10 Manfaat Daun Jinten Untuk Kesehatan

Aroma daun jinten mirip seperti oregano, rasanya enak dan di beberapa negara daun jinten adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat masakan, bisa mengurangi aroma amis pada ikan serta menutupi aroma menyolok daging sapi atau domba. Selain umum digunakan dalam di bidang kuliner daun jintan juga memiliki manfaat penting untuk kesehatan.

Banyak manfaat daun jintan ini untuk kesehatan, beberapa di antaranya mengobati masalah pada kulit, menyembuhkan pilek  dan batuk, juga  bisa meredakan nyeri karena radang sendi serta ampuh meredakan gangguan pada saluran pencernaan.

Daun jinten ini mengandung kalsium, kalium , zat besi juga tersedia, selain vitamin B kompleks, vitamin C serta vitamin D yang semua itu adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk perbaikan kesehatan. Daun jinten juga telah lama dimanfaatkan penggunaanya untuk mengatasi berbagai gangguan pada jantung, terutama untuk meredakan tekanan darah tinggi

Berikut Ini Beberapa Manfaat Daun Jinten Untuk Kesehatan

daun-jinten

1. Mengobati demam

Demam yang disertai pilek dan flu yang sedang Anda alami adalah pertanda awal bahwa tubuh Anda sedang disusupi racun, biasanya ini terjadi karena Anda sedang memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

Daun jinten adalah herba sudorific, artinya bisa merangsang keringat. Efeknya tubuh Anda akan mengeluarkan racun itu dengan membuat tubuh Anda bermandi keringat. Racun yang ada dalam tubuh akan terbawa keluar bersama keringat itu, dan tidak berapa lama Anda pun akan merasakan perubahan pun, yaitu demam Anda sembuh. 

Selanjutnya kandungan asam askorbat atau vitamin C-nya akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda sehingga memiliki kemampuan untuk menangkal ancaman penyakit yang sama di hari berikutnya.

2. Mengobati masalah penglihatan

Selain kandungan asam askorbatnya tinggi daun jinten pun mengandung vitamin A, khasiatnya untuk mata bisa mengurangi stres oksidatif serta mencegah degenerasi makula.

Penglihatan Anda akan bisa tetap terjaga sehingga bisa berfungsi maksimal.

3. Mengobati masalah pernafasan

Senyawa dalam kandungan daun jintan adalah adalah obat alami yang bersifat ekspektoran sehingga dengan begitu daun jintan dapat digunakan untuk mengobati bermacam masalah pernafasan yang sedang Anda alami seperti pilek, hidung tersumbat atau sakit tenggorokan.

Cukup dengan mengunyah daun jinten menelannya, maka masalah pernafasan Anda akan reda. Atau minum teh daun jinten yang bisa Anda olah dengan cara membuat seduhan daun jinten.

Efek ekspektoran yang mengandung minyak essensial dan flavonoid ramuan itu akan mengeluarkan lendir dan dahak dari saluran pernafasan Anda.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Minumlah teh daun jinten hangat setiap selesai makan.

Teh daun jintan itu akan mengatasi berbagai masalah pencernaan Anda, akan meredakan peradangan pada perut. 

Juga berkhasiat menyembuhkan iritasi yang ada pada usus besar Anda.

5. Mengobati cacingan

Daun jinten mengandung pipetri oxide. Itu adalah zat yang bisa menumpas penyebab infeksi di usus seperti parasit giardia, amuba, maupun  cacing gelang atau lombricoid ascaris.

6. Mengatasi masalah saluran kemih

Daun jinten yang juga terkenal dengan nama borage India ini adalah diuretik yang mampu membersihkan tubuh dari racun penyebab Anda susah buang air kecil.

Manfaatnya akan membuat proses buang air Anda kembali lancar.

7. Mengobati radang sendi

Tumbuhan ini mengandung asam lemak omega-6 yang bermanfaat mengurangi masalah radang sendi. Selain itu daun jintan juga akan menguatkan tulang Anda sehingga bisa terhindar dari osteoporosis.

8. Mengobati berbagai masalah kulit

Daun jintan juga memiliki efek antiinflamasi, pada kulit tumbuhan ini berkhasiat mengobati pembengkakan,

mengobati berbagai gangguan lain pada kulit, mulai dari menyembuhkan iritasi atau meredakan rasa gatal karena gigitan serangga, hingga dapat membantu mengobati masalah yang lebih serius seperti eksim atau psoriasis.

Anda cukup menghaluskan daun jinten ini dan mengoleskannya pada kulit untuk mengatasi berbagai gangguan itu.

Minyak daun jinten juga berkhasiat meregenerasi kulit, kandungan asam gamma-linolea-nya akan meredakan alergi dan peradangan kulit, serta meredakan berbagai ketidaknyamanan lain di kulit Anda.

9. Mengobati tekanan darah tinggi

Penelitan juga telah membuktikan bahwa daun jinten bisa meredakan tekanan darah tinggi.

10. Mengobati stres

Teh daun jinten adalah ramuan ampuh yang sangat bermanfaat meredakan stres. Teh itu adalah obat penenang, bisa memberi relaksasai dan ketenangan pikiran pada orang yang sedang stres. 

Anda tidak akan mengeluh lagi karena kesulitan tidur karena teh itu juga akan mengatasi masalah insomnia Anda.

Efek samping daun jinten

Umumnya aman digunakan

Kalaupun memiliki efek samping, itu hanya terjadi pada beberapa orang yaitu bisa menimbulkan ruam pada kulit dan berbagai masalah kesehatan.

Jika mengalami masalah sepert itu, minta saran dokter adalah untuk penggunaan selanjutnya adalah langkah bijaksana.

Demikian tentang 10 manfaat daun jinten untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel