10 Manfaat Daun Ara Untuk Kesehatan

Jika kita bicara tentang pohon ara pasti yang akan terbayang di fikiran adalah buahnya. Karena memang buahnya itu yang terkenal. Bukan cuma sekarang, dari ribuan tahun lalu buah ini bahkan sudah dimakan oleh manusia. Itu yang membuat buah ara dikenal sebagai buah tertua di dunia. Kini buah ara lebih populer karena manfaatnya untuk kesehatan.

Tetapi sebenarnya daun ara juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungannya kaya akan berbagai vitamin dan mineral yaitu vitamin B1, B2, natrium, kalium, kalsium, zat besi dan fosfor juga serta klorin. Daun ara yang kaya berbagai vitamin dan mineral itulah yang membuatnya bermanfaat sebagai obat. 

Bisa menyembuhkan atau membantu mengobati beberapa penyakit. Daun ara adalah emolien yang berkhasiat melembutkan kulit.  Sifatnya yang pencahar sangat berguna untuk mengarasi sembelit. Daun ara juga dapat mengatasi masalah pernafasan. 

Coba kita simak lebih jauh tentang manfaat daun ara ini untuk kesehatan, berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Daun Ara Untuk Kesehatan

daun-ara

1. Menurunkan tekanan darah

Daun ara juga rendah natrium, tapi kaya kalium. Mengkonsumsi ramuan daun ara sangat berguna mencegah hipertensi

2. Mengurangi kadar trigliserida

Mengkonsumsi daun ara ini juga bisa membuat kadar trigliserida dalam tubuh Anda menurun. Jika tingkat kadar trigliserida yang berwujud lemak ini berkurang maka kemungkinan Anda mengalami serangan jantung juga semakin menipis.. 

Kenaikan berat badan juga bisa ditekan.

3. Menurunkan berat badan

Bukan hanya menekan naiknya bobot tubuh, secara langsung daun ara juga bisa menurunkan berat badan. Mengkonsumsi sedikit saja daun penuh gizi ini sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh Anda.

4. Mengobati bronkitis

Pengidap asma boleh mencoba keampuhan daun ara ini sebagai obat alternatif mengobati penyakitnya. 

Cobalah buat ramuannya dengan cara mendidihkan 500 ml air, masukkan dua atau tiga helai daun ara terus jangan lupa masukkan gula sedikit saja. Tunggu dan biarkan tetap mendidih selama 20 menit kemudian minum ramuan yang bermanfaat untuk mengobati bronkitis itu.

Orang yang mengalami penyempitan jalan nafas atau yang biasa disebut penyakit asma juga bisa memanfaatkan ramuan ini untuk membantu kelancaran bernafas.

5. Mencegah kanker usus besar

Daun ara kaya serat. 

Serat ini bisa membantu menghambat dampak radikal bebas berkat efeknya yang melancarkan kerja usus besar sehingga radikal bebas ikut terbuang saat buang air besar.

Mengunyah dua lembar daun ara setiap hari berkhasiat  mengobati borok perut.

Lakukan setiap pagi saat perut masih kosong, kunyah daunnya, telan semua airnya, telan juga daunnya.

6. Mencegah osteoporosis

Daun ara juga mengandung mineral mangan. It

Itu sebabnya daun ara sangat berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang.

7. Meredakan stress

Mineral magnesium adalah kandungan penting dalam daun ara berhubungan dengan efeknya yang mampu merangsang pembentukan hormon serotonin. Hormon ini adalah unsur pencipta suasana bahagia pada jiwa.

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Vitamin A-nya bersama vitamin C akan berperan sebagai antioksidan yang bekerja menjaga kesehatan kulit. 

Vitamin C juga akan memberi manfaat tambahan. Itu berkat efeknya yang merangsang pembentukan kolagen sehingga kulit bisa tetap sintal dan penampilannya menjadi awet muda.

9. Meningkatkan kesehatan mata

Ada manfaat lain vitamin A dalam daun ara ini. Selain meningkatkan kesehatan kulit juga bisa menjaga kesehatan mata. 

Vitamin A bisa mencegah kerusakan sel sel pada mata yang selanjutnya akan berguna mencegah terjadinya katarak.

10. Mencegah sembelit

Seperti buah ara, daun ara juga dapat meningkatkan sistem pencernaan dan meredakan sembelit. 

Jadi ada baiknya ketika pembuatan ramuan keduanya disertakan agar mendapat efek yang lebih bagus.

Manfaat dan cara membuat teh daun ara

- Masak dan didihkan 1 gelas  air, saat mendidih masukkan empat sampai lima lembar daun ara. Kecilkan api dengan kondisi air tetap mendidih, biarkan kondisi ini 15 menit lamanya. Angkat rebusan dan tutup selama 15 menit juga.

Saring dan minum air rebusan itu di pagi hari dalam keadaan perut kosong.

Ramuan ini Anda gunakan untuk menurunkan kadar diabetes,  mengurangi tingkat trigiserida Anda dan menurunkan tekanan darah.

Untuk masalah yang lebih ringan yang gangguan pernafasan sepert sakit tenggorokan, batuk atau pilek, ramuan dibuat dengan cara yang hampir sama. Yang membedakan adalah saat air sudah mendidih ramuan langsung diangkat dan ditutup cukup lima menit saja.

Demikian tentang 10 manfaat daun ara untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel