Manfaat Astragalus Untuk Kesehatan Yang Ribuan Tahun Telah Dipercaya

Astragalus adalah tumbuhan asal Asia, ditemukan tumbuh di Tiongkok dan wilayah Mongolia, Korea serta Siberia. Sangat dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Daya penyembuhannya sangat besar. Khasiatnya yang paling populer adalah meningkatkan pertahanan tubuh menghadapi penyakit. Sangat hebat kepercayaan pada tanaman ini terkait manfaatnya untuk kekebalan tubuh. Sampai sampai astragalus diberi julukan sebagai tanaman umur panjang. 

Mungkin julukan itulah yang membuat tanaman astragalus cepat menyebar karena telah banyak negara lain yang juga ikut membudidayakannya.Diketahui telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina semenjak berabad abad lalu.

Masa itu penggunaannya hanya terbatas di kalangan istana, orang biasa tidak punya hak bahkan konon yang melanggar bisa divonis mati. Kini penggunaan herbal itu telah menyebar seiring dengan berbagai penelitian yang dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut manfaat tumbuhan ini.

Bagian paling sering digunakan adalah akarnya. Selain meningkatkan kekebalan tubuh tanaman ini juga bisa melindungi organ hati manusia, dapat mencegah hipertensi serta bisa mengobati berbagai masalah kardiovaskular dan berbagai manfaat lainnya yang selanjutnya akan diulas berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Astragalus Untuk Kesehatan

astragalus

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Astragalus adalah herbal antivirus yang  bisa meningkatkan perlawanan tubuh pada ancaman berbagai jenis virus. Sangat bagus mencegah flu dan pilek, efeknya sangat kuat menjaga dan melindungi saluran udara. Flavonoid yang dikandungnya adalah antioksidan yang handal untuk menjaga tubuh sehingga bisa terhindar dari ancaman penyakit jantung dan stroke, paru paru, ginjal dan hati.

Efeknya juga mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dan beberapa penyakit degeneratif yang lain.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Antioksidannya bisa mencegah penumpukan plak lemak pada pembuluh arteri.

Antioksidan yang dimiliki astragalus bisa membuat otot otot tertentu pada jantung menjadi lebih kuat.

Efek penyembuhannya sangat membantu buat orang yang rentan terkena serangan jantung. Astragalus juga bisa meningkatkan sirkulasi darah, pembuluh darah dibuat menjadi lebih rileks. Kesehatan jantung Anda juga didukung oleh efek diuretiknya yang juga bermanfaat membantu mengurangi tekanan darah.

3. Mencegah kanker

Meski tidak memiliki efek nyata untuk mencegah kanker uterus atau kanker rahim penelitian telah membuktikan bahwa akar tumbuhan ini adalah obat tradisional alami yang ampuh untuk kanker paru paru.

Efeknya sebagai penambah tenaga untuk penderita kanker sangat berhasil membantu kelelahan, bahkan pada orang yang mengalami kanker lanjut sekalipun astragalus bisa membuat penderitanya merasa lebih bertenaga dan berenergi.

Satu lagi, akar astragalus juga terkenal bisa meminimalkan efek negatif yang umum dialami seusai menjalani perawatan kemoterapi dan radioterapi seperti rasa lelah, kulit yang bengkak atau melepuh, rambut rontok dan lain lain.

4. Meningkatkan kesehatan hati

Mengkonsumsi astragalus sangat bermanfaat meningkatkan fungsi hati. Bukan hanya bermanfaat sebagai pelindung hati astragalus bahkan dipercaya bisa mengobati hepatitis kronis.

5. Membantu menurunkan gula darah

Adapun peran astragalus untuk masalah gula darah adalah efeknya yang membuat kesehatan setiap sel dalam tubuh Anda menjadi lebih prima..

Sel sel yang sehat sangat besar pengaruhnya dalam proses metabolisma dalam tubuh dan salah satu dampak positif metabolisme yang baik adalah kadar gula darah berada dalam  keadaan terkontrol.

Di negeri Cina astralagus sangat umum digunakan untuk diabetes tipe II.

Manfaat lain astragalus

Meningkatkan nafsu makan

Mengatasi insomnia

Meningkatkan kesuburan pria

Mengurangi kolesterol tinggi

Mempercepat penyembuhan cedera

Sebagai adaptogen yang bisa mencegah dan meredakan stres

Cara mengkonsumsi dan efek samping

Secara tradisional menggunakan akar kering astragalus, diolah untuk menjadi teh.

Dari berbagai literatur jumlah akar astragalus yang aman dikonsumsi adalah 4- 8 gram setiap hari. Itu adalah dosis untuk orang dewasa dengan bobot 70 sampai 80 kg, jadi dosisnya sudah tentu berbeda sesuai berat tubuh masing masing.penggunanya.

Lebih dari 28 gram adalah overdosis yang fatal karena efek samping bisa segera dan langsung Anda alami. Gangguan pencernaan bisa terjadi seperti diare dan mual. Juga Anda akan menderita rasa gatal. pDan rinitis ?

Jangan mengkonsumsi akar astragalus terus menerus hingga tujuh hari apalagi lebih, boleh saja Anda melakukannya asal atas petunjuk dokter.

Astralagus sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh namun herbal ini tidak untuk penderita autoimun. Juga bukan untuk ibu hamil dan menyusui.

Demikian uraian tentang manfaat astragalus untuk kesehatan yang ribuan tahun telah dipercaya ini.

Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel