12 Manfaat Dan Khasiat Garut Si Makanan Murah Untuk Kesehatan

Garut (marantha arundinaceae) adalah tanaman asli Amerika Selatan yang dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki sifat pencahar. Akarnya yang penuh dengan serat sangat berguna mengatasi sembelit. Pati yang diperoleh dari olahan rimpangnya bebas gluten. Sehingga para penderita penyakit seliak bisa aman mengkonsumsinya. 

Penderita seliak adalah orang yang tidak boleh yang makan makanan yang mengandung gluten. Mereka bisa mengalami kerusakan usus kecil, menderita diare, kembung, buang gas, kelelahan bahkan amnemia hingga osteoporosis. Selanjutnya mari kita simak manfaat dan khasiat lain dari garut, seperti berikut di bawah ini.

Lebih Jauh Tentang Manfaat Dan khasiat Garut

garutilustrasi gambar garut

1. Meningkatkan proses metabolisma

Konsentrasi vitamin B yang tinggi dalam garut sangat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Berkat manfaatnya yang dapat meningkatkan proses metabolisma. Garut punya efek meningkatkan setiap proses yang diawali dari kerja pelepasan hornon yang baik sehingga ritme sirkadian dalam tubuh tidak mengalami kendala.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Jumlah pengidap penyakit seliak selalu meningkat. Dan menggunakan garut sebagai makanan utama adalah salah satu langkah baik untuk mengatasinya.

Patinya yang bebas glutein bisa mencegah gangguan yang kerap dialami penderita seliak. Mereka akan terjaga, aman dari masalah gastrointestinal.

Garut juga berkhasiat meredakan diare karena gangguan iritasi usus besar.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Melansir m.netmeds.com potasium adalah zat pertama dalam garut yang berfungsi menjaga kesehatan jantung Anda.

Potasium akan membantu mengeluarkan limbah dan racun  yang berada di ginjal.

Kemudian kalium akan membuat pembuluh darah dan arteri menjadi relaks sehingga tekanan darah bisa terkontrol. Efek positifnya akan membuat Anda memiliki peluang lebih kecil menderita aterosklerosis.
 
Makin jauh juga kemungkinanan Anda mengalami serangan jantung. Juga serangan stroke.
 
Manfaat lain yang diperoleh adalah peningatan aktifitas kognitif, karena kalium akan membantu menjamin otak Anda mendapat suplai aliran darah beroksigen.

4. Membantu menurunkan berat badan

Dibanding makanan umbi lain seperti singkong atau kentang, garut adalah umbi paling rendah kalori, namun banyak nutrisi, vitamin dan mineral. Kandungan lemaknya hanya 0, 2 gram dalam 100 gram garut mentah. 

Efek seratnya bisa membantu membuat Anda kenyang lebih lama akan menghilangkan keinginan Anda untuk makan banyak.
 
5. Baik untuk bayi

Selain baik untuk penderita celiak pati garut juga baik untuk bayi. Tepung garut yang diolah menjadi gelatin yang mudah dicerna dan sangat cocok buat bayi. 
Garut juga bisa sebagai pengganti ASI saat bayi dalam masa penyapihan.

6. Baik buat ibu hamil

Garut juga berkhasiat meningkatkan kesehatan ibu hamil. Akarnya adalah sumber folat. 100 gram garut bisa memenuhi 84 % kebutuhan harian ibu hamil akan folat. 

Jumlah itu sangat membantu untuk mencegah terjadinya kelahiran bayi cacat tabung saraf pada seorang ibu yang rutin mengkonsumsi pati akar garut.

7. Penawar racun

Zaman dahulu tanaman ini digunakan untuk menawarkan racun akibat luka karena serangan panah. Mungkin itu sebabnya garut ini dalam bahasa lain disebut arrowroot.

Pati garut memang memiliki efek yang bisa menetralkan racun, bisa mengobati luka karena gigitan serangga atau karena hewan lain seperti kalajengking atau laba laba.
 
Rimpang akarnya yang dihaluskan  dan ditempelkan pada luka sangat efektif menetralkan racun atau bisa hewan.

8. Menyehatkan kulit

Noda yang menganggu penampilan kulit juga bisa diobati dengan bubuk garut. Bekas jerawat pun bisa dihilangkan, juga ruam.

Antioksidannya yang didukung berbagai mineral dan vitamin di dalamnya yang membuat garut bermanfaat mengobati berbagai gangguan penyakit pada kulit.

9. Menyehatkan rambut

Tanaman yang juga bernama arrowroot ini adalah bahan yang sering digunakan sebagai bahan pengental dalam produk kosmetik. 
Sifat pengentalnya sangat baik, untuk rambut biasanya dicampur dengan bahan lain yang digunakan sebagai pewarna rambut.

10. Mengobati penyakit cacar

Garut juga obat herbal yang mujarab untuk mengobati cacar yang terjadi karena infeksi dan gatal gatal.

Hasil produk berupa bedak tubuh bedak yang terbuat dari garut juga bersifat menenangkan dan meredakan kelembaban sehingga bisa membantu mengobati ruam.

11. Menghilangkan bau kaki

Garut memiliki daya penyembuhan yang baik untuk membatu membasmi kutu air penyebab kaki bau berkat kualitasnya yang bisa mengatasi kelembaban itu. 

Infeksi pada kaki Anda akan dibuat pulih berkat garut yang memiliki sifat antijamur dan antibakteri ini.

12. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Kandungan magnesiumnya yang tinggi, 25 gram per 100 gram garut, sangat bermanfaat untuk meningkatkan durasi tidur Anda. 

Ketenangan tidur juga terjaga.

Anda yang biasa mengkonsumsi garut akan memiliki tidur yang berkualitas.

Efek samping

Garut adalah tanaman sumber makanan yang  serbaguna. Aman digunakan eksternal. Aman juga dikonsumsi. Hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan garut berbahaya. 

Tidak ada efek samping yang merugikan buat tubuh. Manfaat dan khasiatnya tidak berubah meski Anda mengkonsumsinya dengan berbagai cara. 

Dimakan mentah ataupun dimasak potensi dan nutrisinya tetap sama.

Untuk bayi garut juga aman. Ketika dalam kandungan garut pun bahkan sudah mendukung pencegahan cacat lahir.

Demikian tentang 12 manfaat dan khasiat garut untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel