6 Manfaat Verbena Si Tanaman Kurang Populer Untuk Kesehatan

Verbena atau vervain adalah tanaman hias yang indah dan mengharumkan. Sekaligus tanaman obat yang punya julukan sebagai tumbuhan serbaguna. Kurang populer di negara kita meski negara negara lain telah menggunaan verbena ini  sejak dulu. 

Nama latin tumbuhan liar yang tumbuh di lahan lahan yang tidak diolah ini verbena officinaliis L dan salah satu manfaat utamanya untuk kesehatan adalah kemampuannya menghilangkan stres.Tapi bukan cuma untuk mengatasi stres, sesuai dengan julukannya sebagai tanaman serbaguna herba verbena juga berguna untuk membuat kulit Anda kembali bersinar. Jika Anda memiliki bau mulut yang tidak sedap, verbena bisa mengatasinya.

Aroma bunganya luar biasa, bunga verbena adalah bahan baku yang sangat penting dalam dunia kosmetik, krim, lotion dan minyak esensial verbena banyak beredar di pasaran. 

Dalam pengobatan tradisional bunga itu dibuat teh. Khasiatnya, termasuk seperti yang sudah di sebut di atas tadi serta beberapa lainnya seperti berikut  di bawah ini.

Beberapa Manfaat Verbena Untuk Kesehatan

verbena

1. Meredakan nyeri dan peradangan

Memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi verbena mampu membuat Anda pulih dari sakit kepala. Rebusan daun verbena bisa digunakan untuk menyembuhkan luka termasuk luka bakar.

Rebus daun dan bunganya sampa airnyai mendidih. Angkat dan tunggu sampai suhunya berubah hangat. Celupkan kain bersih ke dalamnya dan taruh kain yang sedang hangat itu ke bagian tubuh Anda yang sedang mengalami peradangan

2. Mengatasi masalah pencernaan

Bunga verbena juga ampuh mengobati diare, sakit maag dan berbagai gangguan lain pada sistem pencernaan.

Bunga verbena yang memiliki sifat antispasmodik ini bisa membuat otot polos di saluran pencernaan seperti lambung dan usus tetap optimal dan terhindar dari kram.

3. Mengobati konjungtivitis

Konjungtivitis atau mata merah, yang merahnya dominam meliputi bagian putih bola mata. Penyakit yang disebabkan oleh alergi atau mikroba ini adalah penyakit menular, jika Anda mengidap penyakit ini maka saat Anda mengobatinya maka saat itu pula Anda sedang berusaha mencegah orang lain tertular.

2 gram daun verbena dicuci bersih disiram dengan air mendidih, ditunggu sekitar seperempat jam. Setelah airnya disaring gunakan air itu untuk mencuci mata.

4. Mendetoksifikasi tubuh

Detoksifikasi adalah upaya untuk membuang segala zat  berbahaya yang terdapat dalam tubuh. 

Sesungguhnya tubuh kita sudah memiliki organ tertentu untuk melakukan upaya itu dan orang yang sehat bisa bersyukur karena organ organitu bekerja optimal.

Tapi adakalanya seseorang memiiki masala tertentu hingga harus melakukan upaya tambahan untuk detosifikasi.

Verbena adalah bahan herbal yang sangat baik untuk mendetoksifikasi tubuh. Fungsi hati dibuat tetap terjaga prima dengan tugasnya yang menyaring kotoran dari darah dan membuangnya ke luar dari tubuh bersama urin.

5. Mengatasi kecemasan

Saat Anda sadari ternyata akhir akhir ini Anda mudah marah, gampang tersinggung atau khawatir tanpa alasan atau memang ada alasannya tapi jumlahnya berjibun maka patutlah Anda segera memaklumi bahwa stress sedang menimpa diri Anda. 

Itu perlu segera diatasi, jika tidak tugas Adan rutinitas Anda bisa terganggu karena tidak fokus.

Anda perlu menghubungi dokter psikologis.

Tetapi tidak ada salahnya mempertimbangkan tumbuhan verbena ini mengingat manfaatnya yang bisa mengatasi kecemasan. Bahkan mengatasi kecemasan adalah manfaat utama verbena ini.

Glikosida fenilpropanoid adalah zat yang memiliki sifat neuroprotekrif, demikian menurut ilmu kesehatan. 

Verbena mengandung zat tersebut dan itu yang membuat ini menjadi sangat populer sebagai obat alami untuk meredakan stres. 

Tidak ada lagi kelelahan syaraf. 

Anda bisa memanfaatkan minyak atsiri verbena ini sebagai aromatising. Bisa dicampurkan dengan air yang akan digunakan untuk mandi berendam.

Minyak atsiri verbena pun bisa untuk mengurut  bagian bagian tubuh untuk menghilangkan kecemasan.

Mengkonsumsi daunnya untuk penggunaan internal, masukkan 50 gram daun verbena ke dalam 1 liter air yang baru mendidih, tutup selama 10 menit baru saring.

Minum airnya, bisa beberapa kali sehari, itu adalah ramuan yang bagus untuk mengatasi insomnia tetapi harus diingat ramuan ini jangan digunakan jika Anda sedang menggunakan obat medis antidepresan.

6. Menambah berat badan

Setiap individu punya hak untuk menentukan berapa kilogram berat badannya. Tetapi teman terdekat Anda juga punya kewajiban untuk menegur Anda karena sudah terlihat terlalu kurus, sangat tipis katanya. 

Katanya pula Anda perlu makan lebih banyak, yang kaya nutrisi.

Tapi bagaimana bisa makan banyak kalau selera atau keinginan makan tidak ada ?

Ingatlah verbena officinalis ini.

Verbena bisa membantu Anda, minumlah teh verbena, itu adalah stimulant nafsu makan.

Itulah beberapa manfaat verbena untuk kesehatan ini yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Patut diketahui bahwa tanaman verbena ada berbagai jenis. Diantaranya ada verbena biru (verbena hastata), ada juga verbena putih(verbena urticifolia).

Khasiat keduanya hampir sama dengan verbena officinalis yang sedang kita bicarakan ini.

Tapi tidak semua tanaman ini bisa digunakan dengan cara yang sama.

Satu hal lagi, verbena ini tidak boleh digunakan dalam dosis tinggi oleh wanita hamil.

Demikianlah 6 manfaat verbena si tanaman kurang populer untuk kesehatan ini.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel