10 Manfaat Tanaman Chicory Untuk Meningkatkan Kesehatan Anda

Tanaman chicory atau cicichorum intybus yang tingginya bisa mencapai 1 meter ini memiliki bunga bunga yang bermacam warna. Paling sering warnanya biru, namun kadang warna berbeda juga ada, seperti putih atau merah muda.  Chicory ini adalah sayuran bergizi, yang dapat dimakan, baik  dimakan  mentah maupun dimasak. 

Meski rasanya pahit chicory memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Itu sudah diketahui sejak zaman Mesir Kuno. Orang Romawi dan Yunani biasa mengkonsumsi chicory karena manfaatnya yang  bisa  meningkatkan  fungsi organ tubuh.  Kandungan di dalamnya seperti fosfor, zat besi dan sejumlah mineral memang sangat berguna buat tubuh.  Tumbuhan asal Eropa ini juga mengandung beta-karoten sehingga orang yang rutin mengkonsumsinya bisa terbantu agar terhindar dari sakit jantung maupun kanker. 

Manfaat lainnya dari beta-karoten tersebut masih ada, seperti meningkatkan kualitas mata atau penglihatan, kulit, rambut dan tulang serta bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa Manfaat Chicory Untuk Kesehatan

tanaman-chicory

1. Mengatasi stres

Memiliki efek penenang chicory dapat digunakan untuk mengatasi stres beserta menghilangkan gangguan susulan yang terjadi akibat stres seperti susah tidur.

2. Mengatasi berbagai masalah kulit

Chicory bisa membantu mengatasi berbagai masalah terjadi pada luka kulit termasuk luka bakar. Juga jerawat atau eksim. Menghaluskan chicory dan membuatnya menjadi pasta adalah cara umum yang biasa dilakukan,untuk dioleskan pada kulit yang mengalami gangguan. 

Bukan hanya untuk kulit yang luka dan eksim, chicory yang memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba ini juga ampuh menghilangkan kutil serta peradangan pada kulit kepala.

Tumbuhan ini juga bisa meningkatkan kelembaban kulit dan menekan kelebihan sebum yang bisa menjadi penyebab timbulya komedo maupun jerawat itu.

Secara umum chicory adalah antioksidan yang dapat menjaga tingkat kesehatan kulit agar terhindar dari dampak radikal bebas penyebab kerusakan pada DNA sel yang bisa menimbulkan penuaan dini.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Ada zat penting yang terkandung dalam chicory yaitu inulin yang berguna untuk meningkatkan sistem pencernaan. Mengkonsumsi daun chicory baik mentah ataupun dimasak sangat baik untuk merangsang tubuh meningkatkan produksi jus lambung. Chicory dengan sfat pencaharnya itu juga akan mendukung fungsi usus hingga bisa bekerja lebih baik.

4. Meningkatkan kerja sistem peredaran darah

Efek inulin tadi juga bermanfaat mengurangi tekanan darah.

Chicory bisa mengurangi kadar kolesterol, itu sangat berguna sebab pembuluh darah yang tegang akibat penumpukan plak bisa dihindari. 

Chicory yang dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh ini juga bisa meredakan rasa sakit di dada yang terjadi karena penyempitan pembuluh arteri.

5. Mencegah kanker

Inulin juga berkhasiat mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan pada saluran pencernaan sehingga kemungkinan terjadinya kanker usus besar bisa dihindari.

6. Melindungi hati

Chicory juga baik untuk melindungi fungsi hati. 

Chicory bisa pekerja sebagai pembersih untuk membuang kelebihan lemak pada hati, menjaganya tetap sehat sehingga Anda tidak mengalami kegagalan fungsi hati.

7. Mengobati demam

Chicory yang antipiretik alami ini berkhasiat menyembuhkan demam.

8. Menyembuhkan diare

Chicory dapat menghambat perkembangan beberapa bakteri seperti Escherichia, Staphylicocci dan Salmonella.

9. Mencegah nyeri otot

Anti-inflamasi pada chicory sangat berfaedah menghilangkan nyeri otot dan sendi

10. Menurunkan berat badan

Jumlah kalorinya diketahui sangat rendah, hanya 23 kalori per 100 gram chicory.  

Namun dukungan gizi yang tinggi pada chicory akan tetap membuat Anda cepat merasa kenyang begitu Anda mengkonsumsinya.Kandungan seratnya juga akan menjamin kelancaran buang air besar Anda.

Cara menggunakan chicory

Selain dibuat menjadi pasta chiciory juga bisa direbus, airnya digunakan sebagai obat luar untuk mengobati berbagai masalah kulit.

Cara lain adalah 2 sdm akar chicory disiram dengan 1 liter air yang baru mendidih, dibiarkan beberapa menit. Airnya untuk diminum, bisa beberapa kali sehari, setiap minum satu gelas. Manfaatnya untuk mendetoksifikasi tubuh.

Perlu juga diketahui selain bermanfat  chicory juga memeliki batasan batasan tertentu dalam penggunaannya. Berbagai literatur menyebutkan bahwa chicory tidak baik digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Pengidap hipoglikemia atau gula darah rendah juga tidak  disarankan, terkait dengan efek chicory yang bisa menurunkan kadar gula darah. Sudah pasti orang yang alergi chicory juga harus menghindari penggunaan tanaman ini.

Demikianlah 10 manfaat chicory untuk meningkatkan kesehatan Anda ini, semoga bermanfaat. 

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel