10 Manfaat Bunga Magnolia Untuk Kesehatan Termasuk Mencegah Penuaan

Selain terkenal karena aromanya, bunga magnolia( magnolia grandiflora)  adalah salah satu dari sekian banyak tanaman obat yang pemanfaatannya telah lama digunakan di negeri Tiongkok. Berbagai sumber mengatakan asal tanaman yang pohonnya bisa setinggi 20 meter ini memang dari Tiongkok.

Dikenal sebagai magnolia berbunga besar atau magnolia putih, ekstrak magnolia berguna untuk meredakan gangguan pada perut, seperti disfungsi usus, gastritis maupun perut kembung.Manfaat itu terutama diperoleh dari ekstrak kulitnya. Biasanya kulit segarnya dikumpulkan dan dijemur, kemudian digulung dan disimpan untuk nanti diolah sesuai kebutuhan.

Namun selain olahan dari kulit,  daun magnolia yang berbentuk bulat ini juga biasa digunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan luka. Bunganya yang beraroma itu bisa dibuat sebagai bahan teh. Satu cara khusus untuk memperoleh manfaatnya adalah sebagai campuran untuk mandi uap, yang khasiatnya dipercaya bisa mengobati sakit gembar gembur atau sakit edema yang diakibatkan oleh kurang berfungsinya ginjal itu.

Khasiat lain dari tanaman ini termasuk mengobati asma, sakit kepala, meredakan gangguan pernafasan serta mengatasi gangguan kram menstruasi pada wanita. Bermanfaat juga untuk meredakan masalah keputihan.

Khasiat terapeutik yang dimiliki tanaman ini antara lain sebagai antispasmodik, astringen, antibakteri, antiparasit, antivirus, diuretik, sebagai perelaksasi otot dan lain lain.

Selanjutnya inilah ulasan lebih jauh tentang berbagai manfaat bunga magnolia ini.

Beberapa Manfaat Magnolia Untuk Kesehatan

bunga-magnolia

1. Mengobati peradangan

Ekstrak dari kulit kayu magnolia bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan. Dapat mengurangi efek  zat pemicu peradangan di dalam tubuh. Ada dua senyawa dalam kulit magnolia yaitu honokiol dan magnolol yang berperan untuk melawan zat  pemicu peradangan tersebut.

2. Mengurangi kecemasan

Selain meredakan peradangan senyawa honokiol juga berkhasiat meredakan kecemasan.

Diketahui efek ekstrak kulit tanaman ini sebagai pereda kecemasan sangat kuat, bahkan disebut kualitasnya sama dengan obat produk industri Valium dan Diapezam, namun magnolia alami tanpa disertai efek samping  yang buruk.

Diketahui memang banyak suplemen anti-kecemasan yang dijual di apotik mengandung ektrak magnolia.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Kandungan magnolol dalam tanaman magnolia adalah bahan alami yang sangat baik, selain mengatasi kecemasan, senyawa ini bisa meningkatkan kualitas tidur.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Bunga magnolia digunakan sebagai bahan alami untuk produk kosmetik pencegah penuaan kulit. Efektivitasnya luar biasa untuk menyamarkan bintik bintik hitam pada kulit. Mencerahkan kulit dan menghilangkan kemerahan serta meredakan pembengkakan kulit.

5. Mencegah diabetes

Ada lagi satu senyawa penting yang terdapat pada bunga magnolia ini. Yaitu methylnokiol.

Senyawa ini bisa mencegah kerusakan pada hati. Seperti kita ketahui hati adalah organ vital, kesehatannya mutlak dijaga. Salah satu dampaknya jika hati menderita kerusakan adalah diabetes.

Terlepas dari efek positif tanaman ini pada organ hati kulit magnolia itu sendiri juga juga punya potensi menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Menjaga kesehatan mulut

Bisa mengatasi bau mulut, permen karet yang mengandung ekstrak kulit magnolia diketahui punya manfaat besar untuk mencegah terbentuknya plak gigi.

Ramuan teh bunga magnolia juga dapat mengurangi bakteri dan  mengobati gusi bengkak.

7. Menurunkan tekanan darah

Melemaskan pembuluh darah adalah salah satu efek magnolia yang sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah.

Orang yang minum teh bunga magnolia secara teratur bisa mendapatkan kegunaan ini, meski manfaat magnolia untuk menurunkan tekanan darah ini masih memerlukan lebih banyak penelitian.

8. Mengobati flu dan pilek

Berabad abad lalu pengobatan tradisional Tiongkok telah menggunakan kulit magnolia untuk menyembuhkan gangguan pernafasan, terutama flu dan pilek.

Kulit itu pun memiliki komponen aktif untuk meredakan asma, mengurangi rasa sakit atau sesak di dada akibat batuk.

Bagian lain magnolia yang dimanfaatkan adalah kuncup bunganya, untuk melegakan hidung tersumbat dan sakit kepala.

9. Mengobati gangguan pencernaan

Pengobatan Cina juga mengenal tanaman ini sebagai bahan untuk tonik mengobati gangguan usus. Gangguan usus dimaksud adalah rasa tidak nyaman di perut dan perut kembung.

10. Meredakan gejala menopause

Tinggi kandungan vitamin D dan kalsium magnolia adalah obat alami yang baik untuk meredakan kekeringan pada vagina. Magnolia juga berkhasiat mengatasi masalah emosional seperti adanya sifat emosional atau cepat merah yang kerap terjadi pada wanita menopause.

Efek samping dan kontraindikasi

Magnolia adalah tanaman obat yang sangat menguntungkan. Anda aman mengkonsumsinya. Teh bunga magnolia selain aromatik tidak beracun.

Tidak ada kontraindikasi.

Tidak juga ada langkah istimewa untuk membuat teh bunga magnolia, Anda cuma perlu memotong motong batang dan bunganya, dimasukkan ke dalam air yang sedang mendidih dan dibiarkan terus mendidih selama 10 menit. Baru disaring dan ramuan siap diminum dengan lebih dulu menambahkan gula atau madu jika Anda menginginkan rasa yang manis.

Cobalah nikmati teh magnolia. 

Rasakan perbedaannya setelah Anda mengkonsumsinya.

Selain memperoleh beberapa manfaat seperti yang telah diuraikan di atas tadi minum teh bunga magnolia ini juga bisa mencegah kram pada wanita menstruasi. Bahkan berguna untuk meningkatkan daya ingat sehingga bisa mencegah Anda terkena penyakit Alzheimer.

Sekian 10 manfaat bunga magnolia untuk kesehatan ini.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel