8 Manfaat Kucai Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Kesehatan

Kucai (allium tuberosum)  tidak hanya  dikenal sebagai bahan untuk bumbu kuliner.Manfaatnya untuk kesehatan juga ada. Bahkan sudah lama terkenal. Karena selain untuk peningkat rasa dalam masakan, kucai adalah tanaman herba tradisional di negara China dan Jepang, zaman dahulu bangsa Romawi  juga menggunakan ramuan yang terbuat dari kucai ini untuk mengobati kulit mereka yang terbakar sinar matahari. Juga untuk mengobati sakit tenggorokan.

Tanaman berumbi yang mudah tumbuh dan tingginya bisa sampai 70 cm ini memiliki sifat antimikroba. Bermanfaat membasmi mikroorganisme berbahaya sehingga orang yang biasa mengkonsumsinya bisa terhindar dari gingivtis dan periodontis.Tanpa menimbulkan bau pada mulut, seperti jika kita mengkonsumsi bawang putih. 

Cara membuat ramuan kucai untuk obat juga sederhana. Tak perlu membuatnya menjadi ramuan khusus. Cukup dengan mengkonsumsinya dalam hidangan sehari hari saja, kita sudah bisa mendapatkan manfaatnya.

Dan manfaatnya itu bukan cuma untuk keseharan mulut. Tapi bisa juga untuk masalah tertentu pada kulit dan tenggorokan. Masih terdapat berbagai khasiat lain, seperti yang selengkapnya akan diulas dalam 8 manfaat kucai untuk kesehatan ini.

Beberapa Manfaat Kucai Untuk Kesehatan

daun-kucai

1. Membantu mencegah infeksi

Kucai adalah tumbuhan yang bisa diharapkan untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan bakteri. Kandungannya kaya akan allicin.

Allicin adalah senyawa yang handal mengobati infeksi, menyembuhkan penyakit pilek serta flu, dan jika Anda rutin mengkonsumsinya sehari hari itu akan membuat tubuh Anda lebih kuat sehungga bisa terhindar dari penyakit tersebut.

2. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Air rebusan daun bawang adalah ramuan tradisional yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut. Ramuan ini akan meningkatkan aliran darah pada kulit kepala. Juga akan mengobati dan mencegah infeksi di kulit kepala itu.  

Kucai yang juga antioksidan ini akan melindungi kulit kepala dari efek penuaan sehingga pertumbuhan atau kesuburan rambut tetap terpelihara.

Rebuslah daun kucai secukupnya, saring. Masukkan sedikit air jeruk nipis.

Gunakan ramuan  untuk membilas rambut Anda.

3. Melindungi kulit

Kucai juga memiliki khasiat berharga untuk kulit. Memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi, antioksidannya juga sangat kuat mencegah penuaan dini.

Air rebusan kucai berkhasiat mengobati luka. Pasta yang terbuat dari kucai adalah pasta alami yang bisa membuat wajah kembali mulus, bersih dari bekas jerawat.

4. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Sifat antibakterinya bisa membantu menghilangkan beberapa jenis bakteri yang kerap membuat gangguan pada saluran cerna.

Bisa dikonsumsi mentah, kucai sangat efektif melawan bakteri pengganggu sistem pencernaan seperti staphylococus, salmonela dan Escherichia coli.

5. Anti kanker

Sifat antikanker dimiliki oleh kucai. Terutama sangat berguna untuk mencegah kanker perut atau yang dinamakan juga kanker lambung yang sangat berbahaya dan mematikan itu.

Satu lagi kemampuan kucai adalah mencegah timbulnya kanker kolorektal, yaitu kanker yang menyerang area dubur, yang rentan dialami oleh orang berusia di atas 50 tahun itu.

Kandungannya yang paling berperan membuat kucai bisa bermanfaat mencegah kedua kanker itu adalah senyawa oraganosulphur.

6. Mengobati sakit tenggorokan

Kucai ampuh dan bisa dimanfaatkan untuk meredakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat peradangan. 

Kucai yang bisa digunakan baik kering maupun segar itu mengandung sifat antiinflamasi yang sangat bagus.

Penggunaannya yang sederhana sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit tenggorokan sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Cukup dengan mengiris daunnya yang berongga itu hingga halus, siram dengan air mendidih. Tunggu beberapa saat sampai meresap baru disaring.

Kemudian diminum untuk menghilangkan sakit tenggorokan yang mengganggu itu.

Ramuan itu juga bisa Anda oleskan pada bagian tubuh  yang sedang mengalami peradangan.

 7. Meningkatkan kesehatan jantung

Allicin juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Efeknya yang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat LDL itu akan bermanfaat menjaga kesehatan jantung.  

Selain allicin kucai juga mengandung quercetin. 

Kedua kandungan ini akan meningkatkan kesehatan jantung, yang mutlak diperlukan tubuh untuk pengaturan pemompaan darah. 

Untuk sirkulasi yang optimal ke seluruh bagian tubuh.

8. Baik buat ibu hamil

Manfaat paling berguna buat ibu hamil jika mengkonsumsi kucai adalah kandungan asam folat yang tersedia pada daun kucai ini. Ibu hamil memerlukan asam folat untuk mencegah bayi cacat lahir.

Cara mengkonsumsi kucai

Cara pemakaian kucai persis seperti ketika Anda sedang menggunakan bawang putih. 

Digunakan sebagai bumbu masakan, kucai rasanya ringan dan menyegarkan. Salah satu sisi terbaik daun kucai adalah bisa dikonsumsi oleh semua orang.

Tanpa batasan usia.

Dan seluruh bagian tanaman kucai itu bisa dimakan.

Tentu saja perlu dipastikan bahwa Anda tidak alergi pada kucai ini. Agar tidak mengalami gatal dan kesulitan bernafas. karena saluran udara yang membengkak, yang terjadi akibat efek alergi itu

Demikian 8 manfaat kucai yang perlu Anda ketahui untuk kesehatan ini.

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel