7 Manfaat Bunga Dahlia Untuk Kesehatan

Dahlia (dahlia pinnata) itu bunga asli Meksiko. Di sana dahlia ini amat populer bahkan bunga itu adalah simbol negara. Zaman dahulu orang India yang bermukim di sana terpesona dan kemudian membudidayakan tanaman ni. Bangsa Spanyol yang menjadi penguasa di sana kala itu pun ikut tertarik. Mereka membawa bibitnya ke negara mereka dan mulai saat itu bunga dahlia pun menjadi populer. 

Hingga ekspansi bunga dahlia pun merambah, selain di Eropa seperti Perancis dan Belanda,juga Afrika Utara dan Asia. Ada lebih dari 3000 varietas bunga ini. Tingginya juga bermacam macam ukuran. Paling rendah 30 cm dan paling tingggi bisa sampai satu setengah meter. Begitu juga diameter bunganya, sangat bervariasi. Ada yang diameternya cuma 5 cm. Itu yang paling kecil. Dan ukuran diameter bunga dahlia paling besar adalah 20 cm. 

Munculnya beberapa hibrida tanaman ini pun akhirnya membuat bunga ini memiliki beragam warna. Seperti putih, merah, merah muda, kuning, orange dan lainnya kecuali warna biru.

Ketertarikan pada bunga dahlia semakin berkembang karena para pakar ilmiah Eropa mengungkapkan bahwa dahlia juga bisa memberi beberapa manfaat kesehatan pada manusia. Kesehatan kulit yang mengalami masalah, umpamanya kulit terbakar, bisa diobati dengan bunga dahlia. Juga kulit yang cedera akibat gigitan serangga. Orang yang menderita cacar dan campak juga bisa mengatasi menggunakan tanaman ini. Bunga dahlia juga obat alami yang memiliki efek penenang, itu yang membuat bunga ini  bisa dimanfaatkan untuk mengatasi stress atau kegugupan.

Bermacam efek lain bunga dahlia adalah antispasmodik, diuretik, emmenagogue, hipotensi, sedatif dan vasodilator.

Beberapa Manfaat Bunga Dahlia Untuk Kesehatan

dahlia

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bunga dahlia bisa merangsang peningkatan produksi sel. Diketahui juga tanaman ini memiliki efek sebagai antivirus sehingga ampuh mencegah pilek dan flu 

2. Meningkatkan sirkulasi darah, mencegah penyakit jantung

Tumbuhan ini adalah tonik jantung alami. Bisa mengontrol detak jantung. Kondisi arteriosklerosis bisa diperbaiki sehingga penyakit jantung dapat dicegah. Telinga berdenging dan daya penglihatan yang kabur yang terjadi akibat sakit jantung juga tidak terjadi lagi.

3. Mengobati rematik

Bagian akar tumbuhan ini memiliki umbi dan itu adalah obat yang bagus untuk mengobati rematik. Panaskan umbi tersebut, setelah panas tunggu sampai suhunya turun sampai hangat.

Oleskan umbi itu pada area tubuh yang kena rematik untuk meredakan rasa nyeri Anda.

4. Mengontrol berat badan

Kalorinya rendah. Serat yang terkandung juga akan melancarkan sistem pencernaan, kerja usus menjadi lebih baik sehingga proses pembuangan air besar bisa optimal. 

Minyak yang diekstrak dari umbinya juga bermanfaat menurunkan berat badan.

5. Mencegah sembelit dan wasir

Kandungan serat bunga dahlia bermanfaat meningkatkan pencernaan. Serat itu  juga akan membuat orang yang mengkonsumsi bunga dahlia bisa aman dari resiko sembelit. 

Dan tidak hanya berfungsi sebagai pencahar, bunga dahlia ini juga efektif mengobati sakit perut. Serta mencegah mual dan perut kembung.

6. Mengobati luka bakar

Dahlia bisa digunakan untuk mengobati kulit yang mengalami luka bakar. Daunnya yang diperas adalah obat luar yang juga bisa mengobati sakit akibat gigitan serangga.

7. Membantu mengatasi stres

Sifat menenangkan yang dimiliki tumbuhan ini bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan stres.  Manfaat itu sekaligus akan berguna untuk membantu mengatasi insomnia.

Cara mengkonsumsi bunga dahlia

10 lembar kelopak bunga dahlia direbus dengan air 350 ml

kelopak bunga dibiarkan dalam keadaan mendidih selama 5 menit dan kemudian perebusan selesai. Tunggu hingga dingin. Diminum sekaligus.

Ramuan itu bisa dibuat dan dikonsumsi dua kali sehari

Efek samping dan kontraindikasi

Tidak ada, kecuali bagi yang alergi terhadap bunga dahlia.

Namun tentu saja berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya adalah langkah bijaksana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel