8 Manfaat Angelica Si Herbal Malaikat Untuk Kesehatan

Tanaman angelica asli Eropa ini memiliki sekitar 60 jenis dan angelica archangelica adalah salah satu diantaranya. Berasal dari keluarga botani apiaceae, pohon angelica ini bisa tumbuh dengan tinggi yang bisa mencapai 2-3 meter dengan daun yang relatif besar, hijau cerah dan bunga harum  berwarna kekuningan.

Tanaman ini telah lama terkenal sebagai tanaman obat, dan orang orang Eropa Utara lama akrab dengan penggunaannya secara tradisional. Di Islandia telah digunakan sejak seribu tahun lalu. Di Turki tanaman ini dijuluki herbal malaikat.

Satu lagi jenis angelica yang umum digunakan sebagai tanaman obat adalah angelica sinensis asal negeri Tiongkok. Kedua tanaman ini memiliki banyak persamaan manfaat. Tapi perbedaannya juga banyak dan seterusnya topik yang akan diulas di sini adalah tentang angelica archangelica.

Semua bagian tumbuhan angelica ini bermanfaat sebagai obat. Khasiat tertinggi bisa diperoleh dari akarnya. Akarnya mengandung sejumlah vitamin B12, tiamin, sukrosa, riboflavin, zat besi dan magnesium serta sejumlah mineral lain. Berbagai masalah kesehatan yang bisa diobati menggunakan tanaman. Gangguan pernafasan, kelemahan otot  kram otot perut, sakit pada saluran tenggorokan serta beberapa lagi yang lain, seperti yang akan kita ulas dalam 8 manfaat angelica untuk kesehatan berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Angelica Untuk Kesehatan

angelica

1. Menguatkan otot

Diketahui bahwa angelica memiliki efek yang cepat memulihkan kesehatan otot. Bisa mengatasi otot yang  sakit dan nyeri karena terlalu tegang. Juga karena inflamasi atau pembengkakan.

Merebus herba ini dan mencampurkan air rebusan tersebut ke dalam bak mandi, kemudian Anda berendam di dalamnya adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar otot menjadi relaks dan kembali pulih.

Cara lain, Anda bisa menggunakan minyak esensial angelica, dipijat pada area otot yang sakit.

Selain menguatkan otot, angelica ini juga memiliki efek sebagai antispasmodik, bisa mencegah kram atau kejang. 

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Efek relaksasi yang terdapat pada minyak esensial angelica juga bermanfaat untuk memulihkan gangguan pencernaan dan sakit perut.

Angelica bisa membantu mengeluarkan gas berlebih yang tersimpan di usus. Gas yang berlebih memang perlu dikeluarkan karena kalau terjadi terus menerus akan menimbulkan gangguan pencernaan, kram serta perut kembung dan gangguan kesehatan lain.

3. Mengobati sakit tenggorokan

Efek penyembuhan yang cepat juga dimiliki oleh akar tanaman ini.

Dalam pengobatan tradisional, akar angelica direbus dan airnya digunakan sebagai obat kumur, sifat antivirus dan antimikroba yang dimiliki akar angelica akan memberi manfaat banyak untuk menyembuhkan infeksi pada tenggorokan.

4. Membantu menghilangkan jerawat

Akar angelica juga bisa mengurangi rona kemerahan pada kulit. Rona itu biasanya tedapat pada wajah yang memiliki banyak jerawat.

Cobalah bilas wajah Anda dengan air rebusan akar angelica ini. Itu sangat membantu untuk menghilangkan warna kemerahan tersebut. Sekaligus membantu menghilangkan jerawat. 

Ke depan senyawa antibakterinya juga akan melindungi wajah Anda. Senyawa itu punya kemampuan mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyebab jerawat di wajah.

Beberapa sumber juga menyebut air rebusan itu bermanfaat mencegah kerutan.

5. Membantu melancarkan pernafasan

Angelica  bisa membantu mengeluarkan dahak yang terkumpul di saluran tenggorokan Anda. Efeknya sebagai ekspektoran alami sangat membantu untuk melancarkan pernafasan.

6. Menurunkan tekanan darah

Angelica mengandung zat tertentu yang punya kekuatan untuk menghambat kalsium, itu yang membuat tumbuhan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Anda bisa minum teh angelica untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencegah sering pipis di malam hari

Itu adalah peristiwa yang umum dialami orang berusia lanjut. Secara normal orang yang tidur di malam hari jarang mengalami peristiwa sering pipis. Dan jika seseorang mengalami hal seperti ini maka itu ada kaitannya dengan otot kandung kemih yang lemah.

Angelica dapat menguatkan otot kandung kemih. Ada senyawa fitokimia dalam tumbuhan ini yang disebut isoquercitrin, senyawa ini punya kemampuan mencegah inflamasi dan kelemahan otot pada kandung kemih.

8. Menyehatkan hati

Angelica yang juga memiliki aktivitas sebagai hepatoprotektif. Ini bermanfaat untuk melindungi hati. Meningkatkan fungsinya. Efek ini sangat berguna buat penderita hepatitis.

Juga untuk pengidap sirosis, yang kalau makin parah bisa menjadi gagal hati itu.

Cara mengolah angelica untuk obat

- 10 gram akar kering angelica dimasukkan ke dalam 400 ml air yang sedang mendidih, sambil terus mendidih tunggu beberapa menit baru matikan api. Diminum tiga kali sehari. Sebaiknya tidak ditunda untuk segera mengkonsumsinya agar sifat kandungan dan khasiatnya tidak berubah.

- akar kering dibuat tapal untuk dioles sebagai obat bengkak karena patah tulang, juga meredakan gatal dan rematik.

Hindari sinar matahari saat Anda melakukan perawatan kulit dengan angelica karena bisa menimbulkan dermatitis. Dan kanker kulit.

Berlebihan  menggunakannya pada kulit bisa membuat sistem saraf Anda kacau balau. Atau kelumpuhan sistem saraf.

Orang yang sedang menderita diare sebaiknya tidak minum ramuan angelica.

Pengidap maag dan diabetes juga tidak boleh mengkonsumsinya. Juga wanita hamil dan menyusui.

Orang yang menderita gejala Parkinson, apalagi pengidap, bisa semakin parah jika mengkonsumsi angelica.

Satu hal lagi bagi yang ingin mengambil manfaat dari tumbuhan ini, perlu berhati hati dan jangan menggunakan herba segarnya.

Demikian 8 manfaat angelica si herbal malaikat untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel