7 Manfaat Rosehip Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Rosehip adalah buah yang berasal dari sejenis mawar liar. Buah itu adalah buah semu yang memiliki khasiat obat. Sifat penyembuhannya antara lain sebagai pencahar, diuretik dan astringent. 

Rosehip juga dikenal sebagai sumber nutrisi yang manfaatnya bisa meningkatkan fungsi tubuh seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor dan kalium. Berbagai vitamin juga dimiliki rosehip seperti vitamin A, C, E dan vitamin K.

Rosehip telah digunakan di Cina semenjak berabad abad yang lalu.

Beberapa Manfaat Rosehip Untuk Kesehatan

rosehip  

1. Membantu menurunkan berat badan
Rosehip mengandung antioksidan trilyroside yang memiliki efek mempercepat metabolisma lemak dalam tubuh.
2. Membuang kelebihan cairan dari dalam tubuh
Orang yang tubuhnya menyimpan kelebihan cairan sangat bagus mengkonsumsi rosehip.
Rosehip yang bersifat diuretik ini mampu merangsang pembuangan cairan dari dalam tubuh
3. Meningkatkan kesehatan jantung
Vitamin C dalam rosehip akan membantu kesehatan jantung, kandungan flavonoid di dalamnya juga memberi manfaat penting berkaitan dengan efeknya yang dapat menurunkan tekanan darah.
4. Mencegah penuaan dini
Lagi lagi berkat vitamin C yang berlimpah di dalam rosehip. Vitamin C bisa meningkatkan sintesis kolagen. Kandungan lain rosehip yaitu karotenid astaxanthin bermanfaat mencegah kerusakan kolagen.
5. Mencegah peradangan
Rosehip bisa mengurangi nyeri sendi yang kerap terjadi pada pengidap osteoporosis. Sifat anti-inflamasinya kuat, berkat dua kandungan rosehip yaitu polifenol dan antosianin.
Konon rosehip ini pun bisa membantu mengurangi nyeri karena rheumatoid arthritis meski kebenarannya belum dapat dibuktikan.
Rosehip bisa melindungi setiap sel kulit dari dampak buruk sinar matahari sehingga kulit tetap kencang dan awet muda.
6. Menjaga kesehatan kulit
Rosehip adalah obat alami yang mampu meningkatkan sintesis kolagen.
Kolagen adalah sejenis protein dalam tubuh yang bertugas menjaga kesehatan kulit.
Bagusnya lagi rosehip juga mengandung karotenoid astaxanthin yang di dalam tubuh bekerja menjaga kolagen agar  tidak rusak. Kerusakan kulit akibat faktor luar, contohnya akibat sinar matahari, bisa dicegah oleh rosehip, terutama berkat tersedianya kandungan vitamin A dan likopen di dalam buah rosehip ini.
7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Rosehip memiliki sifat tonik, sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang kelelahan. Orang yang kelelahan rentan kena penyakit karena imunitasnya sedang tidak prima. Mudah terkena flu atau pilek.
Rosehip kaya akan bahan untuk kekebalan tubuh. Salah satu bahan itu adalah vitamin C, manfaatnya sangat penting merangsang terbentuknya sel sel darah putih yang berguna mencegah berbagai penyakit.
Patut diketahui bahwa vitamin C yang terdapat pada rosehip tergolong tinggi dibanding semua tanaman, baik tanaman buah maupun sayuran. Dalam 100 gr ekstrak kering rosehip terdapat 1700 sampai 2000 mg vitamin C.
Selain vitamin C, pada rosehip masih ada dua jenis vitamin lain yang fungsinya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu vitamin A dan E.
Cara membuat teh rosehip
Buah rosehip aman dikonsumsi, bisa dimakan mentah, tanpa mengikutsertakan bulunya.
Namun untuk mendapatkan beberapa manfaatnya seperti yang diuraikan di atas cara pengolahannya umumnya dibuat menjadi teh.
Rebus segelas air
Ketika air sudah mulai bergelembung masukkan 2 sdt herba kering rosehip
Matikan api, tutup selama 10 menit.
Saat suhunya mulai turun agak dingin airnya disaring
Teh rosehip siap diminum tiga kali sehari, diberi pemanis jika suka, silahkan dipilih madu atau gula merah.
Teh rosehip aromatik, selain efeknya sebagai minuman tonik rasanya juga nikmat.
Satu lagi cara pengolahannya, Anda juga bisa menggunakan herba segar tumbuhan ini untuk dibuat teh, 1/4 cangkir herba segar rosehip disiram dengan segelas air mendidih, ditunggu selama 15 hingga 20 menit sebelum dikonsumsi.(Catatan : sebenarnya ini cara pengolahan yang sangat merepotkan karena Anda harus membuang semua rambut atau bulu kulit buahnya terlebih dahulu. Bulu itu sangat merugikan saluran pencernaan Anda jika tertelan, percayalah kerugian itu tidak boleh dianggap sepele).

Efek samping rosehip

Umumnya aman.

Kalaupun ada biasanya akibat pemakaian dosis tinggi. Mual, mulas dan diare hingga tubuh terasa lemah bisa terjadi. 

Efek samping lain adalah kram perut dan sakit kepala.

Berhubung penelitian tentang keamanan rosehip belum banyak sebaiknya ibu hamil dan anak anak jangan mengkonsumsi rosehip.

Demikian tentang 7 manfaat rosehip dan cara pengolahannya ini.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel