6 Manfaat Bunga Mawar Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Secara simbolis bunga mawar putih yang cantik putih halus ini melambangkan kepolosan, kemurnian hati dan kesetiaan. Dari berbagai  catatan fosil  diyakini tumbuhannya telah ada 35 juta tahun lalu sehingga mawar putih ini dianggap sebagai salah satu bunga tertua di dunia.

Budidaya  mawar putih ini awalnya  dilakukan oleh  bangsa Yunani dan Romawi. Digunakan sebagai tanaman hias serta  bahan kuliner dan Tiongkok adalah negeri pertama yang menggunakannya sebagai obat herbal.

Bunga mawar putih yang juga termasuk bunga paling populer di dunia berasal dari tanaman semak berduri yang tumbuh memanjat. Besar, lebat dan ketinggiannya bisa sampai 1,8 meter.

Bunga atau kembangnya tumbuh berkelolompok, setidaknya tiga bunga dalam setiap tandan. Berasal dari keluarga rosaceae yang memiliki sekitar 3000 species itu. Nama ilmiah untuk mawar putih ini adalah rosa centifolia, ada juga yang menyebutnya rosa alba L.

Kelopak dan bijinya bisa digunakan untuk mengobati radang mata, sembelit, kecemasan, batuk dan sakit tenggorokan. Untuk masalah pencernaan eek bakterisida mawar putih ampuh membasmi bakteru staphylococcus aureus dan escherichia coli. Tumbuhan ini juga bagus digunakan untuk berbagai masalah pada kulit. Mawar putih memang memiliki efek menenangkan yang hebat. Selain itu tumbuhan ini juga memiliki efek astringen,senyawa flavonoidnya berfungsi sebagai anti-inflamasi. Bunga ini juga depuratif dan pencahar. Efek minyak essensial mawar putih juga sangat bermanfaat untuk kulit berminyak dan kering. 

Berkat bermacam efek itu tanaman ini baik digunakan untuk mengobati penyakit tertentu seperti yang akan diulas dalam 6 manfaat bunga mawar putih untuk kesehatan ini.

Manfaat Mawar Putih Untuk Kesehatan Dan kecantikan

mawar-putih

1. Untuk mengatasi masalah pada bibir

Bibir pecah pecah bisa terjadi karena faktor kekeringan dan mawar putih yang bisa melembabkan kulit ini dapat digunakan untuk mengobatinya.

Beberapa kelopak mawar diuleni hingga halus dcampur dengan sedikit madu, diaduk hingga menjadi pasta. Ramuan  yang berfungsi sebagai pelembab ini dioleskan pada bibir pecah pecah, biarkan menempel beberapa saat agar meresap untuk kemudian dilepas.

2. Mengobati mata

Mata yang mengalami konjungtivitis bisa diobati dengan membuat obat kompres dengan merebus kelopak bunga mawar putih menggunakan dua gelas air. Hentikan perebusan jika sudah mendidih dan tutup. Tunggu hingga suhu ramuan turun dsn celupkan kain kasa ke dalamnya. Kain kasa itu Anda gunakan untuk mengkompres mata konjungtivitis.

Ulangi perawatan itu setiap dua jam.

3. Membantu mengobati luka

Manfaatnya sebagai desinfektani alami bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. 

Mawar putih juga akan mengurangi peradangan yang terjadi akibat luka tersebut.

4. Pembersih kulit

Manusia tidak bisa lepas dari paparan polusi. Partikel partikelnya bisa mengotori kulit, meresap ke dalam pori pori dan akibatnya tentu tidak baik. Bisa menimbulkan jerawat, noda hitam dan ruam serta berbagai masalah lain.

Mencegah agar berbagai gangguan kulit itu tidak Anda alami, ramuan dari bunga mawar putih ini bisa Anda gunakan.

Ambil beberapa kelopak bunga dan biji bunga mawar putih. Kedua bahan direbus hingga mendidih dan ketika sudah dingin gunakan airnya untuk mencuci wajah menggunakan kapas.

Anda yang sering mengeluh karena merasa memiliki kulit yang tetap kering meski telah menggunakan krim berbagai merk juga bisa bernafas lega jika Anda mencoba mawar putih ini.

Dua sendok air rebusan mawar putih tambahkan ke krim yang biasa gunakan. Lalu oleskan krim itu ke seluruh tubuh seperti yang rutin Anda lakukan.

Seketika akan ada rasa lembab yang Anda rasakan.

5. Meningkatkan kesehatan rambut

Satu lagi manfaat air mawar adalah kekuatannya yang bisa melembutkan rambut. Mengkilaukan rambut.

Cobalah manfaatkan mawar putih ini saat Anda merasa bahwa rambut Anda begitu kering. Gunakan 2 sdm air rebusan itu, campur sedikit air hangat dan dioleskan ke sekujur rambut.

Lakukan begitu Anda selesai mandi dan keramas.

6. Mengobati dan membersihkan organ intim wanita

Air rebusan mawar putih juga bisa digunakan untuk melawan jamur Candidaalbicans. Efek yang Anda peroleh setelah menggunakannya sangat menenangkan dan menyegarkan.

Selain diminum Anda bisa membuat ramuannya dalam jumlah yang lebih banyak untuk digunakan mandi sitz.

Cara membuat rebusan mawar putih

Merebus 10 gram atau sekitar 6 kelopak bunga mawar putih menggunakan 1 liter air. Kelopak bunga dimasukkan ketika air mulai mendidih. Matikan api dan ramuan ditutup sekitar 5 menit, baru disaring untuk selanjutnya digunakan.

Efek samping dan kontraindikasi

Mawar putih adalah obat yang aman untuk penyembuhan. Air rebusannya memiliki rasa dan arona yang menyegarkan. 

Telah terbukti berkhasiat, baik Anda menggunakannya sebagai obat luar maupun dikonsumsi.

Anda bahkan bisa menyemprotkan air mawar putih ke wajah, untuk membantu melembabkan kulit.

Saat Anda kesal karena kesulitan membersihkan sisa sisa riasan yang terlalu kuat menempel di tubuh, Anda juga bisa menggunakan air rebusan itu

Tidak ada kontraindikasi untuk penggunaannya, aman untuk setiap orang.

Hanya efek menenangkan mawar putih yang sangat kuat itu yang harus diperhatikan. Menggunakannya berlebihan bisa membuat lesu dan rasa kantuk yang tinggi.

Dan tidur yang lama tentunya.

Sekian 6 manfaat mawar putih untuk kesehatan dan kecantikan ini

Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel