7 Manfaat Gandasuli Untuk Kesehatan

Dianggap sebagai hama atau gulma tumbuhan  gandasuli (hedychium coronarium) yang disebut juga ginger lily ini adalah tanaman aromatik yang mudah tumbuh di tanah lembab. Tidak memiliki batang sejati namun tingginya bisa sampai 2 meter meski sebagian besar paling  hanya mencapai 1  meter, daunnya hijau cerah, bunga putih besar, harum dan mekar sepanjang tahun.

Sebagai anti rematik efeknya memang di bawah kerabatnya sesama keluarga zingiberaceae yaitu jahe, namun gandasuli ini lebih aromatik. Juga persis seperti jahe gandasuli pun bisa dimakan. Akarnya yang kaya akan pati diparut, direndam sekian lama agar diperoleh tepungnya yang akan mengendap di bagian bawah. Atau Anda potong potong dahulu campur air masukkan dan haluskan dengan blender selanjutnya disaring dengan kain katun dan diendapkan.

Nanti tepungnya bisa Anda olah untuk membuat kue atau bubur. Tepungnya adalah makanan yang baik untuk flora usus, bisa meningkatkan rasa kenyang sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bunganya juga dapat dimakan. Bisa Anda olah menjadi teh. Untuk kuliner ekstraknya bisa sebagai pemberi aroma pada masakan.

Khasiat penyembuhannya sungguh menjanjikan. Gandasuli adalah antiseptik yang tanguh melawan bakteri terutama saat Anda gunakan untuk menyembuhkan luka. Untuk pengobatan bagian tanaman paling memiliki bahan aktif ada pada akar selain daunnya yang memiliki efek lebih rendah.

Beberapa Manfaat Gandasuli Untuk Kesehatan

gandasuli

1. Mengobati kandisiasis

Gandasuli dengan sifat antijamur-nya yang ampuh mengobati sariawan terutama pada anak anak. Ramuannya dibuat dari akar atau rimpang gandasuli, dihaluskan. Airnya diminum. 

Selain untuk sariawan ramuan itu juga mujarab  mengobati keputihan.

2. Mengobati sakit tenggorokan

Disebut bahwa efek anti-inflamasi dan analgesiknya sebanding dengan diklofenak, gandasuli juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati peradangan yang umum dialami, seperti sakit tenggorokan.

Gandasuli juga obat yang mujarab mengobati sakit kepala. Bisa Anda andalkan sebagai pereda nyeri sehabis menjalani cabut gigi oleh dokter, dengan cara meminum air rebusan akarnya.

3. Membantu menurunkan tekanan darah

Gandasuli mampu menjaga kesehatan ginjal. Aktifitas ginjal tetap terjaga prima, menjamin lancarnya pengeluaran urin yang dampak positifnya membantu mengontrol tekanan darah.

Anda bisa membuat teh dari daun gandasuli yang dicincang, rutin meminumnya 3-4 kali sehari. Teh yang rasanya pahit dan pedas ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah Anda.

4. Anti tumor

Gandasuli dikenal sebagai tanaman yang sangat berguna dalam pengendalian berbagai jenis kanker. Mampu memperlambat bahkan menghentikannya.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Ramuannya tetap bisa Anda buat dari akar atau rimpangnya.  Tetapi untuk mendapatkan tidur yang nyenyak Anda juga bisa menggunakan bunga gandasuli.

Akar atau bunganya memiliki efek menenangkan, membuat sistem saraf pusat senantiasa relaks. Anda takkan mudah gugup, stress, gelisah bisa reda dan tidak perlu cemas lagi jika selama ini Anda kesulitan mendapat tidur yang nyenyak.

Anda juga bisa menggunakan minyak aromatik gandasuli ini untuk menenangkan saraf.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Rimpangnya yang bersifat tonik itu bisa merangsang kekebalan tubuh Anda. 

Rasa letih Anda akan berkurang. 

Gandasuli juga dapat merangsang produksi sel, bermanfaat untuk memulihkan jaringan yang rusak di dalam tubuh.

7. Mengobati batuk atau gangguan pernafasan

Memasukkan daun beserta batang gandasuli ke dalam air yang sedang mendidih, setelah dingin airnya diminum.

Demikian tentang 7 manfaat gandasuli untuk kesehatan ini. Semoga Anda selalu bijaksana untuk selalu menggunakannya, karena betapapun suatu tanaman itu memiliki manfaat jika digunakan berlebihan pasti akan membuat kerugian.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel