8 Manfaat Ylang Ylang Essential Oil, Menyehatkan Fisik Dan Mental

Pohon kenanga (cananga odorata) tanaman asli Asia Tenggara ini memiliki pertumbuhan cepat. Di alam bebas tumbuhan ini bisa tumbuh hingga 12 meter. Itu  sebabnya kenanga  yang ini tidak biasa ditanam di pekarangan.  Tetapi ada juga  cananga odorata atau kenanga yang tinggi pohonnya hanya bisa mencapai 3 meter. Kenanga ini yang biasa ditanam di  halaman rumah.  Dan  dari tanaman ini pulalah minyak ylang ylang essensil oil itu berasal.

Minyak essential oil ini umum digunakan sebagai wewangian. Baunya memang harum. Memberi efek menenangkan. Meningkatkan suasana hati pada orang yang menghirup aromanya. 

Selain meningkatkan suasana hati ternyata minyak ylang ylang juga memiliki sifat terapeutik yang berguna untuk seluruh tubuh. Contohnya, dengan cara penggunaan yang tepat minyak ylang ylang berkhasiat meningkatkan sistem peredaran darah. Meremajakan kulit dan rambut. Serta  meredakan bermacam gangguan yang sering dialami wanita pramenstruasi. Kita simak selengkapnya manfaat essential oil hasil ekstrak bunga kenanga ini untuk kesehatan fisik dan mental, di bawah ini.

Beberapa Manfaat Ylang Ylang Essential Oil

ylang-ylang-essetial-oil

1. Membuka pikiran positif

Menghirup aromanya bermanfaat mengurangi stres dan menghilangkan emosi negatif. Jika sebelumnya Anda sedang tenggelam dalam suasana kesedihan, aromaterarapinya akan mengubah hati Anda menjadi positif. Masukkan 2 sampai 5 tetes  minyak ylang ylang essential oil ke dalam wadah yang diisi sir panas. Tutup kepala dengan kain atau handuk dan hirup uapnya berkali sali sampai beberapa menit.

Potensi kreatif Anda akan timbul kembali, Anda akan kembali bekerja dengan kreatif. Tanpa stress. Tanpa rasa takut atau cemas. Bahkan penuh dengan rasa lega. Efek ansiolitik-nya akan mengontrol aliran adrenalin di tubuh Anda. Melemaskan sistem saraf sehingga nanti ketika tiba waktunya untuk istirahat, Anda pun akan menikmati tidur yang nyenyak.

2. Membantu mengurangi tekanan darah

Manfaatnya yang mampu memerangi depresi akan membuat dampak positif untuk mengurangi tekanan darah. Selain itu ylang ylang memilik efek hipotensi, yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah kejang

Masih terkait dengan efeknya yang  memerangi depresi, minyak ini juga akan memberi energi pada tubuh. Rasa lelah lesu akan hilang dibuatnya. Minyak ini juga akan melemaskan otot otot Anda, tentu saja itu akan membuat Anda terbebas dari kejang.

4. Menyehatkan rambut

Campurkan satu tetes saja minyak aromatik ini ke dalam shampo yang biasa Anda pakai. Shampo itu akan memiliki khasiat ekstra yang bisa melembabkan rambut kering yang ujungnya rapuh. Minyak ini adalah tonik yang baik untuk kulit kepala. Menggunakannya pada kulit kepala akan menambah kesehatan dan kekuatan rambut sehingga tidak mudah rontok.

5. Meredakan nyeri pramenstruasi

Campurkan 1 tetes minyak ylang ylang pada 1 sdm minyak biji anggur(grape seed oil).

Oleskan ramuan ini pada bagian bawah perut Anda, seminggu menjelang menstruasi.

6. Menyembuhkan luka menyehatkan kulit

Minyak ylang ylang  adalah antiseptik yang bisa menghambat pertumbuhan mikroba. Mendesinfeksi dan mensterilkan luka. Kulit akan terhindar dari infeksi akibat bakteri, virus maupun jamur sehingga proses sembuhnya luka bisa menjadi lebih cepat.

Gunakan 25 ml minyak kelapa sebagai minyak pembawa, masukkan 6 tetes minyak ylang ylang ke dalamnya, olesi kulit Anda dengan ramuan itu. Oleskan dahulu sebagai uji kecil pada kulit, selanjutnya jika tidak ada masalah Anda bisa melanjutkannya. Menerapkannya pada area kulit yang lebih luas.

Bisa juga sambil dipijat.

7. Mengobati eksim

Peradangan pada kulit yang rentan menimbulkan eksim juga bisa dicegah. Minyak ylang ylang berkhasiat menghambat terjadinya gatal, kulit kering, kulit yang kemerahan dan bersisik.

8. Sebagai afrodisiak

Tempat tidur pengantin baru biasa ditaburi bunga kenanga segar saat malam pertama pernikahan. Sebagai pengharum dan untuk mendapatkan efek afrodisiaknya. Minyak ini juga berkhasiat membangkitkan sensualitas pada wanita frigiditas dan membantu mengatasi impotensi pada pria.

Patut juga diingat bahwa minyak ini bukan seperti viagra yang efeknya instan. Anda harus menggunakannya 12 lebih awal untuk mendapatkan khasiatnya. Dioleskan pada daerah pubis. Jangan lupa diencerkan dahulu dengan minyak pembawa. Jangan pula dosisnya berlebihan karena hasil yang Anda peroleh bisa sebaliknya.

Gunakan juga beberapa tetes sebaga diffuser, semprotkan dalam ruangan untuk mendapatkan aroma afrodisiaknya. 

Efek samping dan kontraindikasi

Penggunaan dengan konsentrasi tinggi bisa membuat sakit kepala dan mual. Minyak essensial tidak boleh dioleskan langsung pada kulit. Harus diencerkan dengan minyak pembawa. Sebagai minyak pembawa  Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak wijen atau Anda bisa pilih yang lain.

Minyak essential oil ylang ylang bisa menurunkan tekanan darah sehingga tidak bagus untuk penderita tekanan darah rendah.

Penggunaannya juga tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui. Efek minyak ini juga akan terjadi pada bayi, sementara bunga kenanga dan olahannya bukanlah untuk bayi.

Ylang ylang beracun bagi kulit hewan peliharaan Anda.

Demikian ulasan tentang 8 manfaat ylang ylang essential oil, menyehatkan fisik dan mental ini.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel