10 Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Bunga pisang yang biasa kita sebut jantung pisang itu terletak menggantung  di ujung tandan pisang. Jika dipandang sekilas bentuknya mirip kerucut yang terbalik, ujungnya berada di bawah. Ukuran jantung pisang paling besar bisa mencapai 30 sentimeter.Biasanya kita menemukan ukuran yang lebih kecil di pasar tradisional karena secara komersil lebih murah serta lebih terjamin kualitasnya karena masih muda sehingga lebih enak dimakan.

Jantung pisang memang bisa dimakan. Masyarakat kita sudah biasa mengkonsumsinya sebagai sayuran. Untuk ibu baru bersalin jantung pisang adalah makanan prioritas. karena manfaatnya yang bisa meningkatkan produksi air susu ibu.
Jantung pisang yang berwarna merah dan ungu gelap ini tidak beracun. Dapat dimakan bahkan oleh ibu yang sedang  hamil. Nilai gizinya tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Jantung pisang mengandung serat, juga kalium, tembaga, fosfor, zar besi dan magnesium.
Jantung pisang juga mengandung vitamin A dan C.

Ini Beberapa Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

jantung-pisang  

1. Menurunkan gula darah

Kaya akan serat dan zat besi jantung pisang sangat membantu untuk pembentukan dan penambahan sel darah merah dalam tubuh. Tentu saja penambahan sel darah merah akan membuat kadar gula darah jadi menurun. Kondisi ini sangat bermanfaat buat penderita diabetes.

Penderita diabetes sangat baik mengkonsumsi jantung pisang. Sangat berguna untuk mengontrol kadar gula darah. Terutama untuk penderita penyakit diabetes tipe 2.

Cara mengolahnya bisa dengan cara direbus dan meminum airnya. Bisa juga dimakan tanpa dimasak tapi mungkin Anda tidak akan suka dengan rasanya

2. Mencegah batu ginjal

Tinggi kadar kalium dan magnesium, jantung pisang juga bermanfaat mencegah terbentuknya batu ginjal. Bahkan  bisa menghambat kondisi yang lebih parah bagi Anda yang sudah mengidap batu ginjal. Karena efeknya yang bisa melarutkan batu ginjal. 

Rutin mengkonsumsi jantung pisang juga bermanfaat untuk mencegah peradangan pada ginjal.

3. Baik untuk wanita

Untuk wanita meyusui jantung pisang bisa meningkatkan produksi laktasi karena mengandung lactogogum yang berfungsi melancarkan ASI.

Produksi hormon progesteron dalam tubuh juga akan meningkat. Hormon ini berkhasiat mencegah pendarahan berlebihan pada wanita menstruasi. 

Manfaat lainnya, kandungannya yang kaya serat akan berguna untuk mencegah sembelit selama masa kehamilan.

Jantung pisang juga akan membuat kesehatan rahim tetap terjaga.

4. Membantu menurunkan berat badan

Rasa kenyang akan berlangsung lebih lama begitu Anda makan jantung pisang. Itu berkat kandungan seratnya yang tinggi.  Jantung pisang juga rendah kalori, yaitu 40 kalori dalam 100 gram Begitu juga dengan protein dan karbohidrat. Tidak sampai 5 gram dalam 100 gram jantung pisang.

5. Mencegah hipertensi menyehatkan jantung

Kaya akan kalium, jantung pisang bermanfaat untuk memperlebar pembuluh darah. Aliran darah menjadi lancar. Kondisi itu penting untuk kesehatan jantung.

Jantung tetap sehat karena organ ini tidak perlu lagi bekerja keras memompa darah.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Jantung pisang berkhasiat mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi. Antioksidannya akan melawan radikal bebas pada sel dermis sehingga kulit Anda tetap sintal, tidak kendor.

7. Mengatasi asam lambung

Jantung pisang adalah makanan yang bersifat alkali, yang memiliki efek menetralkan asam lambung dan sangat baik untuk orang yang memiliki sistem pencernaan yang buruk, seperti mulas dan sakit perut.

Jantung pisang juga bermanfaat sebagai pencahar karena bisa efeknya yang meningkatkan kerja usus. Memiliki serat larut dan tidak larut, kedua jenis serat ini  akan membantu kelancaran makanan melewati saluran pencernaan.

8. Meningkatkan suasana hati

Jantung pisang adalah antidepresan alami yang aman tanpa efek samping. Magnesium yang ada dalam jantung pisang bisa meningkatkan suasana hati. 

Rasa gelisah dan kecemasan akan berkurang.

9. Menguatkan tulang

Kalium yang terdapat pada jantung pisang sangat berkhasiat untuk menguatkan tulang.

10. Mencegah gangguan syaraf

Mengkonsumsi jantung pisang secara teratur juga berguna untuk mencegah penyakit Parkinson dan Alzheimer. Jantung pisang akan memerang radikal bebas penyebab kedua penyakit tersebut.

Cara mengolah jantung pisang

Bisa dimakan mentah, tentu saja setelah lebih dulu dibersihkan. Sebaiknya olesi dulu telapak tangan sebelum Anda memotongnya. Agar tangan Anda terhindar dari nodanya. Juga talenan pun diolesi minyak.

 Pertama-tama potong tangkainya.Buang lapisan luar jantung pisang, juga semua bakal buah pisang yang terselip di setiap lapisan.

Jika ingin memasaknya Anda bisa merebusnya. Jantung pisang juga biasa dikukus. Direbus atau dikukus jantung pisang sangat cepat matang. Rasanya tidak seperti buah pisang.

Rasa jantung pisang pahit.

Untuk menetralisir rasa pahit Anda bisa merendamnya selama setengah jam dalam air dicampur perasan jeruk lemon. Lalu bilas dengan air dingin.

Efek samping

Hampir tidak ada efek samping jantung pisang. Juga tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa jantung pisang beracun  Kalaupun ada kemungkinan Anda bisa mengalami kembung, kram atau tinja menjadi lunak, tapi itu jarang terjadi.

Sampai di sini ulasan tentang 10 manfaat jantung pisang dan cara mengolahnya ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel