8 Manfaat Daun Stevia Untuk Kesehatan Tubuh

Mengunakan  stevia untuk pemanis  adalah ide yang bagus.  Karena stevia  memang mengesankan. Ketika mengkonsumsinya sebagai pemanis, tidak akan ada  efek negatif serius yang akan Anda alami. Seberapa  banyak pun stevia ini masuk ke dalam badan Anda, seluruhnya akan dimetabolisme oleh tubuh. Tidak akan tersimpan atau menumpuk di hati. Juga tidak di dalam ginjal. Tanaman dengan nama latin stevia rebaudiana yang berasal dari Brazil dan Paraguay ini juga bukan hanya berguna untuk sekedar mengubah rasa. 

Tetapi seluruh bentuk olahannya berkhasiat obat.  Penduduk di kawasan tumbuhan ini berasal sudah lama menggunakannya sebagai obat, mereka mengambil manfaat daun stevia untuk kesehatan tubuh. Contohnya dengan mengolah tumbuhan ini guna menyembuhkan sakit perut. Manfaat lainnya masih ada seperti berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Daun Stevia Untuk Kesehatan

daun-stevia 

1. Menjaga kesehatan tubuh

Daun stevia mengandung kalsium, natrium, zinc, fluor, magnesium. Ada juga asam askorbat dan vitamin B kompleks. Anti oksidannya mampu melawan radikal bebas, mengkonsumsi stevia akan membuat tubuh Anda lebih kuat untuk melawan dan mencegah timbulnya sel sel rusak penyebab kanker.
Kalorinya nol, seorang obesitas aman mengkonsumsinya.
Jika selama ini Anda perlu banyak pertimbangan sebelum minum teh atau kopi manis, atau minuman apapun itu yang harus dibubuhi gula, maka kini dengan nyaman Anda bisa menikmati minuman Anda dengan menggunakan stevia sebagai pemanis.
Cukup dengan merendam beberapa lembar daun stevia segar dan daun mint dalam secangkir air mendidih, Anda sudah bisa menikmati minuman segar tanpa khawatir efek buruk apapun. Atau jika Anda ingin mengkonsumsinya tanpa dikombinasikan dengan herba lain Anda cuma perlu 1 sdt daun stevia kering, seduh dengan 1 cangkir air mendidih, tutup selama 10 menit, dan selamat menikmati teh daun stevia.
Beberapa penelitian juga telah mengungkapkan stevia bisa mengurangi nafsu makan.

2. Membantu mengontrol gula darah

Ekstrak stevia sebagai pemanis rasanya 200 sampai 300 kali lipat dari gula biasa, daun segar stevia 30 kali lebih manis dari gula. Dengan satu catatan penting yang melegakan, yaitu ekstrak daun stevia adalah pemanis tanpa kontroversi.

Tidak meningkatkan kadar gula darah. Pada penderita diabetes stevia bahkan justru berinteraksi dengan obat yang sedang digunakan untuk menurunkan gula darah. Pemanis stevia tidak juga terpengaruh dengan kondisi badan Anda, umpamanya saat tubuh sedang mengalami ketidakmampuan memproduksi insulin.
Untuk pengidap diabetes daun stevia adalah pemanis tanpa kalori yang aman. Daun stevia juga memiliki tindakan hipoglikemik yang dapat membantu mengurangi glukosa darah.
Anda pengidap diabetes tipe II bisa menggunakan sendiri daun stevia segar sebagai pemanis untuk minuman Anda.Bisa dengan merebusnya terlebih dahulu, rebus dengan api kecil.

3. Membantu meningkatkan sistem pencernaan

Banyak orang yang mengalami sensasi kembung usai mengkonsumsi makanan yang manis. Tapi ini tak akan terjadi jika Anda menggunakan daun stevia sebagai pemanisnya. Sifatnya tidak seperti gula biasa. Bahkan memberi efek membantu meningkatkan sistem pencernaan serta meredakan rasa sakit di perut.

4. Membantu menurunkan tekanan darah

Stevia mengandung stevioside. Kandungan itu bisa melemaskan pembuluh darah yang dampaknya dapat menurunkan tekanan darah sertavmeningkatkan krrja sistem kardiovaskular. Satu lagi kandungan pentingnya bernama sternides. Manfaatnya vital untuk kesehatan tubuh. Kandungan ini punya kemampuan mengurangi pembesaran jantung yang bisa terjadi karena tekanan darah tinggi.
Anda bisa membuat teh daun stevia untuk memperoleh manfaat tersebut di atas.

5. Meningkatkan kesehatan mulut

Gula biasa bisa berbahaya. Apalagi buat anak anak. Stevia tidak akan membuat gigi berlubang. Radang gusi juga bisa dicegah oleh stevia.

6. Tidak menimbulkan alergi

Banyak orang yang alergi setelah mengkonsumsi makanan tertentu, bisa dari makanan kacang-kacangan atau berbagai makanan lain. Reaksi alerginya mungkin gatal gatal, bisa muntah muntah bahkan disertai diare.
Satu keistimewaan mengkonsumsi daun stevia adalah tidak akan menimbulkan alergi.

7. Mencegah osteoporosis

Stevia dapat meningkatkan kepadatan tulang, hal ini telah dibuktikan ketika percobaan dilakukan pada hewan. Meski belum ditemukan cara tepat penggunaannya untuk mencegah osteoporosis pada manusia tetapi percobaan telah menunjukkan bahwa stevia bisa meningkatkan kepadatan tulang serta dapat mencegah osteoporosis.

8. Membantu menyembuhkan penyakit kulit

Penggunaan stevia sebagai obat luar juga dipercaya bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab penyakit kulit seperti eksim dan dermatitis.
kontraindikasi
Wanita hamil dan menyusui tidak boleh mengkonsumsi stevia dan orang yang sedang menggunakan obat medis sebaiknya minta saran dulu pada dokter sebelum mengkonsumsi stevia.
Demikian ulasan tentang 8 manfaat daun stevia untuk kesehatan ini.
Semoga bermanfaat.

referensi

medicalnewstoday.com

organicfact.net

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel