14 Manfaat Tumbuhan Rambusa Untuk Kesehatan

Rambusa adalah tumbuhan gulma yang berasal dari Amerika  Selatan.  Sejenis tanaman merambat yang memiliki bunga mirip bunga markisa. Buahnya yang mentah mengandung racun sianida tdan bisa  aman dimakan kalau benar benar sudah  matang. Rasanya cukup enak, mirip rasa buah markisa.

Tanaman ini tumbuh liar berbaur dengan di semak lainnya di pinggiran hutan.  Atau di padang rumput. Tunbuhan ini memiliki aroma kurang sedap,bahkan di mancanegara rambusa ini dikenal dengan nama stink passion flower yang artinya adalah bunga passion yang bau, walaupun aroma itu hanya berasal dari daunnya yang dilumat.

Meski bau rambusa memiliki kandungan gizi yang banyak memberi manfaat, terutama untuk kesehatan. Bisa mengatasi insomnia, mengontrol tekanan denyut jantung atau mengobati kulit yang luka bakar adalah beberapa di antaranya.

Tinggi kandungan vitamin C, rambusa juga mengandung zat besi, vitamin B6, magnesium, kalsium, lemak jenuh dan masih banyak kandungan lain di dalamnya yang sangat dibutuhkan manusia untuk membuat tubuh tetap terjaga sehat. 

Berikut adalah berbagai manfaat rambusa untuk kesehatan.

tumbuhan-rambusa

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Asam askorbat atau vitamin C adalah antioksidan yang banyak terkandung dalam rambusa, 30 mg per 100 gram. Berfungsi melawan partikel penyebab infeksi Serta melawan radikal bebas penyebab berbagai jenis kanker.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Kulit batangnya tinggi kandungan serat. Manfaatnya akan membantu sistem pencernaan. Rambusa akan melancarkan perjalanan makanan di usus besar. Semakin lengkap pula manfaat rambusa ini untuk sistem pencernaan karena tumbuhan itu juga mengandung vitamin B6 yang sangat bermnfaat untuk melindungi kesehatan dinding usus. 

3. Membantu mengontrol tekanan darah

Rambusa tinggi kalium, ini adalah makanan yang sangat efektif untuk melindungi tekanan darah. Kandungan potasium yang ada di dalam rambusa berguna mengatur keseimbangan elektrolit. Juga bermanfaat mengontrol fungsi otot otot jantung.

Kadar natrium, unsur yang sangat besar pengaruhnya dengan peningkatan tekanan darah, tersedia dalam jumlah yang sedikit di dalam rambusa.

4. Mencegah anemia

Zat besi di dalam rambusa adalah kandungan yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh Anda.

5. Menyehatkan ginjal

Selain bisa membantu mengontrol tekanan darah, kandungan kalium yang terdapat dalam rambusa memiliki peran penting untuk meningkatkan fungsi ginjal.

6. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Tumbuhan rambusa memiliki berbagai mineral penting yang berguna meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Beberapa mineral penting kandungan rambusa itu antara lain zat besi, tembaga, magnesium serta fosfor.

Semua mineral tadi sangat berkhasiat meningkatkan kepadatan tulang, menguatkannya, serta merangsang pembentukan tulang baru. 

Jadi selain menguatkan tulang dan gigi, rambusa juga berkhasiat mempercepat perbaikan tulang sehingga Anda bisa terhindar dari apa yang disebut sebagai osteoporosis.

7. Mengatasi insomnia

 Rutin mengkonsumsi jus buah rambusa sangat besar manfatnya. Bisa mencegah berbagai masalah penyebab insomnia seperti rasa gelisah, gugup dan kecemasan.

Rambusa mengandung satu senyawa yang bernama Harman yang memiliki sifat obat penenang.

8. Mencegah kanker

Antioksidannya dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan sel kanker. Untuk pencegahan kanker mulut dan paru paru rambusa juga memiliki Vitamin A, kandungan flavonoid dan senyawa fenolik.

9. Mengatasi insomnia

Rambusa memiliki kandungan yang berkhasiat sebagai obat penenang. Alkaloid pada rambusa dapat mengatasi keluhan pada orang yang sulit tidur, dilanda kecemasan dan gelisah.

10. Mengobati sariawan

Kandungannya yang tinggi senyawa asam askorbat atau vitamin C pada rambusa. Selain sebagai antiokdidan juga efektif mengobati sariawan.

11. Mengobati batuk

Daun tanaman ini dapat dimakan, salah satu pengunaannya untuk obat. Biasanya dengan cara diolah menjadi rebusan, diminum untuk obat batuk.

12. Membasmi cacing

Tanaman rambusa juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi cacing, efektif terutama untuk anak anak.

Seluruh bagian tanaman dalam keadaan segar direbus, airnya diminumkan pada anak untuk membasmi cacing nematoda usus dan cacing pipih.

13. Meningkatkan kesuburan pada wanita

Daun dan batangnya diperas, airnya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada wanita 

14.Menangkal racun karena gigitan ular

Pengolahannya bisa tanpa direbus dulu. Daunnya yang antimikroba ini dihaluskan dengan air dan air perasannya diminum untuk menangkal racun karena gigitan ular.

Efek samping rambusa

Rambusa dinyatakan aman, termasuk buat ibu hamil dan menyusui. Tapi seorang yang sedang menngunakan rambusa sebagai obat tidak boleh mengenderai kenderaan, terkait dengan efek tanaman ini ysng bisa membuat kantuk. 

Satu lagi yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi rambusa ini, jangan makan buahnya yang kurang matang apalagi mentah karena beracun.

Tetap berkonsultasi dengan ahli medis sebelum menggunakannya adalah langkah terbaik

Demikian ulasan tentang 14 manfaat rambusa untuk kesehatan ini, semoga bisa memberi manfaat dan terimakasih.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel