6 Manfaat Kapulaga Hitam Untuk Kesehatan, Semuanya Penting

Kapulaga hijau sudah lama terkenal. Begitu terkenalnya  kapulaga hijau itu sampai rempah itu dijuluki sebagai ratu rempah-rempah. 

Beda dengan kapulaga hitam yang memiliki rasa dan aroma berbeda. Yang ukurannya juga lebih besar serta kulitnya pun lebih tebal. Keduanya memang sama sama digunakan untuk masakan, namun dengan satu perbedaan, yaitu kapulaga hitam juga digunakan dalam dunia industri kesehatan.

Minyak kapulaga hitam berkhasiat sebagai aromaterapi dan bermanfaat mengobati penyakit tertentu, yang sebagian dari manfaat tersebut akan diuraikan di bawah ini.

Beberapa Manfaat Kapulaga Hitam Untuk Kesehatan

kapulaga-hitam 

1. Mencegah penyakit kronis 

Penyakit lumrah menimpa manusia. 

Namun adakalanya seseorang tidak menyadari bahwa tubuhnya telah mengidap penyakit. Karena dampaknya tidak atau belum ada. 

Kehidupan masih berjalan normal dan aktifitas sehari hari masih bisa dilakukan tanpa masalah. Hingga tiba waktunya untuk menyadari, ternyata dirinya mengidap penyakit yang berbahaya. Yang bisa merenggut nyawa bahkan.

Penyakit seperti itu, yang umumnya dikenal sebagai penyakit kronis bisa terjadi berupa penyakit jantung, kanker, asma, rheumatoid artritis.

Kalau bisa satupun dari beberapa penyakit di atas jangan terjadi. Dan bagusnya kapulaga hitam disebut bermanfaat mencegah itu terjadi. 

Kapulaga hitam mengandung senyawa volatil yang dikenal bisa mencegah stres oksidatif dan bisa mencegah terjadinya penyakit kronis.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Sangat besar manfaat kapulaga hitam untuk meningkatkan sistem pencernaan. Itu karena efek rempah ini yang bisa mengontrol kadar asam dalam perut selalu berada dalam jumlah yang tepat. 

Efek itulah yang membuat sistem pencernaan Anda selalu dalam keadaan kondusif. Tidak akan mengalami mulas.

Anda bisa aman dari gangguan pencernaan dan terhindar dari sakit maag. Juga Anda bisa lebih tentram sebab masalah gas dan kembung tidak akan terjadi.

Begitulah manfaat kapulaga hitam yang bisa meningkatkan nafsu makan dan mencegah sembelit ini untuk saluran pencernaan.

3. Mengatasi bau mulut dan gangguan kesehatan lain pada mulut

Biji dan buah kapulaga hitam adalah antioksidan dan anti-inflamasi yang  berkhasiat meningkatkan kesehatan mulut. 

Dapat membantu menumpas bakteri di mulut, dan bisa meningkatkan kesehatan gigi sehingga tidak mudah rusak.
Orang yang rajin mengkonsumsi kapulaga hitam juga akan memiliki otot gusi yang lebih kuat, yang sangat berguna untuk mencegah gusi berdarah. Ada lagi manfaat lain jika Anda rutin mengkonsumsi kapulaga hitam yang antibakteri ini. 

Yaitu aroma tidak sedap yang keluar dari mulut Anda akan langsung sirna. Segera.

Kunyah kunyahlah kapulaga hitam agar bakteri yang bersarang di lidah dan gusi bisa disingkirkan, bakteri itu adalah penyebab bau mulut.

4. Mengatasi stres

Minyak hasil ekstrak kapulaga hitam adalah obat yang bisa digunakan sebagai obat penenang. Minyak essensial kapulaga hitam bisa meningkatkan suasana hati Anda. Sangat berguna mengurangi tingkat stres saat Anda sedang depresi.

Minum segelas teh kapulaga hitam berkhasiat meredakan stres. 

Minyak kapulaga hitam juga bersifat anestesi, bisa digunakan sebagai obat penenang. 

Meredakan stres sekaligus menghilangkan rasa lelah.

5. Mengatasi masalah pernafasan

Makhluk hidup perlu dan harus bernafas. Termasuk manusia. 

Namun adakalanya gangguan pernafasan datang menimpa. Influensa yang  bisa menyebabkan gangguan pernafasan mungkin bisa dengan mudah diatasi. 

Tetapi apa yang bisa dilakukan jika penyebab gangguannya adalah masalah serius seperti asma, batuk rejan, brokitis atau penyakit tuberclosis ?

Salah satu solusinya adalah menggunakan kapulaga hitam.

Dengan cara minum beberapa bagian minyak kapulaga hitam dicampur madu.

Kapulaga hitam bisa membuat saluran pernafasan menjadi hangat, itu akan melancarkan sirkulasi udara melewati paru paru.
Sifat ekspektoran kapulaga hitam akan menipiskan selaput lendir dan menormalkan alirannya sehingga kondisi batuk dan sakit tenggorokan Anda yang mengganggu pernafasan jadi berkurang.

Hingga masalah pernafasan Anda bisa teratasi.

6. Menjaga kesehatan ginjal

Kapulaga hitam adalah obat diuretik alami yang bisa menjaga seluran kemih agar tetap sehat. 

Rempah ini bisa membantu pembuangan racun dan cairan berbahaya dari dalam tubuh. Cukup dengan mengunyah bijinya setiap hari, menelannya bersama air minum, maka usaha Anda untuk membuat kesehatan ginjal tetap sehat akan terbantu.

Efek samping

Penggunaan yang berlebihan bisa membuat efek samping.

Demikian 6 manfaat kapulaga hitam untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel