10 Manfaat Pohon Kamper Untuk Kesehatan

Pohon kamper ada dua jenis. Yaitu cinnamomum camphora dan dryobalanops camphora. Keduanya memiliki sifat yang hampir sama, perbedaan hanya pada aroma dan tingkat konsentasi beberapa bahan kandungannya.

Tinggi pohonnya bisa mencapai 40 meter. Paling istimewa adalah usianya. Pohon kamper bisa tetap tumbuh sampai 1000 tahun. Harga kayu kamper sangat mahal.

Dulu di negeri kita, salah satu penghasil kayu kamper adalah kota Barus, sebuah kota di Sumatera Utara. Kualitasnya terkenal bagus, dunia mengakuinya. Namun sayang, sekarang jumlah tanaman kamper di sana sudah sangat berkurang, bahkan mungkin sudah tidak ada lagi. 

Padahal tanaman kamper juga bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Tanaman kamper memiliki antioksidan dalam jumlah besar. Antioksidan itu bermanfaat mencegah radikal bebas dengan segala dampaknya yang bisa mengubah jaringan sel dan menimbulkan berbagai penyakit. Sifat anti-inflamasi juga dimiliki oleh kamper ini. Minyaknya adalah obat yang ampuh untuk sakit punggung. Kamper juga antimikroba dan insektisida. Salah satu lagi yang menguntungkan dari kamper ini adalah efeknya sebagai antispasmodik, bisa meredakan ketegangan otot.

Bagian tanaman kamper yang paling banyak digunakan adalah pohon dan kulit pohonnya. Biasanya diolah dulu untuk mengambil minyaknya. Manfaat minyak itu selain untuk pengobatan juga sebagai bahan parfum. Ada juga yang mengunakan daunnya, biasanya dibuat ramuan untuk pengobatan tradisional. Selanjutnya mari kita simak lebih jauh tentang manfaat kamper ini untuk kesehatan.

Beberapa Manfaat Kamper Untuk Kesehatan

kamper

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Minyak atsiri kamper bisa merangsang kerja sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang bekerja sempurna akan memberi efek yang baik pada sistem peredaran darah.

Minyak kamper bisa memberi banyak manfaat terkait kemampuannya yang bisa meningkatkan sirkulasi darah, hasilnya sangat baik untuk meredakan asam urat, radang sendi maupun rematik.

2. Membantu meredakan sakit di badan

Memiliki sifat anti-inflamasi, kamper bisa membantu mengurangi rasa sakit saat Anda sedang mengalami sakit ringan atau sedang.

Minyak kamper dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan di sekitar syaraf, itu akan membuat rasa sakit bisa berkurang.

3. Meningkatkan sistem pernafasan

Minyak kamper adalah obat yang bisa diandalkan untuk mengatasi kemacetan pada tenggorokan.

Aromanya yang segar itu adalah dekongestan pereda sesak nafas. Itu salah satu penyebab kenapa produk produk dekongestan buatan pabrik banyak yang menggunakan minyak kamper sebagai salah satu bahan utama. 

Minyak ini baik Anda gunakan, gosokkan di sekitar dada dan punggung,  untuk mengobati batuk dan pilek yang bisa menyebabkan kesulitan bernafas itu.

Menghirup uap rebusan daun kamper juga bisa melegakan pernafasan. Uap itu akan melapisi bagian dalam organ pernafasan Anda. Itu berguna untuk mengurangi iritasi pada tenggorokan. 

Selain membantu mengobati batuk dan pilek kamper juga dapat membantu meringankan gangguan yang biasa dialami oleh pengidap asma.

4. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Kamper bisa mencegah perut kembung berkat efeknya yang dapat mengurangi pembentukan gas.

5. Memberantas kutu rambut

Bubuk kamper dicampur minyak kelapa bisa Anda oleskan  ke kulit kepala dan sekujur rambut. Lakukan sebelum tidur.

Besok pagi Anda cuci rambut dengan shampoo, rambut Anda kini telah bersih dari kutu.

6. Mengusir nyamuk

Aroma minyak kamper adalah aroma yang tidak disuka oleh nyamuk. Uap yang berasal dari satu gelas air hangat yang sudah Anda bubuhi beberapa tetes minyak kamper sudah cukup untuk mengusir nyamuk dari ruangan tempat tidur Anda.

7. Menguatkan rambut

Minyak kamper juga bermanfaat serta aman digunakan pada rambut. Berguna mencegah dan menangkal kerusakan rambut, menyegarkan akarnya serta meningkatkan kesuburan rambut.

Campurkan telur atau yogurt sebelum digunakan pada rambut, itu akan menjamin kecukupan nutrisi rambut Anda sehingga selain semakin subur rambut juga tidak mudah rontok. 

8. Membasmi jamur

Minyak kamper adalah bahan alami yang ampuh membasmi jamur, terutama untuk jamur kuku. 

9. Membantu mengurangi stres

Selain aromatik uap minyak kamper juga bisa membantu meningkatkan perasaan tenang. 

Efek anestesi dan antispasmodiknya yang membuat minyak kamper bisa membantu meredakan gangguan saraf. Minyak kamper ini juga bisa menurunkan tingkat kecemasan dan kegugupan.

Anda bisa menghirupnya dengan batas tertentu, jangan berlebihan.

10. Mengatasi masalah kulit

Dalam industri perawatan kulit kamper adalah bahan dasar terbaik untuk lotion dan krim. Efek penyembuhannya pada luka sangat kuat. Bekas luka juga cepat kembali utuh seperti semula.

Beberapa manfaat kamper untuk kulit adalah :

-mengobati luka bakar ringan

-mengobati gigitan serangga

-meredakan gatal

-mengobati eksim

-mengatasi tumit pecah pecah

Kamper aman dan bermanfaat jika digunakan dengan cara yang aman pula. 

Tidak digunakan berlebihan serta tidak sekali-kali menggunakannya pada kulit dengan luka terbuka. Ketika Anda menghirupnya juga lakukan secukupnya saja. Karena kadar uap yang tinggi bisa membuat keracunan.

Jauhkan kamper dari anak anak karena kulit mereka terlalu sensitif, bisa kena iritasi.

Demikian 10 manfaat tanaman kamper untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel