10 Manfaat Bunga Begonia Untuk Kesehatan

Begonia tanaman yang memiliki bunga kecil tapi indah. Keindahannya sangat menyolok meskipun kita melihatnya  tumbuh di alam liar. Apalagi jika sengaja ditanam sebagai dekorasi di dalam rumah. Bunganya yang berbagai warna juga menyebarkan aroma wangi. 

Begonia yang memiliki beberapa species ini berasal dari benua Amerika pada kawasan yang beriklim tropis. Hampir semuanya berkembang biak melalui rimpangnya dan satu hal lagi begonia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain seperti yang diuraikan berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Bunga Begonia Untuk Kesehatan

bunga-begonia

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bunga begonia bisa dimakan, rasanya enak mirip buah jeruk. Mungkin Anda merasa kurang nyaman makan bunga begonia yang kaya vitamin C ini. 

Namun jadikanlah alasan utama Anda untuk mengkonsumsi tanaman ini untuk mendapatkan nutrisi dan manfaatnya.

Kandungan antioksidannya itu yang sangat bermanfaat. Bisa membantu membuat kualitas kesehatan Anda tetap prima. Begonia dapat mencegah berbagai bibit penyakit pemicu kanker. Mencegah serangan jantung dan stroke.

Bunga begonia juga mengandung antivirus. Dalam kandungannya terdapat juga antibakteri.

Antibakteri itu bisa membuat Anda lebih cepat sembuh saat mengidap flu.

2. Meredakan batuk

Selain mengobati flu, batuk yang disebabkan oleh virus dan bakteri juga bisa diatasi berkat bunga begonia ini.

3. Meredakan peradangan

Daun begonia berkhasiat mengobati luka kulit memar.

Juga daun begonia yang dihaluskan dan dibuat pasta adalah ramuan yang bermanfaat untuk meredakan peradangan. Oleskan dan biarkan ramuan itu tetap menempel pada area peradangan. 

Buat dan ganti ramuan dengan yang baru, dilakukan tiga kali sehari.

4. Membantu mengobati disentri

Penyakit disentri umumnya disebabkan oleh bakteri Shigella. Penyakit ini sering membuat orang salah kaprah karena menganggap disentri ini adalah diare. Padahal bukan. 

Padahal ini adalah penyakit berbahaya, banyak data terpercaya mengungkapkan kematian karena disentri bisa mencapai 1 juta orang setiap tahun.

Untuk mencegah dan mengobati disentri Anda juga bisa menggunakan obat alami seperti bunga begonia ini.

5. Melancarkan pencernaan

Bunga begonia bisa diolah menjadi sayuran. Bunga itu memiliki khasiat yang tinggi untuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan. Kandungan seratnya tinggi, itu akan membantu Anda saat menghadapi masalah yang mengganggu sistem pencernaan, seperti diare atau mual dan muntah.

6. Meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi

Para ahli selalu menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah buahan yang banyak mengandung kalsium. Gunanya untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi.

Begonia tidak tergolong sayuran, tapi bunga ini mengandung nutrisi yang memiliki manfaat yang sama seperti sayuran yang banyak mengandung kalsium.

7. Mengobati rematik

Memiliki kandungan alami yang berfungsi sebagai antiradang, begonia bisa digunakan untuk mengobati rematik.

Anda bisa merebus bunga begonia, saring dan minum airnya.

8. Meredakan gejala asma

Asma membuat pengidapnya mengalamu sesak dan sulit bernapas. Itu terjadi karena adanya peradangan yang mengakibatkan penyempitan pada saluran napas.

Karena kesulitan bernafas penderita bisa kekurangan oksigen dan jika itu terjadi maka tak ayal masalah lain pun bisa bermunculan.

Untuk itu asma harus segera diobati.

Selain menggunakan obat dokter, Anda juga bisa mengkonsumsi begonia yang antiradang ini untuk meredakan gejala asma.

9. Mencegah penyakit kudis

Penyakit kudis erat kaitannya dengan kekurangan vitamin C. Meski zaman sekarang penyakit kudis sudah jarang terjadi, namun baik juga untuk diingat bahwa begonia yang kaya vitamin C ini sangat baik dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan vitamin C dalam tubuh dan untuk mencegah penyakit kudis.

10. Mengobati luka bakar

Bunga serta daun begonia yang dihancurkan bisa langsung dioleskan pada kulit yang kena luka bakar, berkhasiat untuk meredakan rasa sakit dan membantu penyembuhan.

Cara mengkonsumsi bunga begonia

Selain digunakan untuk obat luar, mengkonsumsi bunga begonia adalah cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapat manfaatnya.

Cukup dengan merebus bunga begonia, menyaringnya untuk beberapa saat  kemudian diminum.

Begonia mengandung asam oksalat, karena itu begonia tidak boleh dikonsumsi oleh penderita sakit ginjal.

Demikian 10 manfaat bunga begonia untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel