10 Manfaat Bunga Marigold Untuk Kesehatan

Berasal dari keluarga asteraceae dan genus tagete, marigold adalah tanaman asli dari Meksiko. Dikenal sebagai  tumbuhan  yang  kurang kuat  menghadapi cuaca  yang terlalu dingin ataupun terlampau panas. Namun pada  tempat yang kondusif tanaman tagetes erecta ini   mudah  tumbuh,  cepat  berbunga. Warna bunganya pun  bermacam, bisa kuning, orange, atau coklat dan merah. 

Bunga warna warni ini aman dimakan, Anda akan terbayang pada rasa buah markisa saat Anda sedang mengunyah bunganya.Daun hijaunya mengeluarkan bau yang kuat, bagi  beberapa orang aromanya bisa mengganggu. Tumbuhan marigold juga bermanfaat dalam pengobatan herbal. Melansir britannica.com marigold adalah tumbuhan yang serbaguna serta penuh khasiat

Tanaman ini memiliki sifat sebagai antispasmodik, antiinflamasi, antirematik. Bermanfaat juga sebagai obat penenang dan analgesik. Untuk pengobatan biasanya menggunakan ramuan yang terbuat dari daun dan bunganya.. Berbagai khasiatnya antara lain menghilangkan jerawat, rematik, kram rahim dan mengatasi sembelit. Ada juga yang mengolah tanaman marigold untuk pembasmi cacing, mengobati keseleo atau luka termasuk luka karena gigitan ular.

Beberapa Manfaat Marigold Untuk Kesehatan

bunga-marigold

1. Untuk detoksifikasi tubuh

Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Pembuangan racun yang bisa berasal dari mana saja ini sebagian besar dibuang oleh hati. 

Melansir KRISHJAGRAN maraigold bisa membantu meningkatkan proses tersebut sehingga semua bahan beracun itu dapat keluar dari dalam tubuh.

2. Mencegah kanker

Marigold yang membantu tubuh terdetoksifikasi akan membuat Anda semakin terjaga kesehatannya karena tanaman ini juga tingi kandungan vitamin C, artinya memiliki antioksidan yang salah satu manfaatnya bisa mencegah kanker. Marigold bisa mencegah pertumbuhan tumor di payudara, mampu mencegah perkembangan sel kanker usus besar. Tumbuhan ini juga akan membuat Anda tidak perlu khawatir dari kemungkinan leukemia atau kanker darah serta melanomia, sejenis kanker kulit yang berbahaya.

3. Mengobati gastritis atau tukak lambung

Gangguan lain yang bisa terjadi pada usus adalah radang usus dan kolitis. Ramuan marigold bisa Anda gunakan untuk mengatasinya. Marigold juga berkhasiat mengobati gastritis dan refluks asam. Serta meredakan kram perut pada wanita menstruasi.

4. Mencegah dan mengobati arthritis

Arthritis atau radang sendi yang kerap menimpa orang usia lanjut bisa dilawan perkembangannya dengan memanfaatkan khasiat marigold ini. Marigold mengandung anti-inflamasi yang sangat mumpuni meredakan nyeri dan mengobati radang sendi. Daun kering bersama bunganya dihaluskan, dicampur sedikit air panas, oleskan pada area yang kena radang sendi.

Nyeri karena asam urat juga bisa reda. Baik juga digunakan untuk sakit punggung.

5. Mengatasi nyeri haid

Marigold dapat membantu mengontrol produksi estrogen. Sistem reproduksi wanita bisa tetap terkontrol, Anda kaum wanita akan terbantu dari rasa nyeri yang menyakitkan saat menstruasi.

6. Menjaga kesehatan mata

Tumbuhan yang juga disebut tahi kotok ini mampu melawan beberapa mikroba penyebab masalah kesehatan seperti bakteri,virus serta jamur. Marigold ampuh menumpas perkembangan ketiga jenis mikroba tersebut. Kesehatan mata Anda bisa optimal, terhindar dari konjungtivitis (radang mata) dan infeksi mata.

Marigold adalah tumbuhan kaya karotenoid, senyawa penumpas radikal bebas. Karotenoid itu terdapat di dalam bunganya. Namanya lutein, zat pigmen pemberi warna kuning pada bunganya. Lutein inilah yang akan meningkatkan kesehatan mata Anda, termasuk efeknya yang mampu mencegah katarak.

7. Menyembuhkan infeksi vagina dan wasir

Vaginitis atau infeksi vagina adalah penyakit yang sangat membuat tidak nyaman. Anda mungkin harus menahan rasa nyeri yang menjengkelkan. Tidak mungkin menggaruk garuk area kewanitaan Anda di depan umum meski rasa gatal sedang menyerang.

Rebuslah kelopak bunga marigold secukupnya. Rebusan itu Anda masukkan ke dalam bak mandi dan campurkan air sampai suhu air rebusan berubah hangat.

Kemudian Anda berendam di dalamnya

Rendaman itu berkhasiat menyembuhkan infeksi vagina.

Anda sedang menderita karena wasir ?

Obati juga dengan cara ini.

8. Mengatasi kulit berminyak

Daun marigold dihaluskan. Itu biasa digunakan untuk mengobati luka. Bahkan bisa menyembuhkan borok.

Selain efektif juga mengatasi kulit berminyak Anda pun bisa mendapat manfaat lain karena ramuan ini juga membantu menghilangkan jerawat. Membuat kulit mulus, bersih dari noda noda kulit lainnya.

9. Mengobati flu

Herba marigold kering direndam dalam air panas tiga sampai lima menit. ramuan ini adalah obat yang baik untuk menyembuhkan flu. Dikonsumsi selagi hangat seduhan ini bisa mengurangi keluhan akibat radang pernafasan atas atau radang selaput hidung.

10. Mengobati cacingan

Di alam bebas marigold adalah tanaman yang mampu mengusir nematoda yang bersarang di akarnya.

Dalam pengobatan tradisional biasanya diolah dengan cara merebus 1 sdm herba kering marigold dengan secangkir air sampai mendidih. Menjelang diminum diberi madu sebagai pemanis. Ramuan ini ampuh membasmi cacing, terutama cacing ascaris atau cacing gelang dan oxiurus atau cacing kremi

Beberapa manfaat lain tanaman bunga marigold

Bunganya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk

Dalam dunia industri minyak marigold diolah menjadi wewangian atau parfum.

Tidak ada kontraindikasi penggunaannya kecuali pada orang yang memiliki kulit sensitif dan alergi pada marigold.

Getahnya tidak aman untuk kulit.

Marigold aman dikonsumsi asal masih dalam batas normal. Sampai sekarang belum ada informasi ilmiah yang memberi penjelasan apakah marigold aman sebagai obat jika penggunaannya berlebihan, demikian melansir RxList

Demikian tentang 10 manfaat bunga marigold untuk kesehatan ini, semoga dapat memberi faedah.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel