasuk kandungan beta-karotennya.

Tapi yang penting bayam ini mengandung beta karoten, 6,28 miligam dalam 100  gram bayam, dan tentang cara mengkonsumsinya itu bisa terserah Anda

Demikian tentang 10 makanan sayuran dan buah yang kaya beta karoten ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel