6 Manfaat Witch Hazel Untuk Kesehatan Termasuk Kulit

Witch hazel adalah tanaman semak asli dari benua Amerika. Bak tanaman hias  tampilannya cukup indah. Tingginya cuma dua meter.Ada juga yang sampai 6 atau 7 meter tapi itu agak jarang. Kayunya digunakan untuk bahan membuat busur panah karena fleksibel dan tidak heran kalau masyarakat adat di sana sangat akrab dengan witch hazel ini.

Penduduk asli Amerika itu juga sudah terbiasa menggunakan tanaman ini sebagai obat.Mereka merebus dan minum airnya untuk mengobati tumor.Batangnya untuk penggunaan eksternal mengatasi peradangan. Di kemudian hari  diketahui bahwa witch hazel memang memiliki zat tanin yang jenisnya spedifik, namanya hamamelitanin yang memiliki efek sitoksik atau kemampuan merusak sel kanker khususnya terhadap sel kanker usus besar. Orang New England yang berada di Amerika Serikat-lah yang menyelidiki seluk beluk tanaman ini dan membuatnya menjadi terkenal sebagai obat yang handal. Tanaman ini mereka budayakan, terutama di wilayah Virginia. Mungkin inilah yang membuat nama ilmiah witch hazel sebagai hamamelis virgiana. 

Setiap bagian tanaman ini dapat berguna sebagai obat berkat kandungan taninnya itu. Tanin dapat membuat pengendapan protein yang membuat lapisan kulit menjadi lebih aman. Menurunkan pembentukan cairan inflamasi pada pembuluh darah yang efeknya bisa sebagai anti-inflamasi. Menguatkan jaringan yang bisa membuat kulit mampu menahan perkembangan bakteri.

Dalam pengobatan tradisional tumbuhan ini digunakan untuk mengobati berbagai luka pada kulit, pilek, demam, radang mata dan untuk mengobati beberapa jenis tumor. Baiklah kita simak lebih lanjut tentang manfaat witch hazel untuk kesehatan termasuk kulit seperti berikut di bawah ini.

Manfaat witch hazel untuk kesehatan termasuk kulit

wittch-hazel

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan flavonoid dan tanin bisa membuat kekebalan tubuh lebih meningkat. Kedua kandungan witch hazel itu akan membuat tubuh lebih kuat melawan bibit penyakit.

2. Mengatasi peradangan

Peradangan adalah bentuk reaksi tubuh akibat adanya gangguan yang membuat cedera atau infeksi.

Witch hazel mampu meredakan peradangan. Senyawa tanin dan asam galat adalah dua kandungan yang kuat melawan peradangan itu.

Jandungan antioksidannya juga dapat membantu mencegah agar peradangan tidak meluas.

3. Mengobati jerawat

Sebagai astringen alami, menyempitkan pori pori kulit adalah manfaat utama witch hazel untuk kulit.  Satu lagi efek witch hazel yang tidak kalah penting menenangkan kulit. 

Anti-inflamasinya selain melawan radikal bebas penyebab penuaan, juga bermanfaat mencegah jerawat dan itu semua berkat efek tanin yang dapat menghilangkan minyak dari kulit.

Flavonoid dibantu senyawa lain dalam witch hazel bisa membantu mengurangi kemerahan.

4. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Witch hazel bisa mengurangi ketombe dan garal gatal pada kulit kepala. Kemampuannya yang dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah juga sangat berguna untuk kulit kepala. 

Pertumbuhan rambut menjadi sehat, lebih indah dan makin berkilau.

5. Meningkatkan sirkulasi darah dan mengibati varises

Ramuan yang terbuat dari witch hazel bisa diokah untuk mengatasi penyakut yang ada hubungannya dengan masalah sirkulasi darah.

Air rebusan witch hazel adalah tonik yang baik untuk pembuluh vena. Sangat berguna untuk mengatasi varises. Juga untuk flebitis?

Ramuan witch hazel juga ampuh mengatasi kaki lelah.

6. Mengobati wasir

Wasir terjadi akibat adanya pembengkakan pembuluh darah di rektum dan anus. Sensasi yang timbul akibat wasir ini adalah rasa nyeri yang bukan main diiringi rasa gatal yang menyiksa.

Witch hazel memiliki sifat hemostatik. Atau anti-hemoragik, yang secara sederhana dapat diartikan bahwa tanaman ini bisa menghentikan pendarahan.

Anda bisa mengoleskan pasta witch hazel langsung ke area yang sakit untuk mengobati wasir.

Atau menggunakan cara berikut, tiga sendok teh daun kering witch hazel direbus dengan 1,5 liter air. Kemudian disaring, ketika suhunya sudah turun air rebusan bisa dimasukkan ke dalam baskom atau wadah lain yang memungkinkan Anda bisa mandi sitz di dalamnya.

Mandi sitz atau rendam duduk adalah merendam hanya bagian tertentu saja dari tubuh Anda di dalam air, dalam hal ini Anda hanya merendam bagian anus Anda dengan air rebusan tadi untuk mengobati wasir itu.

Cara mengolah witch hazel, efek samping dan kontraindikasi

Untuk dikonsumsi bahan bahan terbaik yang digunakan adalah herba keringnya. Tanaman segarnya bisa membuat alergi meski hanya pada sebagian orang.

Penggunaan internal umumnya diminum, 1 sdt kulitnya diseduh dengan secangkir air mendidih, didiamkan sepuluh menit baru disaring. Diminum dua atau tiga kali sehari.

Pengunaan internal ini penting untuk mengatasi sirkulasi darah yang buruk. 

Pemakaian eksternal untuk mengobati kulit luka atau memar ataupun wasir seperti tadi disebut di atas. bisa menggunakan salep witch hazel. Salep witch hazel banyak dijual di apotik. 

Salep ini juga bisa dioleskan, digunakan untuk memijat kaki lelah. Juga untuk kaki yang mati rasa.

Kemungkinan efek samping yang timbul akibat penggunaan witch hazel yang berlebihan bisa menimbulkan  air liur berlebihan. Mual dan muntah. 

Juga gangguan lain pada sistem pencernaan sehingga bisa mengakibatkan iritasi lambung serta sembelit. 

Jadi orang yang punya masalah dengan sistem pencernaan seperti maag dan gastritis sebaiknya tidak mengkonsumsi tanaman ini.

Witch hazel juga dapat membuat kerusakan pada hati dan ginjal, untuk menghindarinya gunakan witch hazel dengan dosis yang tepat. Untuk itu Anda bisa minta saran ahli medis.

Tanaman ini diketahui tidak memiliki kontraindikasi.

Namun apapun keperluannya witch hazel tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Demi keamanan si bayi.

Demikian 6 manfaat witch hazel untuk kesehatan termasuk kulit ini, semoga berfaedah.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel