8 Manfaat Maca Untuk Kesehatan, Tidak Sekedar Meningkatkan Libido

Maca atau lepidium meyenii adalah tanaman yang tumbuh di suatu tempat terpencil di Junin, Peru. Wilayah itu adalah bagian dari pegunungan Andes. Orang di sana menjuluki tanaman ini sebagai 'makanan untuk otak,' Itu mungkin ada kaitannya dengan manfaat maca ini yang bisa meningkatkan konsentrasi berfikir dan daya ingat.

Selain aman dimakan maca memang bermanfaat sebagai obat. Sesuai dengan julukannya, meningkatkan daya ingat adalah satu manfaatnya. Namun paling terkenal adalah meningkatkan libido pada pria maupun wanita, yang tentu saja penggunaan ini hanya untuk kaum dewasa.

Tetapi maca juga berguna untuk anak anak. Di sana di tempat asalnya, para orang tua memberi maca sebagai obat untuk anak anak. Kaum remaja juga menggunakannya, contohnya untuk mengobati jerawat. 

Fisik orang lanjut usia warga sekitar di sana juga tetap prima, aktif, mental tetap fokus, stamina kuat dan berenergi. Mereka tidak hidup renta, meski bahkan telah berusia sembilan puluh tahun. Berkat maca ? Mereka berkata begitu !

Ini Beberapa Manfaat Maca Untuk Kesehatan

maca

1. Meningkatkan energi

Orang orang Junin itu telah biasa menggunakan maca secara tradisional. Maca membuat mereka tetap penuh stamina, penuh semangat.

Akar maca yang rasanya sedikit pedas dan bentuknya seperti lobak ini adalah suplemen abadi buat mereka. Setiap hari mereka mengkonsumsi tanaman ini.

2. Meningkatkan kekuatan tulang

Sebagian besar orang lanjut usia di Junin  hidup dengan tubuh yang terjamin kesehatannya. Tulang dan otot mereka kuat, fisiknya masih sanggup beraktifitas dengan normal, tidak mengidap osteoporosis.

Kendala usia lanjut ditanggulangi dengan cara rutin minum teh maca setiap pagi.

Atau sarapan dengan makanan yang di dalamnya terdapat maca.

3. Mencegah depresi

Kesehatan mental yang tidak seimbang bisa menimbulkan depresi.

Maca si 'makanan untuk otak' ini sudah terkenal memiliki manfaat untuk kesehatan mental, baik untuk pria maupun wanita.

4. Mencegah penyakit tiroid

Penyakit tiroid terjadi akibat kelenjar tiroid yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga metabolisme tubuh pun terganggu dan menimbulkan berbagai penyakit atau masalah kesehatan seperti kelelahan, kehilangan kesuburan, otot kaku, penyakit gondok dan intoleransi terhadap suhu rendah.

Study menunjukkan bahwa maca bisa menormalkan fungsi tiroid dan membuat metabolisma tubuh kembali pulih.

5. Meningkatkan kesuburan

Sayuran akar maca ini telah lama digunakan setidaknya oleh penduduk lokal sebagai obat alami untuk meningkatkan kesuburan. Bagi pria maca akan meningkatkan jumlah sperma sekaligus meningkatkan fungsinya.

Pada wanita maca memberi manfaat penting tambahan, yaitu meningkatkan daya hidup embrio dan  mengoptimalkan fungsi rahim. 

6. Meningkatkan gairah dan fungsi seksual

Satu penelitian mengungkapkan bahwa rutin  mengkonsumsi maca dapat meningkatkan libido. 

Macamide adalah senyawa dalam maca yang berperan penting dalam hal meningkatkan libido, senyawa ini bekerja pada hipotalamus, yaitu bagian di otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi dan reproduksi. Macamide juga akan meningkatkan aliran darah di daerah panggul yang salah satu efeknya bisa meningkatkan fungsi seksual.

Biasa menggunakan bubuknya, maca dipercaya bisa memberi bantuan kebahagian dalam kehidupan suami istri.

7. Menyehatkan dan melindungi kulit

Maca tumbuh di dataran tinggi. di pegunungan Andes. Wilayah itu adalah area yang tinggi radiasi sinar matahari dengan ultravioletnya.

Maca bisa meningkatkan perlindungan kulit dengan efeknya meningkatkan ketebalan epidermis. Penduduk asli selalu menggunakan maca untuk kesehatan kulit dan selama ini mereka tidak memiliki masalah apapun terkait sengatan matahari.

8. Meningkatkan stamina

Dulu suku Inca sebelum berangkat menuju medan perang selalu mengkonsumsi maca terlebih dulu. Maca itu akan bekerja meningkatkan kekuatan otot dan stamina. Mereka akan tampil perkasa mengalahkan lawan.

Uji klinis telah mengungkapkan bahwa maca sesungguhnya memiliki kemampuan meningkatkan stamina dan daya tahan. 

Performa yang bagus memang memerlukan stamina dan daya tahan tinggi. 

Untuk memenangkan sebuah peperangan.

Cara mengolah maca

Sebelumnya perlu diketahui bahwa tanaman maca memiliki 3 jenis dengan masing masing jenis punya khasiat berbeda.

Maca warna kuning khasiatnya meningkatkan energi dan konsentrasi.serta menyeimbangkan hormon. adapun yang berwarna merah, selain penyeimbang hormon tanaman ini juga bisa meningkatkan kesehatan tulang. Jenis terakhir warnanya hitam, paling cocok untuk pria. Manfaatnya bisa membuat otot jadi lebih kuat, daya tahan meningkat termasuk daya tahan seksual.

Mengkonsumsi maca diyakini aman walau dengan dosis besar.

Secara tradisional maca dimakan setelah lebih dulu dimasak, bisa dengan cara direbus. Atau dibakar.

Satu hal yang harus diingat adalah, jangan makan maca mentah.

Maca yang belum dimasak mengandung senyawa goitrogen. Senyawa itu bisa menggangu fungsi tiroid.

Goitrogen juga bisa membuat penyakit jantung bertambah parah. Meskipun tubuh Anda sehat tidak mengidap sakit jantung hindarilah makan maca mentan agar Anda tidak mengalami gangguan usus.

Demikian 8 manfaat maca untuk kesehatan, tidak sekedar meningkatkan libido ini.

Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel