10 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bungur Untuk Kesehatan

Tumbuhan bungur (lagerstroemia speciosa) adalah tumbuhan asli Asia Selatan yang banyak  ditemui mulai dari  India, New Guinea hingga Australia. Tinggi pohonnya bisa mencapai 10 sampai 30 meter.

Di negeri kita pohon yang menyukai iklim lembab dan hangat ini memiliki bermacam nama seperti bungur kuwal, ketangi, wungu dan wungor.

Bungur juga banyak ditemui di pinggiran jalan raya, sengaja ditanam mungkin karena sebagai peneduh, bisa juga karena keindahan bunganya. Tanaman ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. 

Elagitanin adalah salah satu kandungan pada bungur yang membuat tanaman ini memiliki sifat penyembuhan. Aktivitas elagitanin ini antara lain mampu membasmi radikal bebas, memiliki sifat antikanker, anti-tumor serta anti-virus. Juga sebagai anti-diabetes dan anti-hipertensi. Di bawah ini adalah ulasan lebih jauh tentang manfaat dan khasiat tumbuhan ini untuk kesehatan.

Beberapa Manfaat Dan Khasiat Bungur Untuk Kesehatan

bungur

1. Mencegah dampak sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah sekelompok atau sekumpulan gejala penyakit yang sedang diderita tubuh. Belum diketahui penyebab spesifik sindrom metabolik ini, yang jelas jika kondisi ini berlangsung terus menerus maka yang terjadi adalah dampak buruk susulan, seperti aterosklerosis bahkan stroke. 

Ekstrak daun bungur bisa membantu Anda terhindar dari kedua dampak buruk itu karena efeknya yang bisa mencegah obesitas, tekanan darah tinggi dan juga diabetes, yang semua itu bisa terjadi karena tubuh Anda yang sedang mengalami sindrom metabolik tadi.

2. Mengobati infeksi saluran kemih

Daun bungur adalah obat herbal alami yang ampuh mengobati berbagai penyakit yang diakibatkan oleh infeksi saluran kemih. Ekstrak daun bungur dipercaya memiliki khasiat yang ampuh melarutkan batu ginjal, menyembuhkan anyang anyangan dan radang atau infeksi yang terjadi pada ginjal. 

Rajin mengkonsumsi ekstrak daun bungur juga sangat bermanfaat  mencegah bahkan mengobati hiperurisemia atau peningkatan kadar asam urat.

3. Mengontrol kadar gula darah

Elagitanin adalah salah satu senyawa yang terkandung di dalam daun bungur. Sifat senyawa itu sangat kuat melawan diabetes, efek dan cara kerjanya menyerap glukosa mirip dengan insulin yang dikenal memiliki kemampuan menghambat glukosa menyebar ke seluruh tubuh.

Daun bungur yang digunakan untuk mengontrol kadar gula darah adalah daun yang sudah tua, digabung dengan buahnya yang sudah matang.

4. Penangkal radikal bebas

Bunga tanaman bungur ini adalah penangkal alami radikal bebas penyebab peradangan. Berbagai gangguan kesehatan akibat peradangan juga bisa diredakan.

Salah satu contohnya adalah gangguan stomatis aphthous. Ini adalah penyakit yang terjadi di rongga mulut, yang membuat sisi lidah melepuh, meradang dan berwarna kemerahan. Hal yang sama juga terjadi pada dinding bagian dalam pipi.

Untuk mengobatinya Anda bisa menggunakan air rebusan akar atau buah bungur. 

Gunakan sebagai obat kumur, tiga kali sehari.

5. Membantu menurunkan berat badan

Menggunakan daunnya, bungur yang berkhasiat menyerap dan menghambat glukosa ini akan memberi manfaat lain, yaitu membantu menurunkan berat badan.

6. Menjaga kesehatan jantung

Tanaman bungur berkhasiat  mengontrol kadar kolesterol. Kadar trigliserida dalam tubuh Anda juga bisa tetap terkontrol sehingga kondisi jantung tetap terjaga. Aman dari kemungkinan pembuluh darah tegang atau kaku. Terhindar dari serangan jantung.

Karena ramuan yang terbuat dari daun kering tumbuhan ini juga berkhasiat menurunkan tekanan darah.

Rutin minum dua cangkir teh daun bungur setiap hari sangat berguna untuk meredakan tekanan darah.

Cara membuat teh bungur, tuangkan 2 gelas air mendidih ke dalam wadah yang berisi 2 sdt daun bungur kering, tutup dan biarkan selama 4 menit kemudian disaring. Menjelang diminum Anda bisa menambahkan lemon atau madu, jika suka.

7. Mencegah kanker

Daun tanaman ini mengandung asam askorbat.

Asam askorbat adalah senyawa yang sangat berguna karena khasiatnya sebagai antioksidan, yang bisa mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker hati dan kanker payudara.

Tumor ganas yang menyerang bagian bawah rahim atau yang biasa disebut kanker serviks itu juga akan dilawan oleh asam askorbat. Asam askorbat atau vitamin C ini juga bisa membantu mencegah kanker darah.

8. Mengobati demam

Daun atau bunga tumbuhan bungur juga dipercaya bisa menurunkan suhu tubuh sehingga sangat berguna untuk membantu mengobati demam.

9. Mengatasi sembelit

Rebusan daun bungur yang kaya serat ini juga memiliki efek pencahar. Daun bungur berkhasiat melunakkan tinja dan membuat proses buang air besar menjadi lancar.

10. Mengobati eksim

Biasanya menggunakan biji yang telah masak. Dihaluskan dengan cara ditumbuk, dicampur dan diaduk dengan minyak kelapa.

Ramuan ini dioleskan pada area eksim.

Cara penggunaan dan efek samping

Untuk dikonsumsi atau penggunaan internal biasanya diolah menjadi teh.

Hampir tidak ada efek samping bungur.

Namun penggunaan yang berlebihan dan terus menerus dapat mengakibatkan gagal jantung.

Juga bisa menimbulkan gangguan serius pada ginjal.

Karena efeknya yang menurunkan tekanan darah, bungur tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap darah rendah.

Disarankan jangan menggunakan bungur setidaknya dua minggu menjelang operasi.

Sekian tentang 10 manfaat dan khasiat tanaman bungur untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel