9 Manfaat Minyak Nilam Untuk Kesehatan

Nilam adalah herba semak asal Asia Tenggara yang pohonnya paling tinggi cuma 1 meter.Tumbuh dengan baik pada daerah beriklim tropis meski tidak begitu kuat menghadapi terpaan  sinar matahari langsung dan terus menerus.Bunganya adalah bahan untuk pembuatan minyak essensial, yang memiliki sifat terapi juga penyembuhan. Di Eropa tumbuhan nilam ini terutama digunakan di bidang kosmetik. 

Bunganya juga bisa diolah sebagai bahan pewarna. Dalam pengobatan tradisional bunganya juga bisa digunakan untuk membuat teh. Daun nilam sangat hijau dan penuh dengan khasiat. 

Khasiat pertama yang bisa diperoleh adalah detoksifikasinya pada tubuh Anda. Racun yang mungkin terkumpul di tubuh akan keluar melalui urin. Termasuk tumpukan lemak, akan terbantu pengeluarannya. Masih banyak manfaat lain dari tanaman nilam yang biasanya digunakan dalam bentuk minyak atsiri itu. Di bawah ini adalah uraian uraian lebih lanjut tentang manfaat minyak nilam itu.

Beberapa Manfaat Minyak Nilam Untuk Kesehatan

minyak-nilam

1. Meningkatkan penampilan kulit

Memanfaatkan sifat nilam yang astringen yang berguna untuk meningkatkan kualitas kulit yang kendor atau lembek. 

Itu pula yang menjadi sebab tanaman ini bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka.

Luka yang bisa diobati bukan cuma luka berdarah. Masalah lain pada kulit yang bisa menimbulkan luka seperti kulit yang retak retak juga bisa disembuhkan menggunakan tanaman nilam.

Tanaman ini juga bisa membantu mencegah infeksi pada bisul, mengobati masalah kulit lain seperi eksim, jerawat, dermatitis dan mikosis.

Nilam memang berkhasiat memperbaiki jaringan sel kulit. Gosokkan dua atau tiga tetes minyak nilam di kedua telapak tangan Anda kemudian terapkan pada area luka untuk mempercepat penyembuhannya.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Memperbaiki jaringan sel sel kulit akan mendorong terbentuknya sel sel baru. Tentu saja ini akan mendorong pembentukan sel sel darah merah. Sirkulasi darah pun meningkat jadinya.

3. Mengeluarkan kelebihan cairan

Cairan yang berlebihan dari dalam tubuh bukan hanya menimbulkan kenaikan berat badan. Minyak atsiri nilam yang bisa meningkatkan frekwensi buang air kecil ini selain bisa membantu menurunkan berat badan juga bermanfaat menurunkan tekanan darah Anda. Kadar kolesterol pun bisa terkontrol. 

4. Mengobati sakit kepala

Minum rebusan yang terbuat dari tanaman ini juga ampuh mengobati sakit kepala. Anda hanya perlu merebusnya selama sepuluh menit, tunggu sebentar dan matikan apinya baru tutup dan biarkan sepuluh menit lagi, baru diminum dua sampai tiga gelas setiap hari, sampai sembuh.

Cara lain, menggunakan beberapa tetes minyak nilam di taruh di telapak tangan, hirup aromanya dalam-dalam.

5. Menghilangkan bau badan

Minyak nilam yang dicampur dengan minyak kelapa bisa Anda gunakan untuk membantu mengurangi bau badan tidak sedap.

6. Membasmi serangga

Campurkan beberapa tetes minyak nilam ke dalam air untuk mencuci pakaian, itu akan menambah tingkat kebersihan pakaian.

Sprei yang sudah direndam dalam air dicampur tetesan minyak nilam juga akan membuat nyamuk menjauh dari tempat tidur ketika sprei itu digunakan. Sprei yang kini telah beraroma menyenangkan itu akan membuat serangga lain termasuk kutu busuk takkan bersarang di sana.

Bahkan seluruh ruangan kamar tidur Anda bisa bebas dari nyamuk jika Anda membakar beberapa tetes minyak nilam di dalam kamar sebelum tidur.

7. Meredakan depresi

Menghirup aroma minyak nilam dapat memperbaiki sistem saraf. Efeknya akan merangsang hormon serotonin dan dopamin. Keduanya itu adalah hormon yang menimbulkan rasa senang. 

Suasana hati menjadi meningkat dan depresi yang mungkin sedang Anda alami akan berganti menjadi rasa nyaman. Hidup Anda yang sedang sentimental, penuh kesedihan dan cemas bisa berubah menjadi suasana penuh relaksasi.

8. Mengatasi disfungsi ereksi

Minyak essensial nilam adalah minyak yang juga berguna meningkatkan libido. Sebagai afrodisiak minyak nilam bisa mengatasi masalah ejakulasi prematur dan impotensi seksual.

9. Sebagai astringen

Minyak nilam memiliki zat tertentu yang bisa mencegah pelonggaran otot dan kulit.

Dengan kata lain minyak nilam dapat mengencangkan jaringan otot. Dampak positifnya, antara lain gigi tidak mudah tanggal. Karena pegangan otot gusi yang tetap prima. Rambut pun tetap tumbuh kokoh tidak gampang rontok.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan minyak nilam :

Tidak berlebihan menggunakanya.

Sebelum penggunaan lebih lanjut, setetes minyak nilam perlu Anda terapkan lebih dahulu pada bagian lengan bawah Anda. Untuk melihat dan mengetahui apakah Anda alergi pada minyak nilam atau tidak. Apakah pemakaiannya bisa diteruskan atau stop jika ternyata Anda alergi.

Untuk penggunaan internal, mengkonsumsi rebusan daunnya umpamanya, baik sekali jika Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Demikian tentang 9 manfaat minyak nilam untuk kesehatan ini.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel