11 Manfaat Tomatillo Yang Sangat Berharga Bagi Kesehatan

Buah tomatillo (physalis philadelphica) dikenal sebagai salah satu bahan pelengkap dalam masakan Meksiko. Biasanya buah ini disertakan dalam makanan yang cara mengolahnya dilakukan dengan digoreng atau direbus. Tapi buah ini biasa juga dimakan mentah bersama sayuran lain.

Memiliki buah berbentuk mirip tomat muda yang masih hijau dan kecil. Tomatillo ini memang masih satu keluarga dengan tomat, mereka itu berasal dari tanaman keluarga Solanaceae, di mana kentang dan terong termasuk di dalamnya. 

Saat dikonsumsi sebagai masakan sayuran yang telah diberi bumbu peningkat rasa,rasanya jauh lebih enak,dibanding jika buah tomatillo dimakan segar sebagai buah, meskipun dalam kondisi sudah matang dan menguning.

Buah tomatillo yang telah lama dibudidayakan oleh suku Inca di Andes, Amerika Selatan ini terdiri dari beberapa jenis,yang semuanya memiliki sifat dan manfaat yang sama.

Kandungan gizinya tinggi. 

Tomatillo adalah sumber serat, jumlahnya jauh lebih tinggi dibanding tomat. Mengandung niasin, potasium, mangan. zat besi, tembaga dan fosfor. Buah ini memiliki berbagai macam khasiat dan di bawah ini adalah beberapa diantaranya.

Beberapa Manfaat Tomatillo Bagi Kesehatan

tomatillo

1. Sumber energi

Sebagaimana tumbuhan pada umumnya, tomatillo juga mengandung vitamin B. Tapi ada kelebihan khusus terkait manfaat vitamin tersebut yang terdapat tanaman ini.

Vitamin B pada tomatilo disebut niacin. Di dalam tubuh niacin ini membantu pemecahan makanan untuk diproses menjadi energi.

Mengkonsumsi tomatillo bermanfaat menambah kekuatan fisik  sehingga aktivitas Anda sehari hati bisa lebih produktif.

2. Meningkatkan kesehatan saraf dan otak

Masih terkait dengan keberadaan kandungan niacin pada buah tomatillo itu, mengkonsumsi buahnya dalam bentuk mentah dan segar sangat berguna untuk mencegah kerusakan pada sistim saraf sehingga fungsi dan kinerjanya bisa tetap optimal.

Salah satu gangguan paling sederhana yang bisa terjadi akibat rusaknya sistem saraf adalah Anda sering mengalami kesemutan atau mati rasa.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Tomatillo adalah makanan yang sangat baik untuk membantu sistem pencernaan. Kandungan serat dalam tumbuhan ini memberi bantuan penting untuk melunakkan tinja.

Pergerakan makanan pada saluran pencernaan jadinya bisa lebih lancar yang salah satu hasil positifnya untuk kesehatan adalah, sembelit tidak terjadi.

4. Menyeimbangkan tekanan darah

Kandungan kalium tersedia pada tomatillo. Mineral ini bisa membantu agar tekanan darah Anda berada dalam situasi yang terkontrol. Kalium adalah vasidilator yang dapat melemaskan pembuluh darah.

Zat ini juga memiliki kontribusi lain yang juga penting untuk tekanan darah berkat efeknya yang dapat membantu meningkatkan penyebaran oksigen.

5. Makanan ideal untuk menurunkan berat badan

Rendah kalori, rendah lemak tapi tinggi nutrisi.

Mengkonsumsi tomatillo bisa membuat Anda cepat kenyang.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Tomatillo bisa mencegah degenerasi makula, yaitu

Sifat antioksidan timatillo sangat kuat. Tomatillo dilengkapi dengan kandungan zeaxanthin dan beta-karotenoid. Bersama  vitamin A, ketiga kandungan itu akan membantu menghadang gangguan radikal bebas perusak mata. Tomatillo bisa meningkatkan kesehatan visi Anda, mencegah resiko penyakit katarak serta penyakit mata yang terjadi karena infeksi.

7. Mengobati arthritis

Manfaat tomatillo yang bisa mengobati arthritis ini ada hubungannya dengan pemakaiannya sebagai obat tradisional di India.

Belum ada penelitian ilmiah bagaimana tomatillo bisa mengatasi arthritis namun diketahui khasiatnya memang ampuh.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dua jenis vitamin yang ideal meningkatkan kekebalan tubuh yaitu vitamin A dan C juga tersedia dalam tanaman yang juga disebut tomat Meksiko ini.

Tomatillo memiliki daya efektif melawan radikal bebas. Proses metabolisme bisa tetap terjaga dengan baik, sistem kekebalan tubuh terbantu agar senantiasa prima. Apalagi kandungan vitamin C pada tomatillo ini bisa bekerja meningkatkan produksi sel darah putih.

9. Mencegah kanker

Komponen antioksidan alami pencegah kanker pada buah yang juga bernama tomat Jepang ini adalah withanolides. Antioksidan pencegah kanker itu terdapat dalam jumlah yang tinggi. Bermanfaat sebagai antikanker sekaligus antibakteri.

Tomatillo bisa menghambat perkembangan penyebaran sel tumor, 

Semakin efektif manfaatnya karena vitamin A dan vitamin C di dalam tomatillo juga ikut  berperan mencegah kanker.

10. Meningkatkan kesehatan kulit

Tidak ada keraguan akan manfaat tomatillo untuk kecantikan dan kesehatan kulit. 

Kaya vitamin A, C dan vitamin E bersama kandungan lain seperti antosianin, fenol, flavonoid, tomatillo adalah makanan alami yang ampuh mencegah kerusakan sel kulit.

Tomatillosa bisa merangsang produksi kolagen di dalam tubuh, yang selanjutnya berguna untuk meningkatkan tampilan kulit. Tomatillo dengan nutrisinya akan bekerja mengencangkan kulit, sehingga timbulnya kerutan bisa dihindari. Kulit kaki pecah pecah juga bisa dicegah

11. Mengobati sakit tenggorokan

Mengkonsumsi buah segar tomatillo di pagi hari berkhasiat meredakan flu. Buah tomatillo dan daunnya memiliki sifat emolien yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan atau mengurangi peradangan pada amandel.

Cara mengkonsumsi tomatillo

Jika ingin memperoleh semua manfaat lengkap dengan semua nutrisinya makanlah buah tomatillo dalam bentuk segar tanpa dimasak. Rasanya asam ditambah sedikit rasa manis.

Tapi seperti telah disebut di awal tulisan ini tomatillo lebih enak jika terlebih dahulu diolah dengan penambahan garam atau lada. 

Atau diberi penambah rasa seperti gula atau madu.

Demikian 11 manfaat tomatillo bsgi kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel