8 Manfaat Bunga Daisy Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daisy hanyalah bunga liar. Tapi daisy adalah bunga yang bisa  memberi banyak keuntungan pada manusia.  Keuntungannya bukan karena penampakannya yang indah dan menyebarkan aroma sehingga bisa meningkatkan suasana hati Anda ketika memandangnya. Bukan sekadar itu. 

Bukan juga  karena ini bunga yang aman dan bisa dikonsumsi untuk mendapatkan bermacam gizi yang terkandung di dalamnya. Tetapi keuntungannya yang  paling utama adalah, hampir setiap bagian dari tanaman bunga ini bisa digunakan sebagai obat. 

Contohnya sebagai detoksifikasi atau pemurni darah. Daisy bisa membuat perut Anda menjadi bersih. Hati dan usus juga menjadi lebih sehat. Tumbuhan ini pun memiliki efek sebagai anti tumor. Untuk gangguan kesehatan yang ringan seperti pilek dan luka luar Anda bisa mengandalkan bunga ini, khasiatnya bisa dijamin. Dibawah ini adalah ulasan lebih jauh tentang manfaat bunga daisy ini untuk kesehatan dan kecantikan.

8 Manfaat Bunga Daisy Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  bunga-daisy

1. Mengatasi berbagai masalah kulit

Bukanlah suatu hal yang berlebihan jika daisy bisa dianggap sebagai salah satu obat herbal terbaik untuk masalah kulit, Khasiatnya untuk kulit memang beragam. Mulai dari pemulihan masalah pigmentasi, yaltu perubahan warna kulit karena produk melanin di dalam kulit yang berlebihan. 

Bintik bintik gelap di kulit perlahan dibuat sirna. Daisy juga bisa mengganti kolagen yang hilang akibat pengaruh sinar ultaviolet. Mengkonsumsi bunga daisy bisa membuat kulit Anda tidak akan mengalami kerutan, tidak akan kendur. 

Pengelupasan kulit juga dapat diatasi. 

Anda bisa menggunakan bunga ini untuk perbaikan kulit, terserah 

Anda memiliki kulit jenis apapun, bahkan jenis kulit sensitif juga bisa. 

Sangat pantas jika Anda mengandalkan bunga daisy sebagai obat untuk antipenuaan.

2. Mengobati luka di kulit

Mengoleskan bunga daisy yang sudah dihaluskan bisa mengobati luka karena bunga ini memiliki zat antibakteri. Tdak sekedar mempercepat penyembuhan, rasa nyeri yang terjadi  juga bisa diredakan, karena ramuan yang Anda gunakan pada luka Anda tadi juga memiliki efek pereda nyeri.

Sebagai tambahan efek pereda nyeri yang dimiliki bunga daisy itu  bahkan sudah terkenal sejak dahulu.

3. Mengobati gangguan pernafasan dan tenggorokan

Anti-inflamasi dan sifat ekspektoran yang terdapat pada bunga daisy dapat membantu kelancaran pengeluaran dahak dan lendir yang berada di saluran pernafasan dan juga ramuan yang terbuat dari bunga daisy adalah obat yang baik untuk sakit tenggorokan. Mengolah bunga ini dalam bentuk teh akan menjadi obat kumur yang manjur untuk gangguan pernafasan karena pilek dan bronkitis.

4. Mengobati demam

Teh bunga daisy bisa merangsang peningkatan pengeluaran keringat yang memberi efek pada suhu tubuh yang akan berkurang. Itu bermanfaat untuk membantu penyembuhan demam. 

Daisy juga bisa digunakan sebagai obat kompres di dahi

5. Mengobati sakit kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh perubahan hormonal atau stres. Bisa juga karena dehidrasi.

Bunga daisy segar yang Anda konsumsi rutin selama dua minggu bisa mengobati sakit kepala. Tetapi jika sakit kepala atau migrain Anda disebabkan oleh dehidrasi Anda bisa meminum teh bunga daisy 2-3 gelas setiap hari. Hasilnya sangat baik.

6. Mengobati mata bengkak

Kompreslah kelopak mata Anda yang bengkak menggunakan ramuan bunga daisy. Rendam 2 sdm bunga halus daisy, rendam dengan segelas air selama 12 jam. 

Gunakan air rendaman itu, oleskan di atas mata.

7. Meredakan kram

Beberapa kalangan mengatakan bunga daisy bisa membantu mengurangi kram, terutama kram yang terjadi pada perut. Kalangan tersebut mengatakan daisy ini ampuh, meski belum ada penelitian yang mengatakan demikian 

8. Mengobati bibir retak atau pecah pecah

Melumatkan daun daisy dan mengoleskannya pada bibir. Cara lain  yang mungkin bisa Anda gunakan adalah, ambil daun tanaman bunga daisy, bersihkan kemudian dikunyah-kunyah, olesi bibir Anda dengan air kunyahan itu.

Cara mengolah teh bunga daisy

Segenggam daisy Anda potong potong atau dicincang untuk kemudian direndam selama empat sampai lima jam menggunakan 500 ml air. 

Selanjutnya disaring dan bunga itu direbus, menggunakan setengah liter air baru.

Rasa teh bunga daisy ini mirip seperti rasa lemon ditambah sedikit rasa pahit.

Cara lain, kepala bunga daisy diseduh dengan air panas, sebelum diminum Anda bisa menambahkan madu untuk meningkatkan rasa.

Untuk obat luar mengobati kulit luka Anda bisa mengolahnya dengan mencampur bunga daisy dengan minyak zaitun tambah pelet lilin lebah. Selain untuk kulit luka maupun memar dan ruam,  ramuan ini juga bisa mengobati otot pegal.

Itulah berbagai keuntungan kesehatan yang bisa Anda peroleh dari bunga daisy ini. 

Tidak sulit untuk menemukan bunga ini. Tidak sulit juga untuk mengolahnya sebelum digunakan. Bahkan kalaupun ingin yang  lebih praktis Anda bisa mencari di apotek.  

Mengkonsumsi bunga daisy disarankan secukupnya saja.

Ibu hamil dan menyusui disarankan tidak mengkonsumsinya.

Dikhawatirkan bisa membuat keterbelakangan pertumbuhan janin .Berbeda dengan para ibu habis bersalin, mereka aman menggunakannya.

Demikian 8 manfaat bunga daisy untuk kesehatan dan kecantikan ini.

Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel