8 Manfaat Bunga Melati Arab Untuk Kesehatan

Biasa ditanam sebagai tanaman hias, jasminum sambac yang  disebut juga melati putih ini adalah tanaman semak berduri. Bunganya yang berwarna putih persis seperti  warna lilin itu memiliki aroma harum. Aroma itu menyebar sehingga saat kita berada di sekitar akan mengalami suasana menyegarkan. Asal tanaman ini dari Asia Tenggara tetapi banyak sumber mengatakan tumbuhan ini juga asli Asia Selatan. 

Tanaman ini sejak ribuan tahun lalu telah digunakan sebagai tanaman obat. Manfaat kesehatannya berlimpah. Tanaman melati arab ini memang memiliki banyak khasiat dan telah banyak penelitian ilmiah yang mendukung dan membuktikan kebenaran manfaatnya itu.

Bunganya bisa diolah untuk menghilangkan cacingan. Juga berguna untuk mengobati penyakit kuning dan penyakit kelamin.

Orang biasa menggunakan kuncup bunganya untuk mengatasi gangguan kesehatan yang dialami kulit, contohnya bisulan dan penyakit kulit lain. 

Selain itu kuncup melati arab ini juga berkhasiat mengatasi gangguan mata. Mengolah daunnya yang antibakteri itu menjadi tapal, bisa dipakai untuk mengobati luka di kulit. Bermanfaat juga menghilangkan jerawat. Teh melati arab juga diketahui sangat bermanfaat mengatasi gangguan pencernaan.

Hal yang membuat bunga melati arab ini bisa mengobati dan mencegah beberapa penyakit terkait dengan sifat tanaman ini yang memiliki efek sebagai antiseptik, anti-inflamasi, ejspektoran, anestesi, analgesik, antikanker dan juga terkenal dengan sifatnya sebagai afrodisiak.

Berikut ini adalah ulasan lebih jauh tentang manfaat melati arab untuk kesehatan.

Beberapa Manfaat Bunga Melati Arab Untuk Kesehatan

bunga-melati-arab

1. Mencegah kanker

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa tanaman ini bisa mencegah pertumbuhan kanker. Bunga dan daun melati arab adalah bagian tanaman yang diketahui memiliki aktivitas sebagai antikanker yang dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker payudara.

2.Melindungi kulit

Memiliki sifat antiseptik bunga melati arab yang punya khasiat sebagai desinfektan bisa menyembuhkan jerawat. Minyak essensial hasil ekstraknya bermanfaat membuat kulit tetap lembab.

Mandi berendam dalam air yang ditetesi minyak melati arab berguna besar untuk membuat kulit lebih bercahaya dan selalu terhindar dari kekeringan karena manfaatnya yang juga bisa melembabkan kulit.

3. Menguatkan rambut

Olahan paling terkenal yang terbuat dari tumbuhan ini adalah air melati, yaitu rendaman sejumlah bunganya yang disiram dengan air panas.

Ketika suhunya sudah turun air rendaman melati ini sudah bisa digunakan. 

Itu adalah ramuan yang berfungsi sebagai kondisioner pada rambut. Bermanfaat menguatkan akar rambut. Rambut bisa menjadi sehat, tidak rapuh sehingga mudah tumbuh panjang dan tebal.

4. Membasmi kutu rambut

Anda bisa mengolah bunga melati arab, masukkan satu genggam bunga melati yang sudah Anda hancurkan ke dalam minyak kelapa. 

Mengoleskan ramuan itu secara teratur ke kulit kepala akan menjaga setiap helai rambut Anda bebas dari kutu.

5. Meredakan asma

Tanaman yang memiliki siat antispasmodik ini juga berkhasiat meredakan masalah penafasan. Menghirup aroma minyaknya bisa meredakan infeksi pada saluran pernafasan. Melegakan hidung tersumbat. Meredakan batuk. Itu sangat bermanfaat mencegah memburuknya gangguan pernafasan pada penderita asma.

6. Meredakan stres

Keharumannya yang bisa meningkatkan suasana hati sangat menolong untuk menghilangkan stres dan menangkal depresi.

Aliran darah yang tidak lancar dan kadar oksigen yang tadinya berkurang akibat kondisi stres itu kini kembali pulih.

Hingga suasana hati kembali tenang.

7.Mengatasi ASI yang berlebihan

Hiperlaktasi adalah kindisi yang dialami seorang ibu menyusui yang memiliki produksi ASI yang berlebihan. Kondisi ini bisa membuat masalah terutama pada di bayi. 

Bayi bisa kewalahan dan terengah engah menahan derasnya air susu yang keluar.

Dunia kedokteran biasanya menyarankan untuk tidak melakukan upaya apapun untuk berusaha mengurangi produksi ASI yang berlebihan itu karena dampaknya yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Penggunaannya dalam pengobatan tradisional juga diterapkan hanya sebagai obat luar terhadap si ibu. Satu genggam daun melati putih dilumatkan hingga halus, kemudian ditempelkan di seputar payudara. Pengobatan ini dilakukan setiap pagi dan dibersihkan saat Anda mandi pagi.

8. Meningkatkan libido

Bunga melati arab menyebarkan aroma maskulin yang sensual.

Ada kekuatan afrodisiak yang tersembur dari aroma itu. Kekuatan afrodisiak yang ampuh meningkatkan sekresi hormon seks dan menyingkirkan segala hambatan seksual. 

Sekresi hormon seks pria yang menghirupnya serta merta akan meningkat. Segala hambatan seksual langsung menyingkir. Yang ada kini adalah tekad.

Dan apa yang menjadi tekadnya itu adalah siap sedia berekpresi.

Demikian 8 manfaat bunga melati arab untuk kesehatan ini, semoga bisa memberi manfaat.

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel