10 Manfaat Prickly Pear (Kaktus Pear Berduri) Untuk Kesehatan

Ada sekitar 200  jenis prickly pear atau kaktus pear berduri. Semuanya memiliki buah yang tumbuh dan menempel pada daunnya. Tidak semua buah itu aman dimakan. Dan dari beberapa jenis yang tidak berbahaya, salah satu diantaranya adalah buah yang berasal dari pohon prickly pear (kaktus pear berduri) yang memiliki nama latin opuntia ficus-indica. Dalam usianya menuju proses pematangan buah itu akan memiliki varisi warna yang berbeda, mulai dari warna hijau muda hingga oranye lanjut dengan warna merah muda atau merah menyala.

Jenis kaktus ini tergolong sebagai kaktus yang punya ketangguhan hidup di tanah gersang. Banyak ditemukan di benua Amerika, terutama di bagian selatan dan utara. Di Australia tumbuhan ini telah dinaturalisasi, umumnya dari jenis opuntia ficus-indica yang tidak berduri. Di Afrika Selatan dan Ethiopia kaktus ini bahkan sengaja ditanam untuk memenuhi kebutuhan manusia juga ternak. Namun sayang tumbuhan ini sangat invasif, populasinya telah  mencapai 360 ribu ha hingga diperlukan pengendalian untuk membatasi penyebarannya.

Selain peran tumbuhan ini yang bisa memenuhi kebutuhan manusia dan ternak saat kekeringan dan kelaparan melanda, prickly pear juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Melansir WebMD makan kaktus bisa mengurangi lemak tubuh, menurunkan tekanan darah serta bermanfaat mengurang kadar kolesterol.

Buah kaktus yang nengandung vitamin C dalam jumlah tinggi ini dimakan. Buah yang rasanya manis dan dapat dimakan dalam bentuk segar ini juga mengandung berbagai jenis vitami B. Mineralnya terdiri dari magnesium,kalium, kalsium dan tembaga. Tinggi serat dan berbagai senyawa organik di dalamnya mencakup flavonoid, polifenol dan betalain.

Berbagai Manfaat Prickly Pear Untuk Kesehatan

prickly-pear-kaktus-biji-berduri

1. Meningkatkan metabolisme

Prickly pear mengandung komponen yang perananannya sangat penting dalam peningkatan metabolisme dalam tubuh. 

Komponen tersebut adalah tiamin, riboflavin, niasin dan vitamin B6. 

Metabolisme yang optimal sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Otot otot akan tumbuh dengan sehat. Setiap organ juga terpelihara sehingga tetap berfungsi sebagaimana mestinya. 

2. Meningkatkan kerja sistem pencernaan 

Umumnya semua jenis kaktus banyak mengandung serat. Begitu juga prickly pear ini.

Seratnya dapat membantu Anda terhindar dari sembelit. Perannya mampu meningkatkan kerja usus sehingga makanan yang dicerna dapat melewati saluran pencernaan dengan mudah. Juga proses buang air besar Anda akan berlangsung lancar.

Melansir healhtline secangkir kaktus yang juga bernama nopal ini bisa memenuhi 19 % kebutuhan harian Anda akan serat. 

3. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan seratnya akan menghambat pelepasan hormon penyebab rasa lapar. Efeknya akan membuat tubuh cepat merasa kenyang dan hasrat Anda untuk makan akan berkurang.

Kaktus pear berduri ini memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat rendah. Kolesterolnya  rendah. Berbagai vitaminnya terutama vitamin B6 bersama tiamin dan roboflavin akan memaksimalkan metabolisme sehingga proses pembakaran lemak pun akan berlangsung lancar.

4. Meredakan peradangan

Daun prickly pear memiliki efek antiinflamasi. Orang yang mengalami gangguan radang sendi dan mudah cedera sangat baik mengkonsumsi prickly pear ini. 

Makan prickly pear bisa mengurangi ketegangan otot.  Penggunaannya sebagai obat luar bisa dilakukan dengan mengoleskan daunnya yang sudah Anda haluskan pada area yang terasa nyeri.

5. Menguatkan tulang

Bagian penting dalam kandungan prickly pear untuk membentuk tulang yang kuat adalah kalsium.

Kalsium, selain menguatkan tulang juga akan memperbaiki dan membuat pulih saat ada tulang yang rusak. Gangguan tulang seperti osteoporosis bisa dihambat.

Demikian juga berbagai gangguan yang bisa terjadi pada gigi.

6. Baik untuk penderita diabetes

Selain lezat daunnya yang dikonsumsi juga bermanfaat mengontrol kadar glukosa. 

Itu akan sangat menolong terutama pada pengidap diabetes type 2.

Anda yang sedang berusaha menurunkan lonjakan kadar glukosa bisa terbantu.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Radikal bebas yang masih tersisa setelah proses metabolisme masih bisa memberi dampak negatif pada kulit. 

Kerutan dan bintik bintik penuaan dini masih mungkin Anda alami.

Antioksidan prickly pears akan melindungi kulit Anda.

Efeknya sebagai obat untuk kulit bisa membuat kulit Anda tetap sehat. Tetap terjaga elastisitasnya. 

Anda akan senantiasa terlihat awet muda. 

8. Mencegah kanker

Kekebalan tubuh yang lebih optimal berkat prickly pear ini  akan membuat tubuh lebih kuat mencegah berbagai jenis kanker. 

Radikal bebas akan dilawan dan dihilangkan oleh kaktus ini. Kemungkinan mutasi sel yang berpotensi menjadi kanker bisa diatasi.

9. Melindungi jantung

Seratnya membantu menurunkan kolesterol jahat. Penumpukan plak dalam pembuluh darah bisa dicegah sehingga kerja jantung bisa terbantu tetap optimal 

Kandungan potasium yang tersedia dalam tumbuhan ini akan membantu meningkatkan relaksaksasi pembuluh darah yang berguna menurunkan tekanan darah. 

Dinding pembuluh juga bisa semakin kuat karena prickly pear ini mengandung betalain yang berguna untuk itu.

10. Meningkatkan kualitas tidur

Magnesium yang ada pada prickly pear bermanfaat mengundang kantuk. Tumbuhan ini bisa mengurangi kecemasan atau rasa gelisah.

Efeknya yang bisa berfungsi sebagai sedatif ringan akan menenangkan hati. Itu akan membantu Anda bisa tertidur.

Cara mengkonsumsi dan efek samping

Natures Best Belfield menyarankan agar mengkonsumsi buah prickly pear(kaktus biji berduri) yang sudah dikupas,dimakan beserta bijinya paling banyak 2 buah setiap hari.

Tidak boleh dikonsumsi oleh penderita radang usus karena bijinya yang kecil dan sangat banyak itu bisa menambah  gangguan pada usus.

Kaktus pear berduri juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Juga tidak disarankan untuk penderita penyakit ginjal.

Kemampuannya efektif mengurangi kadar gula darah jadi mengkonsumsinya berlebihan bisa membuat hipoglikemik atau gula darah rendah.

Penggunaan kaktus pear berduri yang tidak terkontrol bisa menimbulkan berbagai efek samping lain,  melansir RxList mengkonsumsi tanaman ini bisa mengakibatkan diare, mual, kembung, sakit kepala serta dapat meningkatkan frekwensi buang air besar. 

Demikian tentang 10 manfaat prickly pear (kaktus biji berduri) untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel