10 Manfaat Rumput Paragis Untuk Kesehatan

Tidak  diketahui secara spesipik  dari mana asal usul tumbuhan ini.  Sebagai  perkiraan  kasar saja diduga rumput paragis berasal dari benua Afrika serta Asia dan dinaturalisasi di benua Australia.

Terkenal sebagai tumbuhan invasif rumput paragis memiliki kemampuan luar biasa untuk tumbuh dan mudah berkembang biak pada kawasan yang beriklim apapun.

Meski lebih dianggap sebagai  gulma tanaman yang  juga bernama indian goosegrass ini juga memiliki manfaat kesehatan. Manfaatnya antara lain dapat membantu mengobati gangguan akibat batu ginjal serta menyembuhkan pneumonia dan asma.

Melansir dari PubMedCentral rumput paragis itu secara tradisional telah digunakan sebagai obat peluruh kencing, membasmi cacing, mengobati demam serta meredakan batuk.

Secara naluriah hewan hewan juga banyak yang sengaja mengkonsumsi rumput paragis. Anjing, kucing, ayam dan hewan lain sengaja memakan rumput paragis untuk menyembuhkan sistem pencernaan mereka yang sedang bermasalah.

Lebih lengkap tentang manfaat rumput paragis untuk kesehatan adalah seperti berikut di bawah ini

rumput-paragis

1. Membantu mengobati batu ginjal

Rumput paragis adalah anti-inflamasi dan antioksidan. 

Sangat baik digunakan untuk mengobati batu ginjal karena sifatnya yang juga memiliki efek diuretik yang sangat kuat. Khasiatnya bisa mengencerkan batu ginjal kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh bersama urin.

2. Mengobati luka

Daunnya yang anti-inflamasi itu bisa diolah dengan cara menghaluskannya, dibuat menjadi pasta.

Pasta itu adalah obat yang sangat manjur untuk mencegah pendarahan, membasmi parasit serta menyembuhkan kulit yang terluka. 

3. Mengatasi sembelit

Rumput paragis juga memiliki sifat pencahar yang bermanfaat mengatasi sembelit.

4. Mengobati pneumonia dan asma

Biasanya menggunakan akarnya, diolah menjadi teh.

5. Membantu meredakan darah tinggi

Mengkonsumsi teh akar rumput paragis juga berguna untuk meredakan tekanan darah tinggi, efek diuretiknya yang bekerja membuat sekujur tubuh mengeluarkan keringat, selain berguna mengeluarkan racun juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

6. Meredakan demam

Khasiat lain dari teh paragis adalah mengobati demam.

7. Membasmi cacing

Melansir ResearchGate antimikroba rumput paragis dipercaya bisa mengobati diare atau masalah sakit perut yang disebabkan oleh Escherichia coli, Salmonella typhi, Staphyllococcus aureus serta tanaman ini juga memiliki sifat anthelmintik, khususnya terhadap parasit Strongyloides stercoralis yaitu cacing gelang atau cacing tambang.

8. Mengobati disentri atau diare

Sifat antioksidan dan antimikroba rumput paragis  juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan disentri. Keampuhan rebusan akar yang antipiretik itu bisa mengobati disentri atau diare.

Akar sebanyak 200 gr yang sudah dibersihkan, direbus dengan 1 lt air dan airnya diminum 4 kali sehari.

9. Mengobati nyeri punggung dan keseleo

Daun rumput paragis yang dihaluskan kemudian dipanaskan dapat digunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan dislokasi tulang atau tulang yang keseleo. Digunakan dengan cara ditempelkan langsung  pada area tulang yang bermasalah.

Ramuan diganti setiap 4 jam.

10. Menyuburkan rambut membasmi ketombe

Haluskan atau cincang daun beserta batang rumput paragis, rendam dalam minyak kelapa selama 15 menit.

Ramuan ini oleskan pada kulit kepala selama 30 menit kemudian Anda keramas.

Efek samping

Rumput paragis mengandung sianogenik, ternak yang mengkonsumsinya dalam jumlah besar bisa mengalami kematian. Kandungan nitratnya yang tinggi juga memberi efek yang sama pada ternak.

Rumput paragis juga mengandung kumarin, maksudnya tanaman ini bisa mengencerkan darah.

Sebaiknya orang yang sedang menggunakan obat pengencer darah lebih ekstra hati hati saat menggunakan rumput paragis.

Semoga bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel