10 Manfaat Bunga Anggrek Untuk Kesehatan Tubuh Dan Mental

Berasal dari wilayah Cina,Jepang serta dari Timur Tengah, bunga anggrek adalah tanaman yang penuh keanekaragaman yang menampilkan daya tarik. Tanaman yang dikenal sebagai salah satu bunga terindah di dunia ini sangat mengagumkan dan mempesona. Sudah begitu tanaman anggrek juga sarat akan manfaat. Tumbuhan ini bisa memberi manfaat penting pada lingkungan. Bisa meningkatkan kualitas udara adalah salah satu diantara banyak manfaatnya. 

Menempatkan anggrek dalam ruangan akan membuat suasana menjadi menyegarkan, baik di siang atau malam hari. Ditilik dari warna bunganya, tanaman yang endemik daerah tropis dan beriklim sedang ini terdiri dari beberapa macam. Ada yang berwarna biru, merah serta ada juga yang berwarna putih. Masing masing anggrek tersebut berkhasiat obat. Bukan hanya untuk perawatan tubuh, juga anggrek  ini bermanfaat menyehatkan mental atau pikiran. Bisa membuat orang merasa lebih baik.

Dalam sejarah Tiongkok kuno, bunga, batang serta umbinya adalah bahan obat tradisional. Bunga cantik ini memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu efek penuaan pada kulit. Mengandung kalsium, zat besi, magnesium dan seng. Keempat kandungan itu secara tidak langsung berguna menunda munculnya kerutan pada kulit. Bunganya juga mengandung zat mucilage yang berkhasiat melembabkan tubuh dan wajah. 

Selain untuk meningkatkan kualitas kulit anggrek masih memiliki banyak khasiat. Bisa mengobati gangguan pada mata, mengobati sembelit dan menyembuhkan sakit maag adalah beberapa di antaranya. Selanjutnya mari kita simak lebih jauh tentang manfaat bunga anggrek ini untuk kesehatan manusia.

Beberapa Manfaat Bunga Anggrek Untuk Kesehatan 

  bunga-anggrek

1. Membantu menurunkan berat badan

Ambil akar anggrek secukupnya, rebus dengan secangkir air hingga air tersisa separuhnya. Rutin minum air rebusan akar anggrek bisa membuat berat badan Anda jauh berkurang. 

2. Mencegah stres

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa menanam bunga anggrek di rumah atau di halaman bisa mendorong peningkatan energi positif dan mengurangi tingkat stres. Dan pencinta tanaman pasti setuju bahwa merawat anggrek bisa mencegah perkembangan beberapa bibit penyakit mental.

Memandang keindahan bunganya serta menikmati pancaran aromanya saja bahkan sudah bisa membuat ketenangan bathin. 

Lain daripada itu mengkonsumsi bunga anggrek yang bisa dimakan ini sangat terkenal dengan efeknya yang bisa menghilangkan stres. 

Anda bisa memasak bunga anggrek dan mengkonsumsinya sebagai sayuran.

3. Menyehatkan kulit

Tidak ada orang yang tidak perduli dengan tampilan kulitnya. Setiap orang menginginkan kulit yang sehat dan ketahuilah bahwa bunga anggrek ini bisa meningkatkan kesehatan kulit Anda. 

Bunga anggrek bisa dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini. Bunga ini kaya antioksidan, punya kemampuan untuk menangkal radikal bebas, menjaga kulit tetap sehat dan bebas kerutan.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Vitamin C dan vitamin E banyak terkandung dalam daun dan bunganya. Manfaatnya sangat bagus dalam hal menjaga kesehatan mata. 

Mengkonsumsi bunga anggrek yang dicampur dengan akar licorice sangat bagus untuk mencegah dan menyembuhkan infeksi mata.

Rutin mengkonsumsi anggrek selain bisa mencegah katarak dan degerasi otot juga berkhasiat meningkatkan daya penglihatan.

5. Mengatasi masalah haid

Rebuslah bunga anggrek bersama gula merah. Kemuduan Anda saring dan diminum setiap hari.

Ramuan itu manjur mengatasi masalah haid  tidak teratur.

6. Melawan gangguan pencernaan

Bunga anggrek banyak mengandung serat ini adalah obat yang dikenal manjur, terutama pada anak anak yang sedang mengalami masalah pencernaan seperti diare dan sakit perut.

Cobalah buat ramuan ampuh yang dikenal sebagai ramuan India ini, 10 lembar daun bunga anggrek ditambah beberapa biji fenugreek, diberikan pada anak anak untuk meredakan diare dan sakit perut sedang mereka alami.

7. Meredakan sembelit

Biasanya yang digunakan adalah bunga anggrek yang berwarna merah.

Bunganya dijemur hingga kering lalu dihaluskan menjadi bubuk.

Bubuk itu dicampur madu dan dikonsumsi sekali sehari. Obat alami ini adalah pencahar ringan yang sangat membantu mengatasi sembelit.

8. Menyembuhkan sakit maag

Sakit maag bisa disembuhkan dengan jus bunga anggrek. Berbagai senyawa yang terdapat dalam bunga anggrek diketahui bermanfaat menyembuhkan sakit maag.

9. Menguatkan tulang dan gigi

Bunga anggrek kaya kalsium dan magnesium dan jika Anda mengkonsumsinya bunga ini akan memberi bantuan besar untuk menguatkan tulang dan gigi Anda.

10. Menyembuhkan berbagai masalah pencernaan

Umbi anggrek ditumbuk. 

Kemudian dimasak untuk memperoleh ekstraknya.

Minum ekstrak tersebut setiap hari secara teratur bermanfaat meningkatkan kerja sistem pernafasan.

Disebut juga bahwa ramuan tersebut bisa mengobati asma dan batuk.

Kontraindikasi dan efek samping

Setiap bagian dari tanaman ini bisa dimakan. Kuncup, kelopak dan bunga mekarnya hingga batangnya aman dikonsumsi. Umbinya sebenarnya juga aman, walau tidak lazim dimakan.

Belum ada catatan yang mengungkapkan adanya efek samping jika dikonsumsi dalam bentuk teh.

Namun jika menggunakannya dengan cara tidak benar bisa mengakibatkan gatal gatal, dermatosis, mual dan rasa terbakar di mulut.

Demikian 10 manfaat bunga anggrek untuk kesehatan tubuh dan mental ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel