11 Manfaat Kacang Ercis Untuk Kesehatan

Tumbuhan kacang ercis adalah sayuran yang sudah ada sejak zaman kuno. Telah dimakan orang sejak abad 18. Masyarakat  Turki, Yordania serta Suriah yang pertama membudidayakan tanaman yang sekeluarga dengan buncis dan kedelai ini. Nama ilmiahnya pisum sativum. Kacang  ercis ini  dikonsumsi dalam bentuk bermacam hidangan. Rasanya enak dan manis. Lebih manis dibanding kacang polong lain yang sejenis.Ketika masih muda kacang ercis dianggap sayuran. Saat itu kacang ercis dimakan utuh biji bersama polongnya. Ketika sudah tua, yang dimakan adalah bijinya yang dirontokkan. 

Kacang ercis juga bisa memberi banyak manfaat di bidang kesehatan. Kandungannya terdiri dari beberapa vitamin dan beberapa mineral. Kalorinya yang rendah membuat kacang ercis ini bisa dimakan oleh setiap orang, tanpa memandang usia.

Beberapa Manfaat Kacang Ercis Untuk Kesehatan

kaang-ercis

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kecambah kacang polong mengandung antioksidan khusus yang dapat menghentikan perkembangan bakteri penyebab sakit maag. Tapi yang faktor utama yang membuat kacang ercis dapat meningkatkan kekebalan adalah kandungannya yang kaya vitamin C. 

2. Mencegah obesitas

Kandungannya juga tinggi protein. Empat kali lipat dibanding kandungan wortel. Orang yang sedang berusaha mengontrol berat badan membutuhkan protein untuk memperlambat kerja sistem pencernaan. Perlambatan itu bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Rasa kenyang akan membuat Anda tidak makan berlebihan. 

Efek positifnya obesitas bisa dicegah.

3. Mengontrol gula darah

Bukan cuma pencegahan obesitas yang Anda peroleh dari kacang ercis ini. Protein dan kandungan seratnya juga berkhasiat menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

4.Meningkatkan energi

Anda tidak akan ingin makan berlebihan setelah mengkonsumsi kacang ercis ini. Tapi bukan berarti Anda akan kekurangan energi. Zat besi tersedia berlimpah dalam kacang ercis, itu dapat menambah tingkat energi Anda.

Anda tidak akan mudah lelah.

5. Melindungi kesehatan jantung

Ada berbagai mineral yang manfaatnya bisa membuat jantung menjadi lebih sehat. Contohnya magnesium, potasium dan kalsium.

Bagusnya ketiga mineral itu tersedia dalam kacang ercis ini sehingga makan kacang ercis sangat berguna meningkatkan kesehatan jantung.

Masih ada kandungan lain kacang ercis yang punya peran meningkatkan kesehatan jantung, yaitu serat.

Serat ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit jantung. 

Kacang ercis juga sumber lycopene yang di dalam tubuh akan berfungsi sebagai antioksidan yang efeknya sangat kuat mencegah kerusakan sel sel jantung.

6. Mencegah anemia

Kacang ercis adalah sumber zat besi. Mengkonsumsi kacang ini bisa membuat tubuh Anda mampu memproduksi sel darah merah.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Lutein adalah salah satu kandungan kacang ercis. Lutein diketahui bisa mencegah katarak. Bermanfaat juga mencegah degerasi makula.

Orang berusia lanjut perlu mengkonsumsi makanan yang kaya lutein ini untuk menghindari penurunan kualitas penglihatannya. Dukungan vitamin A, salah satu kandungan kacang ercis juga, bermanfaat mempertahankan penglihatan tetap jernih

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Lima puluh persen dari kebutuhan harian Anda akan vitamin C bisa dicukupi oleh kacang ercis. Vitamin C ini sangat penting untuk merangsang produksi kolagen. 

Seperti kita ketahui kolagen itu adalah protein yang membuat kulit senantiasa kencang dan elastis.

Rebus kacang ercis kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Jika Anda rutin mengoleskan pasta itu pada tubuh, itu akan membuat Anda memiliki kulit bercahaya, bebas kendur dan tidak ada kerutan.

9. Mencegah sembelit

Makanan yang kaya serat bermanfaat meningkatkan proses metabolisme. Metaboisme yang baik sangat mendukung kerja sistem pencernaan.

Rutin makan kacang ercis bisa membuat Anda tidak mengalami sembelit.

10. Menguatkan otot

Tanaman dengan kandungan protein tinggi seperti kacang ercis ini sangat besar manfaatnya dalam hal pembentukan otot. Delapan asam amino esensial yang paling dibutuhkan tersedia dalam kacang ercis. Namun karena salah satu asam amino itu, yaitu metionin,kadarnya sangat rendah maka untuk mendapatkan hasil yang bagus Anda disarankan mengkonsumsi kacang ercis ini dicampur dengan nasi.

11. Membantu mencegah depresi

Vitamin C dalam kacang ercis bisa meningkatkan suasana hati berkat kemampuannya yang bisa meningkatkan produksi triptofan.

Triptofan adalah senyawa yang bekerja untuk menghasilkan serotonin, hormon yang bisa membuat rasa bahagia.

Demikian 11 manfaat kacang ercis untuk kesehatan ini.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel