10 Manfaat Bunga Telang Dan Cara Mengolahnya

Tumbuhan bunga telang masih satu kerabat dengan tanaman polong. Buahnya pun memang berbentuk polong. Ukuran polongnya lebih panjang dan lebih padat. Di berbagai negara Asia Tenggara bunga telang digunakan dalam masakan, umumnya dimanfaatkan sebagai pemberi warna.

Selain untuk kuliner bunga telang juga memiliki manfaat kesehatan. Di Cina ramuan bunga telang diolah untuk keperluan mengobati masalah reproduksi. Dalam pengobatan Ayurveda tumbuhan yang memiliki banyak nama sinonim, antara lain kacang kupu kupu( butterfly pea) ini juga sudah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Dilansir dari MedicineNet  bunga telang tinggi kandungan anti oksidan dan ampuh mengobati sakit kepala. Dapat menyembuhkan peradangan yang menyebabkan luka. Juga berkhasiat meredakan atau menurunkan tekanan darah. Tinggi kandungan flavonoid bunga telang ini juga berkhasiat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi uban. Mengkonsumsi bubuk bunga telang juga bermanfaat meningkatkan daya ingat, anti-stres dan mengatasi depresi atau kecemasan.

Selanjutnya marilah kita simak lebih lanjut tentang berbagai manfaat bunga telang untuk kesehatan dan cara mengolahnya seperti berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

bunga-telang

1. Mengobati gangguan pernafasan

Air lemon hangat dicampur dengan madu adalah obat yang manjur untuk sakit tenggorokan.

Sebenarnya madu saja tanpa dikombinasikan dengan bahan lain sudah bisa menjadi penekan batuk yang efektif. Lemon juga di sisi lain berkhasiat membantu meningkatkan kekebalan menghadapi  infeksi yang bisa terjadi pada saluran pernafasan. 

Minum ramuan yang terbuat dari air panas, lemon, dan madu bisa melonggarkan lendir, menenangkan tenggorokan dan membersihkan saluran udara yang menjengkelkan. Apalagi kemudian ramuan itu ditambah bunga kacang kupu-kupu, itu akan menjadi obat alami yang kaya antioksidan, penuh manfaat kesehatan. 

Untuk hasil terbaik Anda bisa membuat ramuannya, ini cara mengolahnya :

- 20 kelopak bunga kacang kupu-kupu segar atau 15 kelopak jika kering, tambahkan 2 sdt lemon segar dan gula batu 150 gram. 

Masukkan 1800 g air serta madu sekitar 100 sampai 200 gram.

Didihkan sambil diaduk selama 15 menit. Lalu diamkan 5 menit. Saring dan ramuan obat batuk untuk melegakan pernafasan sudah siap diminum.

2. Mengobati demam

Tumbuhan ini juga memiliki sifat anti-piretik dan dapat meeredakan demam berkat efeknya yang mampu memperlebar pembuluh darah yang tepat berada di bawah permukaan kulit.

Rebuslah selama 15 menit daun segar tumbuhan ini, sebanyak 10 gram dengan segelas air. Diamkan  sampai panasnya turun, baru disaring dan diminum sekaligus.

3. Mengobati kencing batu

Daun segar bunga telang sebanyak 8 lembar Anda potong potong kemudian direbus dengan 3 gelas air. Biarkan tetap mendidih sampai airnya sedikit berkurang. Matikan api dan tunggu sampai ramuan dingin. Saring dan masukkan madu lalu diminum.

Buat dan minum ramuan itu tiga kali sehari.

4. Mengobati kejang

Minum rebusan daunnya sebanyak 10-15 gram, ditambah gula batu berkhasiat meredakan kejang pada anak.

5. Mengatasi peradangan, mengobati bisul

Bunga kacang kupu-kupu tinggi ternatin. Itu adalah senyawa antosianin yang memberi warna pada tanaman.

Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa ternatin ini ternyata berkhasiat mengurangi peradangan.

Salah satu bakteri penyebab peradangan adalah bakteri staphylococcus. Pada kulit mikroba ini bahkan bisa menimbulkan bisul. Bagusnya bunga telang ini dapat Anda gunakan untuk mengobatinya. Haluskan bunga telang kemudian aduk dengan gula jawa. Oleskan pada area bisul, ramuan itu akan membuat bisul Anda sembuh.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Dilansir dari Majesticherbs bunga telang ini memiliki satu kandungan yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan mata. 

Nama kandungan itu proanthocyanidin, manfaatnya bisa merangsang  aliran darah ke pembuluh kapiler mata. Mampu mengatasi penglihatan yang kabur. Bahkan disebutkan bahwa proanthocyanidin ini pun berkhasiat mengobati glaukoma.

Cara mengolah bunga telang untuk mata Anda bisa menggunakan dua kuntum bunganya. Direndam dalam air sekian lama sampai airnya berubah biru. Air itu Anda teteskan pada mata.

7. Mengobati sakit telinga

Membuat ramuan yang terdiri dari beberapa lembar daun tanaman ini dan sedikit garam. Dioleskan pada telinga yang sakit.

8. Meningkatkan kesuburan rambut

Dilansir dari m.netmeds tumbuhan bunga telang adalah obat alami yang baik untuk rambut karena mengandung antosianin.

Antosianin adalah molekul yang membantu menjaga kulit kepala. 

Manfaatnya dapat meningkatkan sirkulasi darah di kepala. Antosianin ini juga akan membantu menguatkan folikel rambut dari dalam. 

Minumlah teh bunga telang untuk mendapatkan manfaat itu.

Teh telang itu selain memelihara folikel rambut, dengan sendirinya akan membuat pertumbuhan rambut jadi meningkat.Salah satu dampaknya sudah jelas, yaitu akan mengurangi rambut rontok.

Dan memperlambat timbulnya uban.

9. Meningkatkan kesehatan kulit

Rutin mengkonsumsi teh bunga telang yang tinggi antioksidan ini juga akan membantu meningkatkan kesehatan kulit. Khasiatnya dapat memperlambat proses penuaan kulit. Mencegah penuaan dini serta meningkatkan warna dan tekstur kulit secara keseluruhan.

Antioksidan dan polifenol pun berlimpah dalam bunga telang.. Senyawa kimia tumbuhan ini juga bermanfaat mencegah kulit rusak yang disebabkan oleh molekul gula berbahaya. 

Hal ini tentu berkontribusi pada tampilan kulit yang tetap kencang, awet muda, dan cerah.

10. Mengatasi insomnia

Para ahli herbal di Asia Tenggara dan Cina telah menggunakan tanaman ini selama berabad-abad untuk membantu mengatasi stres dan insomnia. 

Teh bunga telang adalah minuman sehat tanpa kafein. Tepat sekali diminum menjelang tidur.

Cara membuat teh bunga telang

Menggunakan bunga segar ataupun bunga keringnya. Ambil sekitar 5- 10  bunganya, siram dengan secangkir air mendidih. Tunggu 15 menit, nanti bunga telang itu akan memudar warnanya, dan air di cangkir akan menjadi biru, tampilannya cantik sekali. Nama populer teh itu adalah teh biru. 

Rasa dan aromanya enak menenangkan dan terpenting aman diminum karena tidak menimbulkan efek samping meski konsumsinya harus dibatasi.

Jangan lebih dari 2-3 gepas sehari. Itu terkait dengan sifatnya yang diuretik. Anda bisa dehidrasi nanti. Karena buang air kecil terus.

Kalaupun ada efek samping bunga telang, itu berasal dari biji atau akarnya. Bisa membuat mual atau diare

Syukurlah Anda tidak perlu membuat teh biru dari akar itu.

Satu lagi, teh biru ini bisa menghambat penyerapan zat besi dari makanan apapun yang Anda makan. Jadi minumlah teh biru satu jam sebelum atau sesudah maka. Atau saat perut masih kosong di pagi hari.

Sekian tentang 10 manfaat bunga telang untuk kesehatan dan cara mengolahnya ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel