9 Manfaat Kacang Gude Untuk Kesehatan

Kacang gude(cajanus cajan),budidayanya telah lebih dari 3.500 tahun  yang lalu, dikenal dengan berbagai nama lain, seperti kacang kayu, kacang bali,kacang iris. Di beberapa negara kacang gude disebut dengan nama red gram,  gungo pea, congo pea serta terkenal dengan nama arhar di India. Kacang gude adalah ini sumber protein dan zat besi yang baik, serta vitamin A dan B-6, kalsium, magnesium, kalium, dan mineral lainnya. Tumbuhan ini juga tinggi yodium, dan asam amino esensial seperti lisin, treonin, sistin, dan arginin.

Menurut penelitian, sebagai tumbuhan leguminosa kacang ini termasuk paling bergizi. 

Dilansir dari situs lybrate inilah fakta gizi per 100 gr kacang pea :

343 kalori

1,5 g lemak total

63 g karbohidrat total

22 g protein

1,392 mg kalium

0,13 kalsium

28 % besi

45 % magnesium

15 % vitamin B6

Daun kacang gude mudah dicerna ketika segar dan berwarna hijau tepat sebelum mengering. Buah polong yang tua bisa Anda goreng atau direbus, bisa juga diolah seperti dibuat tempe.Daun mudanya pun bisa direbus dan aman dimakan mentah sebagai lalapan.

Kacang gude ini memiliki berbagai manfaat, dalam pengobatan tradisional digunakan untuk mencegah dan mengobati bronkitis, batuk, pneumonia, infeksi pernapasan, nyeri, disentri, gangguan menstruasi, menyembuhkan luka, tumor perut, dan diabetes.

Beberapa Manfaat Kacang Gude Untuk Kesehatan

kacang-gude

1. Sebagai sumber energi

Mengkonsumsi kacang gude akan membuat metabolisma karbohidrat dalam tubuh Anda tidak akan menjadi lemak. Jadi bobot tubuh Anda tidak akan melonjak. Justru tingkat energi Anda yang akan bertambah. Itu berkat efek niasin dan riboflavin yang dikandung oleh kacang gude ini.

2. Menurunkan berat badan

Berbagai nutrisi serta serat yang terdapat pada kacang gude akan membuat Anda cepat merasa kenyang. Tentu saja kondisi ini akan membuat Anda mendapat banyak keuntungan jika memilih kacang gude ini sebagai salah satu menu diet.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kacang gude segar tinggi kandungan vitamin C. Sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena efeknya yang efektif merangsang produksi sel darah putih.

Sel darah putih ini adalah antioksidan dalam tubuh yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan kaliumnya berguna meredakan ketegangan jantung Anda. Seratnya bisa menjaga keseimbangan kolesterol dan manfaatnya akan membuat jantung aman dari flek yang menyumbat pembuluh jantung.

5. Meningkatkan sistem pencernaan

Masih terkait dengan seratnya yang tinggi, serat itu akan merangsang pergerakan usus. Pencernaan akan lancar tanpa ada ketegangan, peradangan di usus pun bisa dicegah, sehingga tinja lebih mudah keluar dari dalam tubuh.

Kecil kemungkinan terjadinya sembelit atau diare bagi orang yang rutin mengkonsumsi kacang gude.

6. Mencegah anemia

Kacang gude akan menjamin kecukupan Anda akan folat. Artinya Anda akan terhindar dari anemia jika rutin mengkonsumsinya.Cuma satu cangkir sehari, itu sudah cukup untuk mencegah anemia.

7. Meredakan rasa sakit pada wanita menstruasi

Gangguan berupa kram dan rasa nyeri umum terjadi pada wanita menstruasi dan mengkonsumsi kacang gude adalah satu langkah yang baik untuk meredakan kedua gangguan tersebut.

Kacang gude juga bisa membuat siklus menstruasi yang tidak teratur kembali normal.

8. Baik buat iibu hamil

Tadi telah disebut di awal tulisan bahwa kacang gude ini  tergolong sebagai kacang yang memiliki nutrisi lebih tinggi termasuk kandungan kalsiumnya. Untuk wanita hamil kacang ini bisa sangat berguna, terutama untuk perkembangan bayi. Tulangnya akan menjadi lebih kuat, begitu juga otot ototnya.

Kandungan folatnya juga tinggi. 76 % kebutuhan harian ibu hamil akan folat bisa dipenuhi oleh 100 gram kacang gude yang sudah dimasak. Folat sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk perkembangan embrio janinnya.

9. Memiliki sifat antimikroba

Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh parasit cacing cenderung dialami oleh orang dengan kondisi atau lingkungan yang kurang higienis.

Kacang gude ampuh membasmi cacing . 

Orang yang biasa mengkonsumsinya akan terbebas dari gangguan parasit itu. Ramuan yang terbuat dari akar tumbuhan ini dapat memberantas cacingan.

Hebatnya,selain bisa membunuh cacing kacang gude, dilansir dari National Library of Medicine juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit yang terjadi pada usus. Rebusan daun segarnya adalah obat untuk meredakan diare.

Efek samping

Sepanjang yang diketahui tidak ada efek samping kacang gude. 

Tentu saja ini tidak berlaku bagi orang yang alergi pada tumbuhan ini.

Demikian uraian tentang 10 manfaat kacang gude untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel