10 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan

Buah pir termasuk sebagai salah satu buah tertua di dunia. Keberadaan buah ini diketahui sudah ada di negeri Tiongkok semenjak 2000 SM. Berbagai sumber juga mengungkapkan bahwa buah ini sudah dikenal sejak zaman prasejarah.

Pir adalah buah manis penuh serat. Kaya serat, yang sangat membantu untuk mencegah sembelit. Nilai kalorinya rendah, yaitu 50 kalori setiap 100 gram, namun penuh nutrisi yang sangat berguna buat tubuh.

Pir memiliki berbagai vitamin, seperti vitamin B, vitamin C dan vitamin K. Buah tanaman tropis ini juga mengandung karotenoid flavonoid dan anthocyanin yang dapat berfungsi sebagai anrioksidan di dalam tubuh.

Mengkonsumsi pir juga bisa mengurangi kemungkinan Anda mengidap kanker. Anda juga aman dari resiko diabetes atau penyakit jantung. Lebih lengkapnya di bawah ini ada sedikit ulasan tentang berbagai manfaat buah pir ini.

Beberapa Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan

buah-pir

1. Menjaga kekebalan tubuh

Vitamin C yang dimiliki pir akan meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit pilek dan flu. Sebuah studi mengungkapkan bahwa serat juga punya peranan penting dalam hal peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Bagusnya buah ini kaya serat, baik serat larut maupun tidak larut.

2. Mencegah kanker

Aktivitas antioksidan buah pir tinggi untuk mencegah kanker. Flavonoid dan vitamin C sebagai antioksidan akan membantu melawan radikal bebas penyebab kanker sehingga orang yang rutin mengkonsumsi buah ini kecil kemungkinanannya terkena kanker. 

Berbagai jenis kanker yang bisa dicegah antara lain kanker payudara, prostat, kanker pada kerongkongan dan paru paru. 

Buah pir juga mengandung asam hidroksisinamin, berguna mencegah kanker lambung.

3. Membantu menurunkan diabetes

Memiliki sedikit gula alami, buah pir adalah buah dengan indeks glikemik rendah, aman untuk penderita diabetes. Bukan hanya sekedar aman, serat pektin yang terdapat pada buah pir akan bekerja melepaskan gula darah tahap demi tahap, tidak sekaligus, tidak tiba tiba. 

Jadi gula darah tidak akan naik. Itu yang membuat pir berguna mencegah diabetes.

4. Membantu menjaga kesehatan jantung

Pir dapat mengurangi kadar kolesterol, itu akan membantu menjaga kerja jantung tidak terganggu.

5. Menjaga kesehatan usus

Serat larut buah pir yang disebut pektin itu selain dapat mengurangi kadar kolesterol juga dan penyerapan glukosa. Juga berkhasiat mencegah kanker yang menyerang usus atau biasa disebut kanker kolorektal. 

Serat tidak larutnya akan membantu menyempurnakan kerja sistem pencernaan, usus akan bekwrja lebih teratur, kandungan airnya yang tinggi bisa struktur tinja menjadi lebih lembut yang efeknya sembelit atau wasir bisa dicegah. 

6. Membantu menurunkan berat badan

Cepat merasa kenyang adalah salah satu efek makan buah pir. Itu akan mengurangi niat untuk makan terlalu banyak.

Makan buah pir setengah jam sebelum makan adalah satu langkah yang sangat membantu untuk keberasilan menurunkan berat badan.

7. Meredakan rasa nyeri

Nutrisi pada buah ini ada yang memiliki efek anti-inflamasi, yaitu flavonoid yang punya peranan penting melawan peradangan.

 Itu sebabnya buah ini berkhasiat mengurangi rasa sakit. 

Terutama yang diakibatkan oleh asam urat dan radang sendi. 

Makanlah buah ini berikut kulitnya. Bagian paling luar itu mengandung antioksidan polifenol enam kali lebih banyak dari dagingnya,lebih penting lagi adalah senyawa antioksidan yang terdapat pada kulit itu, yang sangat berkhasiat untuk mencegah peradangan, yaitu quercetin.

8. Melindungi kulit dan rambut

Penuaan dini bisa dicegah. Juga kerutan dan bintik bintik hitam di kulit. 

Ada kandungan karoten dalam buah pir yang akan bekerja mencegah itu semua.

9. Mencegah osteoporosis

Orang yang merasa sedang bermasalah dengan kekuatan tulang sebaiknya rutin mengkonsumsi pir untuk menguatkan tulang mereka.

Pir mengandung berbagai mineral penting yang sangat berfaedah meningkatkan kesehatan tulang.

Mineral magnesium, mangan, fosfor, kalsium dan tembaga tersedia lengkap dalam buah ini. 

10. Meningkatkan kesehatan ibu hamil

Folat adalah kelompik vitamin B yang tersedia alami dalam tumbuhan, termasuk dalam buah pir. Terkenal kegunaannya untuk ibu hamil dan calon bayinya, terutama dalam hal pencegahan cacat lahir.

Pir kaya kandungan asam folat, jadi baik sekali jika seorang ibu hamil rutin mengkonsumsi buah ini.

Minimal satu buah pir per hari.

Pir adalah buah penuh manfaat, mudah dicerna dan bagus dikonsumsi oleh segala usia. Sepuluh persen dari kebutuhan tubuh akan serat bisa dicukupi oleh buah pir.

Hanya kandungan fruktosa yang tinggi itu yang harus jadi perhatian buat penderita diabetes.

Jadi penderita diabetes sebaiknya makan buah pir secukupnya saja.

Demikian 10 manfaat buah pir untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel