10 Manfaat Daun Miana Untuk Kesehatan, Paling Istimewa Mengobati Asma

Miana adalah tanaman asli asal Afrika tropis. Ada juga yang dari Asia dan Australia. Species tumbuhan ini sangat banyak, lebih dari 150. rata rata tinggi tanamannya sekitar 100 meter. Daunnya oval, penuh bintik bintik dan tepinya bergerigi.

Tampilan daun sangat istimewa.  Warna daunnya  bervariasi. Penuh kombinasi warna. Penuh corak yang semuanya cantik cantik. 

Tidak ada satupun tanaman lain yang memiliki keindahan dan keistimewaan seperti miana ini. Selain indah tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berbagai manfaat itu bahkan sudah diketahui sejak zaman kuno. Umumnya menggunakan daun segarnya  yang masih muda. Salah satu cara penggunaannya adalah diolah untuk dikonsumsi sebagai minuman tonik. 

Miana juga bermanfaat untuk pengobatan jantung serta bisa menurunkan tekanan darah. Dari sekian banyak kandungan tanaman ini ada salah satu senyawa istimewa yang dimiliki oleh daun miana, bernama forskolin, yang diketahui sebagai senyawa yang bersifat antihipertensi. Baiklah kita simak apa saja manfaat daun miana seperti berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Daun Miana Untuk Kesehatan

daun-miana

1. Mengontrol tekanan darah

Forskolin adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam miana. Efeknya yang bisa mengendorkan otot yang tegang dan melebarkan pembuluh darah bisa membantu menurunkan tekanan darah karena jantung sudah tidak perlu lagi bekerja keras  memompa darah.

2. Mengobati asma

Masalah paling utama yang dialami oleh  para pengidap asma adalah peradangan yang terjadi pada saluran udara. 

Itu yang membuat sistem pernafasan jadi terganggu sehingga volume udara yang diserap di paru paru tidak pernah cukup.

Miana adalah obat alami yang  bisa melebarkan saluran nafas hingga penderita yang memiliki masalah pernafasan seperti  asma bisa tertolong, Efek antiinflamasi daun miana yang mengendurkan otot di saluran udara juga akan membantu kelancaran bernafas. 

Diketahui pula bahwa miana memiliki efek mengurangi produksi histamin. Histamin adalah senyawa yang bisa meningkatkan asma terutama untuk asma yang disebabkan alergi.

3. Meredakan batuk

Daun miana dapat mengeluarkan dahak yang bersarang di saluran pernafasan Anda.

Cobalah rebus daunnya,airnya yang Anda minum bisa bermanfaat untuk meredakan batuk.

4. Mencegah peradangan

Manfaat dan efek antiinflamasi daun miana tidak hanya sebatas untuk meringankan masalah peradangan pada pengidap asma.

Kulit Anda yang memar dan bengkak juga bisa diobati menggunakan daun miana. 

Anda juga bisa membuat pasta dari daun miana, untuk dioleskan pada area rematik maupun osteoartritis.

Khasiatnya ampuh, sejak zaman kuno miana ini  bahkan telah digunakan untuk mengatasi peradangan.

5. Mengobati bisul

Daun miana yang dibuat layu setelah dipanaskan di atas api kecil atau bara api adalah obat tradisional sudah digunakan semenjak dahulu untuk mengobati bisul.

6. Meredakan rasa nyeri

Sakit kepala dan sakit gigi adalah dua gangguan yang umum dialami setiap orang dan efek yang paling mengganggu dari dua penyakit tersebut adalah rasa nyeri. 

Juga peradangan menimbulkan rasa nyeri.

Gunakan daun miana ini untuk meredakan rasa nyeri tersebut agar ketenangan dan kenyamanan Anda tidak terganggu. 

Haluskan daun miana dan peras airnya, gunakan air itu untuk memijat bagian yang terasa nyeri karena sakit kepala Anda.

7. Mengurangi cairan berlebih dari dalam tubuh

Tidak ada cara lain untuk mengatasi cairan cairan berlebih di dalam tubuh selain harus dikeluarkan. Jika tidak cairan itu bisa menjadi racun yang berbahaya. Bisa menganggu organ organ tertentu hingga tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Satu hal yang membuat miana bisa mengeluarkan cairan itu adalah berkat sifatnya yang diuretik, setelah Anda mengkinsumsinya sebagai obat diuretik maka proses buang air kecil Anda akan menjadi lebih lancar.

8. Mencegah sembelit dan wasir

Daun miana sangat berguna meringankan kerja usus sehingga proses pembuangan kotoran bisa berlangsung lancar. Sembelit pun bisa dicegah. 

Wasir juga bisa dicegah.

Bahkan bagi Anda yang terlanjur mengidap wasir daun miana ini juga bisa digunakan untuk mengobatinya dengan cara minum rebusan daunnya.

9. Menurunkan suhu tubuh

Terutama bermanfaat untuk menyembuhkan demam. Meminum air rebusan daun miana sangat berguna untuk membantu menyembuhkan demam. Diminum malam hari menjelang tidur, biasanya besok pagi suhu tubuh kembali normal dan demam akan sembuh

10. Membantu menurunkan berat badan

Ketika proses buang air kecil Anda telah menjadi lebih lancar,  manfaat lain yang Anda dapatkan adalah penurunan berat badan karena proses metabolisme dalam tubuh telah menjadi lebih baik dan kesehatan Anda lebih terjaga. Proses buang air kecil telah lancar, sembelit juga dicegah.

Demikianlah pada gilirannya daun miana ini akan membantu menurunkan berat badan.

Demikian tentang 10 manfaat daun miana untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel