9 Manfaat Buah Sensasional Jeruk Jari Buddha Untuk Kesehatan

Nama ilmiah untuk buah ini citrus medica var. sarcidactylis dan nama populernya jeruk jari buddha. Itu nama yang aneh. Tampilan buahnya pun mengejutkan. Buah itu kelihatan benar benar sesuai dengan namanya. Ada bagian untaian pada buahnya yang panjang-panjang tipis. Mirip jari-jari manusia dalam posisi tertutup seperti tangan seseorang yang sedang berdoa. 

Meskipun tergolong sebagai lemon bentuknya tidak seperti lemon atau jeruk. Rasa kandungan airnya memang mirip lemon, daging buahnya pahit. Tapi aromanya melebihi lemon. Selain sering digunakan sebagai wewangian, dipercaya kulit dan buahnya bisa mengobati berbagai penyakit. Ampuh menyembuhkan kulit yang luka memar dan memulihkan rona memarnya. Bisa mengobat pilek, flu serta dapat meredakan masalah pernafasan seperti batuk. Kaum wanita juga bisa memanfaatkan buah ini untuk mencegah kram menstruasi. Buah yang kaya vitamin C, serat dan kalsium ini selain tidak mengandung lemak juga rendah kalori. Memiliki efek antioksidan, antimikroba dan anti-inflamasi. Satu lagi efeknya adalah sebagai antiplatelet yaitu bisa mencegah penggumpalan darah.

Mari kita simak lebih jauh tentang manfaat jeruk jari budha ini untuk kesehatan, berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Jeruk Jari Buddha Untuk Kesehatan

jeruk-jari-buddha

1. Menghilangkan rasa sakit

Jeruk jari budha adalah obat alami yang sangat berguna untuk meredakan pembengkakan dan rasa sakit akibat segala hal yang berhubungan dengan cedera pada kulit maupun tulang. Ini bisa terjadi karena komposisi kandungan buah ini yang dilengkapi dengan kumarin, limonin dan diosmin.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Jeruk jari budha bisa memberi bantuan besar pada kulit, kandungan vitamin E yang dimilikinya bisa menjaga kulit tetap lembab sehingga Anda tidak akan mengalami kulit kering yang mudah rusak.

Kandungan antioksidan jeruk jari buddha juga bermanfaat mencegah penuaan kulit.

3. Meredakan gangguan pencernaan

Setelah berasimilasi di dalam tubuh buah ini bisa membantu melawan berbagai mikroba yang merugikan penyebab infeksi, seperti virus dan bakteri.Efeknya sangat positif untuk menyehatkan usus.

Efek anti-peradangan jeruk jari buddha itu juga bisa membantu menyembuhkan sakit perut, diare dan perut kembung. Buah ini bisa meredakan peradangan pada lapisan perut dan menenangkan otot otot usus.

4. Mengatasi masalah pernapasan

Jika Anda sedang membutuhkan ekspektoran alami maka ingatlah jeruk jari buddha ini. Buah berair yang tanpa biji ini bisa dengan cepat menyembuhkan batuk yang disertai dahak. 

Rendam buah ini di dalam segelas air yang sudah diberi gula. Minum airnya untuk menghilangkan batuk berdahak Anda itu.

5. Meredakan masalah pada wanita menstruasi

Vitamin E dan vitamin C, keduanya tersedia dalam buah ini. Secara besama sama  kedua vitamin itu bisa merangsang pembentukan serotonin di dalam tubuh. Serotonin bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati.

Perubahan suasana hati, pendarahan dan kram adalah penderitaan yang kerap dialami oleh wanita menstruasi dan mengkonsumsi buah jari buddha bisa menjadi solusi untuk mencegah semua.ketidaknyamanan itu.

6.. Meningkatkan kualitas tidur

Masih berhubungan dengan manfaatnya yang bisa meningkatkan suasana hati, mengkonsumsi jeruk jari buddha sangat membantu untuk mendapatkan tidur yang lelap.

7. Menurunkan tekanan darah

Buah ini bermanfaat mencegah serangan jantung.  Itu ada hubangannya dengan kemampuannya yang bisa melemaskan pembuluh darah. 

Selain itu jeruk jari buddha ini memiliki sifat antiplatelet, yaitu mencegah penggumpalan darah.

Sirkulasi darah bisa dibuatnya menjadi lancar, Anda bisa aman dari kondisi aterosklerosis yang bisa mengakibatkan serangan jantung  atau stroke

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Polisakarida adalah kandungan spesifik yang terkandung dalam buah ini. Polisakarida inilah yang membuat buah asli Cina dan India ini punya kemampuan dalam kecepatan peningkatan dan efektivitas kekebalan tubuh.

Efeknya untuk menyembuhkan pilek dan flu akan langsung terasa.

9. Menurunkan kolesterol

Kandungan pektin yang terdapat pada jeruk jari buddha sangat besar manfaatnya untuk mengurangi kadar kolesterol sehingga sirkulasi darah tidak teganggu. Pengendapan lemak di dinding arteri bisa dicegah sehingga kerja jantung tetap optimal.

Cara mengkonsumsi jeruk jari buddha

Harus dikonsumsi setelah matang dan segar karena semakin lama kualitas nutrisinya akan semakin memburuk.

Sebagai tambahan, orang yang alergi pada buah ini mengkonsumsinya bisa mengakibatkan muntah, diare dan timbul ruam pada kulit.

Dampak paling buruk adalah kesulitan bernapas yang sangat serius.

Demikian 9 manfaat buah sensasional jeruk jari buddha ini bagi kesehatan tubuh ini, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel